LMS

Training Masa Depan dengan LMS di Era Industri 4.0

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak kegiatan yang dilakukan secara daring. Salah satu contohnya adalah kegiatan pembelajaran dan pelatihan skill dengan bantuan LMS. LMS atau Learning Management System ini juga bisa diadaptasi untuk kebutuhan training masa depan.

Secara tidak langsung, hal ini menuntut Anda untuk terus membuka diri terhadap kemajuan teknologi. Masa pandemi ini layaknya masa perkenalan berbagai macam fitur teknologi canggih kepada masyarakat secara luas. Hal ini bisa dijadikan titik awal untuk membentuk kehidupan yang lebih modern.

Apa Itu LMS?

LMS atau Learning Management System dapat diartikan sebagai perangkat lunak yang didesain untuk membuat, mengatur pola penyampaian, dan mendistribusikan konten pembelajaran.

Sistem ini dapat membantu para pengajar atau trainer untuk membuat dan merancang silabus, mengolah bahan pembelajaran, memantau aktivitas belajar para trainee, mengolah nilai, hingga mengatur tampilan e-learning.

Dengan menggunakan LMS ini, para trainer dapat lebih mudah untuk membuat dan merencanakan konten pembelajaran, pelaporan hasil capaian trainee, dan dokumentasi.

LMS ini bisa dirancang sesuai dengan kebutuhan. Konten digital berupa animasi, video, audio, artikel, maupun e-book dapat dikustomisasi dengan memanfaatkan sistem ini. LMS dapat membuat pekerjaan pengajar atau trainer menjadi lebih efisien.

Kenapa Harus Menggunakan LMS?

Indonesia sedang berada dalam fase revolusi industri 4.0. Ini artinya segala aspek kehidupan perlu dilakukan perkembangan. Hal ini dilakukan untuk mengikuti tuntutan zaman yang semakin hari semakin akrab dengan penggunaan teknologi modern.

Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2020, tercatat sebanyak 196,7 juta jiwa masyarakat Indonesia aktif menggunakan internet. Jumlah ini meningkat drastis dari data tahun 2018 lalu.

Penggunaan internet memang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan saat ini. Akan terjadi banyak keterlambatan jika tidak mengikuti arus perkembangan ini. Negara menjadi tidak berkembang dan akan kalah saing dengan negara lain. Beberapa aspek kehidupan pun bisa mengalami stuck atau kemunduran.

Misalnya, dalam aspek pendidikan. Jika media dan model pembelajaran tidak diperbarui secara teratur, maka dikhawatirkan dapat menghambat kreativitas dan kemampuan explore bagi para pelajar. 

Atas sebab inilah, penting bagi suatu negara untuk mengenalkan dan menerapkan teknologi-teknologi baru untuk mempermudah proses pembelajaran. Selain dapat mempermudah, pemanfaatan teknologi modern (misalnya LMS) juga dapat menciptakan suasana belajar yang baru.

Hal ini juga dapat diterapkan pada bimbingan pelatihan skill, dimana LMS berperan sebagai media untuk mempermudah para calon trainee dalam mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan. LMS bisa menjadi media training masa depan.

Fitur-Fitur LMS 

Sebagai sarana pelatihan di era 4.0, tentu saja LMS memiliki berbagai fitur canggih yang akan memudahkan calon trainee maupun trainer. Ingin tahu apa saja? Simak daftarnya dibawah ini:

Kemudahan dalam Menggunakan User Interface

LMS yang baik dapat menyajikan interface (antarmuka) yang menarik, mudah dipahami, dan mudah diakses oleh para penggunanya. Hal ini tentunya dapat mempermudah para pengguna dalam memulai proses pembelajaran guna mendukung training masa depan.

LMS yang baik dan mudah digunakan juga bisa menambah nilai visual pada laman webnya. Dengan ini, penyedia LMS dapat lebih mudah menggaet calon pengguna baru. 

Kemudahan dalam user interface ini sangat penting. Bukan hanya untuk mendapatkan calon pengguna baru, tapi juga untuk mempertahankan para pengguna lama. Semakin mudah dan praktis dalam penggunaannya, tentunya dapat membuat para pengguna semakin nyaman dan betah.

