LMS

Training Software untuk Efisiensi Kinerja

Adakah divisi khusus di perusahaan Anda yang menangani pelatihan dan pengembangan (training and development)? Biaya mahal yang harus dikeluarkan membuat tidak semua perusahaan memiliki divisi ini, namun sebenarnya semua perusahaan membutuhkan divisi pelatihan dan pengembangan. Salah satu solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan training software atau LMS.

Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan

Proses pembelajaran tidak memiliki titik henti. Proses pembelajaran adalah proses seumur hidup. Setiap bisnis dan karyawan juga tidak bisa berhenti belajar. Apalagi di zaman ini, bisnis dan karyawan dituntut untuk belajar secara cepat guna mengikuti perkembangan zaman.

Maka dari itu, ada beberapa hal penting yang perlu dikerjakan oleh divisi pelatihan dan pengembangan, antara lain adalah:

  • Merencanakan program pelatihan untuk karyawan.
  • Menentukan metode belajar untuk karyawan.
  • Mengeksekusi pelatihan dan pengembangan karyawan.
  • Mengukur ROI (return of investment) dari pelatihan karyawan.
  • Melakukan analisis produktivitas karyawan.
  • Berkoordinasi dengan semua divisi untuk mencari tahu pembelajaran apa yang dibutuhkan untuk menyokong kinerja.
  • dll

Untuk perusahaan kecil (<100 karyawan) membutuhkan setidaknya 2-3 orang dalam divisi pelatihan dan pengembangan. Perusahaan besar (>100 karyawan) membutuhkan setidaknya lebih banyak lagi. Beberapa perusahaan bahkan memerlukan >100 orang untuk pelatihan dan pengembangan.

Dari segi biaya, perusahaan membutuhkan setidaknya 1-3% dari seluruh pengeluaran gaji untuk pelatihan dan pengembangan setiap bulannya. Jika ingin melakukan pelatihan secara offline kemungkinan 1-3% ini mungkin saja tidak cukup karena perusahaan perlu menyewa pelatih khusus (trainer), meyediakan tempat dan peralatan.

Penggunaan Training Software untuk Efisiensi

Dengan menggunakan training software atau learning management system dapat meningkatkan efisiensi untuk program pelatihan. Perusahaan kecil membutuhkan 1 orang saja atau tugas tersebut bisa diserahkan juga ke divisi lain karena software mempermudah banyak pekerjaan. Misalnya:

  • Memudahkan absensi dan registrasi.
  • Tidak perlu menyewa tempat khusus.
  • Mempercepat penghitungan ROI.
  • Memudahkan koordinasi antar divisi.
  • Dapat menerapkan pembelajaran kolaboratif sehingga tidak perlu bergantung sepenuhnya pada trainer.

Dari segi biaya, penggunaan learning management system juga bisa menghemat biaya karena training dapat dilakukan secara online. Penghematan biaya ini dapat sangat terasa untuk perusahaan besar. Penghematan bisa mencapai 50% dari biaya pelatihan dan pengembangan sebelumnya. Keterbatasan jumlah trainer juga tidak menjadi masalah karena 1 orang trainer mampu melatih ratusan hingga ribuan karyawan sekaligus.

Maka dari itu, apabila perusahaan Anda belum memiliki divisi pelatihan dan pengembangan sendiri. Ada baiknya mempertimbangkan penggunaan LMS untuk pelatihan karyawan.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Admin Codemi

Codemi Learning adalah platform manajemen pembelajaran berbasis cloud, sehingga memungkinkan perusahaan mengembangkan materi pelatihan untuk karyaw

Eunike Karen

Ketika menyusun program pelatihan karyawan, ada banyak teori yang perlu Anda pelajari untuk menyusun materi. Anda perlu membaca ratusan halaman jur