Yang Harus Anda Lakukan Saat Hidup Terasa Tak Terkendali

Yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali merupakan topik menarik untuk dibahas. Bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak serta para remaja juga perlu mengetahui ilmu tersebut sebagai bekal.

Sebelum membahas lebih jauh, kami akan uraikan sedikit mengapa kondisi tidak terkendali ini dapat terjadi. Faktornya memang ada banyak, misalnya soal hubungan asmara, ketika sudah jatuh cinta kemudian ditinggal menikah.

Ada lagi karena pekerjaan, kesehatan, status sosial masyarakat serta masih banyak lagi. Faktor tersebut selalu hadir dalam hidup dan setiap hari terus berjalan, sulit rasanya untuk menghindar sehingga tekanan datang.

Ketika seseorang hanya diam dalam tekanan dan hampir setiap hari. Lambat laun, kekuatannya untuk bertahan akan menghilang, pikirannya terlalu berat hingga akhirnya berada dalam situasi sulit, tidak terkendali

Yang Harus Anda Lakukan Saat Hidup Terasa Tak Terkendali

Apakah Anda ingin bertahan dalam keadaan seperti itu terus? Pasti pada satu waktu ingin mengubahnya dan kembali normal sebelum semua tekanan tersebut datang. Hanya saja, saat mencoba melakukannya sangat sulit.

Tubuh seperti terkunci sehingga, keinginan melakukan apa-apa sulit sekal rasanya. Apakah akan terjebak dalam keadaan seperti ini terus selamanya? Jawabannya adalah tidak, cobalah bangkit dari sekarang dengan cara sebagai berikut

1. Istirahat Sejenak

Yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali adalah istirahat terlebih dulu. Jika itu adalah masalah pekerjaan, lebih baik melakukan cuti setidaknya 3 sampai 5 hari, jangan terlalu lama.

Istirahat di sini adalah menenangkan pikiran dan hati. Berada di lokasi sejuk, bagus, indah, atau menghadirkan suasana seperti keinginan. Semua itu dilakukan agar tubuh mendapatkan ruang serta haknya.

Rasa lelah berlebihan, apalagi kalau harus lembur beberapa hari akan menurunkan semuanya. Bukan hanya kesehatan, mood, kinerja organ sampai hormon jadi terganggu. Inilah penyebab kondisi tidak terkenali.

Maka dari itu, yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali adalah istirahat dari semua beban serta masalah. Ketika kondisi sudah 100%, mulai kembali menyelesaikan satu per satu.

2. Ubah Cara Pandang

Poin berikutnya adalah mengubah cara pandang, hal ini memang sulit tetapi, bukan tidak mungkin menjadi solusi paling tepat. Contohnya, saat seseorang tahu bahwa kondisi kesehatannya memburuk.

Bahkan, kata dokter usianya tidak akan lama lagi. Pasti sebagai seorang manusia biasa merasa lemah dan takut, apalagi kalau terbiasanya bergerak aktif sekarang pasif. Ada beban tersendiri menghantui.

Rasa sungkan karena terus merepotkan walaupun itu adalah anak sendiri. Tetapi, perasaan sedih serta takut terus datang sehingga, kondisi tubuh menjadi melemah, emosi naik turun sulit dikendalikan.

Kalau sudah seperti ini, yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali adalah mengubah cara pandang. Jika, selama ini hanya berpikir merepotkan maka, cobalah mencari sesuatu dalam diri.

Apa yang bisa dilakukan saat in untuk membantu dan setidaknya kesehatan seperti semula dapat dirasakan kembali. Bila memang kesulitan untuk bekerja atau memikirkan sesuatu, lebih baik berdoa.

Kegiatan positif ini akan memberikan dampak yang sama. Teruslah berdoa dan beribadah tanpa mengenal rasa lelah.  Selain itu, ubah cara Anda memandang diri sendiri. Anggap saja penyakit ini adalah anugerah.

Karena Tuhan tidak mau melihat Anda ini terlalu banyak dosa, jadi diberi penyakit untuk menggugurkannya. Mengubah cara pandang tersebut tidak mudah, maka berdoa serta beribadah adalah jalannya.

