Trust dan Vulnerability Untuk Meningkatkan Engagement Karyawan

Terdapat dua hal penting yang harus dimiliki HR team, yakni trust dan vulnerability yang untuk mendapatkannya harus ada aksi. Tidak bisa seorang HR menunggu kesempatan sebab kesempatan tersebut diciptakan sendiri demi menjalin keharmonisan antar karyawan.

Setiap HR membutuhkan waktu berbeda untuk membangun engagement karyawannya. Namun, yang paling cepat dan tepat sasaran adalah mereka yang rajin menerapkannya selalu. Semakin bagus ikatannya maka akan semakin besar rasa hormat dan percaya didapatkan.

Bekerja sebagai seorang HR memang bukan hanya fokus mengurusi kesejahteraan karyawan secara materi. Kenyamanan dari dalam diri tiap pekerja juga tidak kalah penting demi membangun lingkungan kerja terbuka, debat bertanggung jawab, dan pemberian saran.

Ketika faktor kepercayaan dan kerentanan berjalan dengan lemah maka akibatnya muncul percakapan negatif pada kelompok-kelompok tertentu. Hal ini berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang salah sehingga berakibat tidak efektifnya kebijakan atau aturan di kantor.

Alasan HR Perlu Membangun Trust dan Vulnerability

Para HR team, jangan menunggu kesempatan datang sebab kesempatan itu semestinya diciptakan sendiri. Meskipun sudah belajar psikologi, terkadang bisa lupa juga dengan langkah menegakkan trust and vulnerabilitydi lingkungan kerja.

Untuk itu, kami akan memberi saran supaya suasana kantor terbentuk sedemikian nyaman:

  1. Mulai dengan mengenali masing-masing karyawan. Anda bisa memanfaatkan satu sesi tanya jawab dan biarkan karyawan menceritakan perihal diri mereka.
  2. Setelah menceritakan perihal diri sendiri, lanjutkan dengan mengetahui perjuangan hidup mereka. Setiap orang tentu memiliki kisah tersendiri ketika ditanya apa pencapaian tertinggi dalam hidup.

Pengenalan ini penting untuk mempengaruhi pengambilan keputusan serta cara bersikap secara tepat kepada tiap orang. Seorang HR semestinya paham bahwa terkadang sikap sama tidak akan ditangkap seragam pada dua atau lebih kepribadian berbeda.

Tim HR memang harus berinisiatif duluan untuk menciptakan keharmonisan antar karyawan. Membangun trust dan vulnerability bukan lagi merupakan pilihan, melainkan keharusan jika ingin suasana kerja lebih kondusif dan nyaman demi tercapainya target.

Dua Hal Penting Harus Diperhatikan

Demi terbangunnya kepercayaan dan kerentanan, ada dua hal penting yang harus diperhatikan para HR. Beberapa barangkali sudah menerapkannya, namun lainnya masih kebingungan perihal apa yang harus dilakukan.

Bangun Kepercayaan

Hal paling penting antara karyawan adalah membangun kepercayaan berlandaskan kejujuran. Kepercayaan dalam tim ini penting untuk mencari celah diskusi setiap kali ada permasalahan datang.

Ketika setiap orang tidak ragu membicarakan isi kepala mereka maka saat itu juga pengambilan keputusan bisa dilakukan tanpa indikasi kekeliruan. Berikan karyawan tanggung jawab setelah itu beri mereka kepercayaan untuk mengembannya.

Trik trust dan vulnerability ini bisa melihat sejauh mana kinerja masing-masing dalam melaksanakan jobdesk tersebut. Setiap tugas baru akan memberikan pelajaran bermakna terutama bagi karyawan baru sehingga mereka dapat menghindari kesalahan nantinya/

Utamakan Kepentingan Tim

Kedua, dalam bekerja selalu utamakan kepentingan tim. Sikap ini yang bisa membuat seluruh karyawan merasa sama, tidak dibedakan sedikitpun. Teruntuk para atasan, hindari sikap terlalu bossy dan mengabaikan kepentingan karyawan untuk dipahami.

Boss yang baik adalah membimbing, bukan hanya memberikan perintah, apalagi sampai membuat karyawan mesti bekerja di luar jam kantor. Atasan yang baik siap menerima masukan, kritik, dan saran karena sadar bahwa pandangan tim adalah hal amat penting.

Ketika muncul sebuah permasalahan maka salah satunya penyelesaian adalah dengan meminta jawaban dari pihak terkait langsung. Berkat adanya dua hal penting inimaka jawaban tersebut tidak akan ragu terlontar dari masing-masing orang.

Trust dan Vulnerability dalam Berbagai Bidang

Sebagai informasi tambahan saja, kepercayaan dan kerentanan bukan hanya wajib dibangun untuk meningkatkan engagement karyawan di lingkungan kerja. Nyaris semua profesi wajib membangun dua aspek tersebut demi melancarkan tugasnya.

Contoh, dokter wajib membangunnya untuk mendapatkan jawaban jujur dari pasien. Deskripsi jelas dari pasien ini penting guna memberikan arahan dan solusi tepat bagi pasien. Dokter juga terhindar dari memberikan tindakan salah karena dua hal telah terpenuhi.’

Intinya, kepercayaan serta kerentanan adalah dua hal yang membuat tim, baik besar maupun kecil menjadi lebih kuat. Satu sama lain tidak ragu mengutarakan isi kepala untuk perubahan lebih baik ketika trust dan vulnerability telah berhasil dibangun.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

Codemi Publication

Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

Unduh Codemi Learning Report 2021

X