Wasting Time: Membuang Waktu yang Diperlukan

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata ‘wasting time‘? Bagi sebagian orang wasting time mungkin dikaitkan dengan aktivitas yang tidak bermanfaat. Menghabiskan waktu dengan hal yang tidak cukup penting sehingga terasa seperti sia-sia. Seringkali orang yang melakukan aktivitas non produktif dilihat sebagai orang yang tidak berguna. Padahal, ada lho waktu yang memang perlu dibuang secara cuma-cuma, yuk simak penjelasannya.

Sebagian besar orang mungkin mengenal pepatah ‘Waktu adalah uang’. Populernya pepatah ini menyebabkan banyak orang merasa hidupnya harus selalu produktif. Tidak ada waktu yang terbuang sama saja artinya seperti tidak ada uang yang terbuang.

Ketika sedang menghabiskan waktu untuk bersantai, istirahat sejenak, atau menonton hiburan, seringkali timbul perasaan bersalah dan cemas karena wasting time untuk hal yang tidak penting. Begitu pula ketika ada orang lain yang membuang-buang waktu kita, kita menjadi lebih sensitif dan tidak sabaran.

Karena hal-hal di atas, seringkali wasting time dicap sebagai hal yang buruk. Padahal hadiah terbaik yang dapat diberikan pada diri sendiri adalah kebebasan waktu luang.

Wasting time seperti apa yang perlu untuk dilakukan?

Waktu yang perlu dibuang secara cuma-cuma adalah waktu yang dinikmati sebagai ‘me time’. Luangkan waktu di mana Anda tidak terpantau, terkendali oleh sesuatu, dan bebas dari rasa bersalah saat tidak melakukan apapun. Gunakan waktu ini dengan tidur yang nyenyak, bangun perlahan sesuai dengan ritme alami tubuh, menyadari kehadiran lingkungan sekitar, dan makan dengan mindful.

Anda juga dapat menghabiskan waktu dengan melakukan hal yang Anda sukai tanpa diganggu. Entah bersantai atau melakukan hal yang Anda sukai, menikmati waktu luang seperti ini bukanlah wasting time. Ini adalah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan meremajakan fisik maupun psikologis. Tidak perlu merasa harus menyelesaikan semuanya dan jangan menetapkan target yang tidak realistis. Tanpa kondisi fisik dan psikologis yang prima, Anda mungkin tidak optimal dalam melakukan pekerjaan.

Jadi, pastikan Anda memiliki ‘me time’ terlepas dari seberapa sibuk jadwal Anda dan jangan merasa bersalah.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Membangun motivasi intrinsik dan ekstrinsik kepada para pekerja adalah apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam jangka panjang. Adanya dua jenis m

Perusahaan yang mengetahui manfaat agile leadership terbilang telah dalam jalur baik. Terutama disebabkan telah menjadi teknik dan strategi kepemim