3. Lakukan Hal Positif

Yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali adalah menjalankan berbagai kegiatan hal positif. Memang, dalam kondisi seperti ini, rasanya sangat susah bahkan, ketika diajak untuk liburan langsung menolak.

Beban berat sudah merusak sistem kinerja otak sehingga, keinginannya hanya itu saja. Pada dasarnya keadaan tersebut harus segera mendapatkan penanganan intensif. Tetapi, Anda masih memiliki tubuh dan pikiran tersebut.

Jadi, yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali bukan pergi ke dokter atau membeli obat, melainkan mengerjakan sesuatu yang positif. Misalnya diajak nonton film atau nongkrong.

Jangan ditolak, ikuti saja asalkan saat nongkrong tidak minum alkohol. Karena tubuh akan semakin terpuruk, tinggal menunggu waktu saja Anda akan di bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Bila menolak keras, sekarang waktunya berdiri dan olahraga atau mengikuti kegiatan positif bersama teman. Mungkin, cara tersebut sangat sederhana tetapi, dampaknya luar biasa. Lambat laun pasti akan terasa.

4. Bicara dengan Orang Lain

Yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali adalah berbicara kepada orang lain mengenai tekanan atau masalah tersebut. Mungkin, mereka sulit dalam memberikan solusi terbaik.

Tetapi, cara tersebut dapat memberikan rasa nyaman dalam hati. Awalnya sangat sesak perlahan mulai memudar. Hanya saja, jangan sampai salah berbicara  pilih orang tepat agar tidak menjadi senjata makan tuan.

Yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali dengan berbicara kepada orang lain merupakan cara paling mudah. Waktu paling tepat melakukannya adalah saat pertama kali merasakan tekanan datang.

Hanya saja, satu catatan penting dalam menjalankan cara ini adalah saat bercerita jangan terlalu vulgar. Artinya tetap rahasiakan inti masalah, bercerita seolah-olah bukan Anda yang mengalaminya.

Ketika teman sudah menjawab dan memberikan pandangannya, dari situlah Anda membuka pikiran dan mencoba menjalankannya. Bukan bermaksud untuk tidak percaya, hanya berjaga-jaga saja karena, semua bisa terjadi.

5. Mengerjakan Berbagai Hal Menyenangkan

Yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali adalah mengerjakan berbagai hal menyenangkan. Misalnya, menonton film, liburan, healing, pergi ke tempat wisata yang indah, ke luar kota.

Bahkan, saat Anda memutuskan untuk melakukan hal aneh tetapi, masih wajar tidak masalah. Contohnya, pergi keliling jawa memakai scooter atau dengan jalan kaki. Selama itu, mampu memberikan rasa nyaman lakukan.

Tetapi, usahakan jangan terlena. Karena kondisinya terlalu bahagia, mengerjakan itu terus jadi lupa bagaimana menjalankan hidup, mengatasi masalah. Justru tekanannya akan bertambah dan berpindah.

Membahagiakan diri sendiri merupakan bentuk rasa sayang terhadap tubuh serta pikiran. Oleh karena itu, kerjakan apa saja, tetapi setelah merasa baik kembalilah ke kenyataan. Untuk menekan terjadinya masalah baru.

6. Berserah Diri

Yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali adalah berserah diri artinya bukan menyerah. Tetap menjalaninya dengan baik dan mencari solusi tetapi dengan alur yang lebih santai.

Pekerjaan ya dihadapi dengan baik, kalau memang sedang sakit, perhatikan semua petunjuk dari dokter. Nikmati semua keadaan tersebut dan hati ikhlas, karena memang manusia mempunyai takdirnya.

Berserah diri adalah cara paling ampuh dalam menghadapi berbagai tekanan. Ikhlas menjalankannya akan memberikan dampak positif, walau pikiran kacau, hati merasa tenang, damai, dan tanpa disadari ide akan muncul.

Kehidupan memang sulit, apalagi zaman sekarang serba susah. Tekanan pasti akan datang tanpa henti, maka dari itu saran yang harus Anda lakukan saat hidup terasa tak terkendali dapat dicoba.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,