10 Tips Praktis Melakukan Wawancara Jarak Jauh yang Produktif

Wawancara jarak jauh atau online saat ini semakin sering digunakan sebagai bagian dari proses rekrutmen. Sebenarnya sudah beberapa tahun ini teknik wawancara tersebut digunakan oleh perusahaan, tapi memang tidak seluas sekarang.

Salah satu faktor maraknya teknik wawancara ini adalah karena pandemi covid-19. Sehingga, tidak memungkinkan jika melakukan wawancara langsung. Apa lagi jika kandidat dari luar kota atau bahkan dari luar pulau.

Persyaratan perjalanan yang rumit dan diharuskan melakukan antigen, tentu akan memberatkan budget perusahaan. Oleh sebab itu, wawancara jarak jauh menjadi solusi paling tepat.

Wawancara secara online sangat mudah dilakukan, selama memiliki koneksi internet dan gadget memadai maka dapat berlangsung. Wawancara ini dilakukan dengan memanfaatkan platform telekonferensi video.

Misalnya saja Zoom meeting, Google meeting, dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai apa saja kelebihan dan tips melakukan wawancara secara jarak jauh.

Kelebihan dari Wawancara Jarak Jauh

10 Tips Praktis Melakukan Wawancara Jarak Jauh yang Produktif

Melakukan wawancara merupakan tahapan penting dalam sebuah proses rekrutmen. Tujuan wawancara sendiri adalah untuk melihat potensi kandidat secara langsung melalui cara berkomunikasi dan bahasa tubuhnya.

Selain itu, dalam proses ini Anda juga dapat bertanya beragam informasi terkait skillnya dalam pekerjaan yang ditawarkan. Dengan demikian, Anda akan dengan mudah menentukan apakah kandidat masuk kriteria atau tidak.

Jika biasanya wawancara dilakukan secara langsung, maka saat ini bisa dilakukan secara jarak jauh. Artinya, antara kandidat dan pewawancara tidak perlu bertemu secara langsung. Berikut ini adalah beberapa kelebihan wawancara jarak jauh bagi perusahaan dan kandidat:

  1. Lebih hemat anggaran, karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang transport, makan, dan lain-lain. 
  2. Kandidat menjadi lebih percaya diri. Sebab, menurut berbagai penelitian wawancara secara langsung lebih menegangkan dan tidak jarang membuat kandidat cemas.
  3. Jadwal lebih mudah diatur, sebab perusahaan tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk wawancara.
  4. Dengan wawancara jarak jauh, Anda juga dapat lebih mengenal kandidat secara personal. Sebab, suasananya lebih santai dan nyaman. Dengan demikian, Anda dapat mengorek potensi kandidat lebih jauh.
  5. Lebih menyenangkan dan fleksibel menyesuaikan jadwal Anda.

10 Tips Melakukan Wawancara Jarak Jauh

Meski terkesan menguntungkan dan lebih mudah, tapi pada praktiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam wawancara ini. Hal ini dapat menunjukkan etika hingga kesiapan teknis saat wawancara. Oleh sebab itu, kami akan memberikan Anda tips khusus untuk melakukan wawancara secara jarak jauh berikut ini:

1. Wawancara Jarak Jauh: Melakukan Review Profil Kandidat 

Sebelum melakukan wawancara ini, pastikan Anda melakukan review singkat profil kandidat. Tujuannya adalah agar Anda mengetahui informasi umum darinya. Dengan demikian Anda bisa dengan mudah memberikan pertanyaan.

Baca: 10 Aplikasi Rekrutmen Karyawan Terbaik 2022

2. Menyiapkan Platform Paling Stabil

Hal yang tidak boleh diabaikan saat melakukan wawancara online adalah menyiapkan platform yang dianggap paling stabil. Selain stabil pastikan platform tersebut juga memiliki tingkat keamanan yang baik. Tujuannya adalah agar privasi dan informasi selama proses wawancara jarak jauh tetap aman.

3. Menyiapkan Daftar Pertanyaan

Sebelum wawancara pastikan Anda sudah menyiapkan daftar pertanyaan umum. Hal ini bertujuan agar proses wawancara lebih singkat dan efisien, sehingga tidak banyak waktu yang terbuang.

4. Wawancara Jarak Jauh: Ucapkan Pertanyaan Dengan Jelas

Selama wawancara online, suara yang dikeluarkan dari perangkat kandidat terkadang tidak jelas dan banyak noise. Oleh sebab itu untuk menghindari salah komunikasi, usahakan Anda selalu mengucapkan perkataan dengan jelas.

5. Fokus Mendengarkan Kandidat

Saat kandidat sedang berbicara dan menjawab pertanyaan, usahakan Anda tetap fokus mendengarkan ucapannya. Jangan sampai kandidat sedang berbicara, Anda malah fokus ke hal lain.

6. Menjelaskan Secara Singkat Mengenai Budaya Perusahaan

Dalam wawancara jarak jauh, Anda juga perlu menjelaskan secara singkat mengenai budaya perusahaan. Dengan demikian, kandidat memperoleh gambaran bagaimana nanti ia bekerja.

7. Buat Komunikasi Berjalan Dua Arah

Sebagai pewawancara, Anda harus dapat berkomunikasi dengan baik meski secara jarak jauh. Buat komunikasi dua arah agar kandidat lebih nyaman menjelaskan potensinya.

Baca: Skill Komunikasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh, dan Manfaat

8. Perhatikan Etika Saat Telekonferensi video

Saat melakukan telekonferensi video, pastikan Anda memperhatikan beberapa etika di dalamnya. Misalnya adalah dengan memasang background sesuai atau formal atau menekan mute saat kandidat berbicara agar tidak terganggu.

9. Pilih Suasana Kondusif

Pilih suasana yang kondusif saat melakukan wawancara secara jarak jauh agar kandidat tidak merasa terganggu dengan suara atau suasana Anda. Dengan demikian, kandidat bisa lebih fokus.

Baca: Adakah Tanda Toxic Work Culture di Lingkungan Kerjamu? Berikut Cara Mengatasinya!

10. Cek Kembali Semua Perlengkapan

Terakhir adalah memeriksa semua perlengkapan yang dibutuhkan saat wawancara. Jangan sampai ada hambatan karena ada yang dilupakan atau kurang sesuai. Wawancara merupakan tahapan penting yang harus dilakukan semaksimal mungkin. Dalam wawancara jarak jauh, Anda juga harus memperhatikan tips di atas agar lebih maksimal.

Levelup adalah perusahaan yang bergerak untuk menjadi portal online maupun offline khusus yang mewadahi dan memberikan akses pelatihan, pengajaran maupun seminar kepada para pesertanya sehubungan dengan kegiatan usaha serta memfasilitasi hubungan interaktif antara para pesertanya dengan Mentor.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

Codemi Publication

Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

Unduh Codemi Learning Report 2021

X