VUCA: Gambaran Situasi Bisnis Masa Kini

Setiap huruf dari VUCA adalah volatilitas (volatility), ketidakpastian (uncertainty), kompleksitas (complexity), dan ambiguitas (ambiguity). Istilah VUCA pada mulanya hadir dari US Army War College kemudian diadaptasi oleh para pebisnis karena dianggap relevan. 

Sebelum masuk pada pembahasan keterkaitan antara keempat hal diatas dengan bisnis, lebih dulu kita ulas mengenai apa itu VUCA. Dimulai dari volatilitas atau kecenderungan untuk berubah secara drastis dalam waktu itu yang tidak dapat diprediksi dan sifatnya berbahaya.

Sementara ketidakpastian adalah informasi mengenai suatu hal, namun tidak dapat disampaikan secara spesifik. Maksudnya bisa berupa perkiraan, namun tidak ada jawaban pasti. Sementara kompleksitas adalah Jumlah komponen dan sama sekali tidak berarti rumit. 

Terakhir dari pengertian VUCA adalah ambiguitas salah satu pemicu stres bagi para pekerja. Faktor pemicu ambiguitas bisa datang dari rasa tidak nyaman dan tidak bisa diatasi. Dari keempat hal di atas para pebisnis membutuhkan sifat untuk mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi. 

Keterkaitan VUCA dengan Dunia Bisnis

Segala sesuatu di dunia ini sangat mudah berubah, terutama dalam hal bisnis. VUCA adalah rangkuman berbagai hal yang akan terjadi dalam dunia bisnis serta menuntut para pebisnis untuk fleksibel beradaptasi tanpa kehilangan jati diri. Apabila dijabarkan maka kurang lebih begini:

Volatility atau Volatilitas

Adaptasi dalam hal volatilitas, yakni ketidakstabilan adalah meningkatkan kecepatan dalam mengambil keputusan. Apabila setiap tindakan dipelajari secara cermat maka fleksibilitas pengambilan keputusan secara cepat tersebut tidak akan berdampak buruk.

Bisnis yang bertahan adalah bisnis yang bisa beradaptasi dengan zaman serta adaptasi tersebut membantu Anda untuk meningkatkan potensi diri. Teknologi adalah alat bantu yang sangat menjanjikan apabila Anda mampu mengelolanya secara baik. 

Yang dibutuhkan adalah strategi jitu untuk menghadapi berbagai tantangan dari para pesaing maupun kondisi zaman terkini. Volatilitas merupakan salah satu penegasan bahwa VUCA adalah bukti nyata tantangan bagi para pebisnis untuk diatasi atau dihadapi secara gentle. 

Uncertainty atau Ketidakpastian

Uncertainty atau ketidakpastian merupakan kurangnya informasi yang diberikan sebab tidak ada sumber akurat. Namun, sebagai pebisnis demi mengatasi situasi tersebut Anda dapat mengumpulkan sebanyak-banyaknya sumber informasi, dalam hal ini ini terkait pasar. 

Menilai kepuasan pelanggan dari 1-10 memang tidak mudah, namun Anda bisa mensiasati nya melalui data terbanyak. Sekalipun informasi yang diperoleh berupa rata-rata, namun hal tersebut akan sangat membantu dalam membuat keputusan terkait produk unggulan. 

Selain volatilitas, ketidakpastian juga turut menegaskan bahwa VUCA adalah situasi yang tidak dapat dihindari, namun harus dihadapi apabila menginginkan bisnis bertahan. Tanpa disadari meskipun semakin lama pengalaman semakin bertambah namun ide baru banyak bermunculan. 

Complexity atau Kompleksitas

Bagian selanjutnya dari VUCA adalah kompleksitas. Dalam dunia bisnis, kompleksitas justru merupakan kelebihan informasi sehingga orang-orang terkait sulit untuk menangkap informasi akurat apa yang sebenarnya ada. Demi mengatasi situasi tersebut maka harus bijaksana.

Karena bisnis melibatkan banyak orang, dari mulai produsen sampai konsumen maka dibutuhkan koordinasi secara baik. Dari koordinasi ini akan membentuk kolaborasi sehingga komunikasi tersampaikan secara langsung tanpa ada penambahan tidak penting. 

Menunjukkan beberapa orang guna menyampaikan informasi akurat kepada khalayak sangat penting. Dapat dikatakan sebagai juru bicara dengan kemampuan komunikasi profesional dan tidak berpotensi menyebabkan kesalahpahaman apabila menjadi perantara. 

Ambiguity atau Ambiguitas

Terakhir adalah ambiguitas dalam berbisnis. Hal ini merupakan kebalikan dari kompleksitas, yakni kekurangan informasi yang memiliki tantangan tersendiri. Dalam hal ini perlu diciptakan ruang untuk berinteraksi supaya terbentuk sebuah kejelasan dan terkait fakta yang terjadi. 

Dalam setiap pemenuhan kebutuhan masing-masing orang memiliki prioritas untuk diutamakan. Karena dalam hal ini yang dibahas dalam segi bisnis maka penting bagi para pebisnis untuk memahami prioritas apa apa yang lebih diutamakan oleh pasar terhadap produknya.

Pebisnis bukan peramal, untuk itu demi membaca situasi secara tepat penting sekali melaksanakan eksperimen atau uji coba mengenai produk tertentu. Ketika pasar merespons maka Anda dapat memperoleh gambaran jelas mengenai selera mereka. 

Istilah VUCA pada mulanya digunakan dalam ruang lingkup khusus hingga akhirnya dirasa relevan sebagai istilah umum. Pemahaman mengenai VUCA adalah informasi yang Anda butuhkan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Faizatur Rachmadanti

Gamifikasi adalah sebuah metode yang memasukkan elemen dan prinsip games atau permainan dalam proses pembelajaran. Sebelumnya, kami pernah mengulas

Codemi Publication

OKR VS KPI menjadi salah satu hal yang cukup sering diperdebatkan ketika akan membentuk sebuah manajemen. Sebagai pemilik bisnis, wajar rasanya jik