Kelas Daring

LMS sebagai sistem penyedia konten pembelajaran secara digital tentu memiliki fitur kelas daring. Yang dimaksud dengan kelas daring disini adalah proses belajar dan mengajar dilakukan tanpa adanya kontak fisik. Dengan kata lain, semuanya dilakukan secara online.

Konten pembelajaran yang disajikan dapat berupa video materi pembelajaran. Video yang dibuat pun tak hanya berupa percontohan oleh manusia langsung, tapi bisa juga dibuat menjadi video animasi yang lebih menarik.

Selain menggunakan media berupa video, materi yang disampaikan juga bisa dalam bentuk audio. Pengajar atau trainer dapat memaparkan materinya melalui suara. Hal ini biasanya dilakukan untuk mendalami materi yang lebih serius.

Selain memanfaatkan video dan audio, penyedia LMS juga dapat memberikan beberapa dokumen pembelajaran, seperti e-book dan artikel. Dengan menggunakan metode ini diharapkan dapat menambah gairah keingintahuan trainee.

Ujian dan Kuis Daring

Dalam capaian materi tertentu, kuis atau ujian sering dijadikan parameter untuk melihat kemampuan pemahaman karyawan. Dengan menggunakan LMS, kegiatan ujian bisa dilakukan secara daring. Hal yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur ini cukup banyak.

Pengajar atau trainer dapat membuat soal secara langsung pada fitur ini. Setelah dibuat, soal-soal dapat didistribusikan kepada trainee. Tak sampai di situ, kuis atau ujian yang telah selesai dilaksanakan juga dapat langsung diolah nilainya oleh pengajar.

Ruang Diskusi

Dalam proses pembelajaran, diperlukan komunikasi dua arah antara trainer dan trainee. Komunikasi ini bisa berupa diskusi materi yang sedang dipelajari. Para trainee bisa memperoleh penjelasan yang lebih terang dengan menggunakan fitur ini.

Dengan menggunakan fitur ini, maka akan diperoleh hubungan timbal balik. Para trainee bisa mendapatkan penjelasan yang lebih dan pengajar bisa mengetahui tingkat pemahaman trainee. Dari situ, bisa didapatkan perbaikan-perbaikan untuk mengembangkan teknik pengajaran yang sesuai.

Laporan

Dalam LMS juga terdapat fitur laporan yang dapat memudahkan pengguna untuk melihat capaian belajar atau transkrip nilai. Biasanya, laporan berisi beberapa data penting selama pelajaran, misalnya absensi, monitoring tugas, dan rekapan jawaban hasil kuis atau ujian.

Pendaftran Online

Fitur ini menjadi fitur yang wajib ada dalam sebuah LMS. Berkat kehadiran fitur ini, calon pengguna bisa mendaftarkan dirinya untuk mengikuti kelas atau training online dengan mudah. Selain itu, trainee bisa melihat silabus atau bahan ajar yang sudah disiapkan.

Selain itu, fitur ini juga akan membantu pendaftar agar tidak kebingungan ketika melakukan proses pendaftaran dan pembayaran.

Kelebihan Menggunakan LMS

Dengan menggunakan LMS, Anda dapat merasakan banyak kemudahan, terlebih dalam aspek efisiensi untuk training masa depan. Berikut beberapa kelebihan dari penggunaan LMS di era modern seperti sekarang ini:

  1. Biaya pembelajaran menggunakan LMS lebih murah jika dibandingkan dengan pembelajaran secara luring
  2. Media yang digunakan beragam dan dapat diunduh untuk kemudian dipelajari kembali
  3. Mendorong para trainee untuk melakukan pembelajaran secara mandiri
  4. Segala aktivitas pembelajaran ataupun pelatihan dapat terdokumentasi dan terarsipkan dengan baik
  5. Mempermudah para trainer untuk mengolah materi pelatihan
  6. Memberikan kemudahan untuk berinteraksi antara trainer dengan trainee
  7. Dapat mempersingkat waktu bagi para trainer untuk mengolah hasil jawaban dan memberikan penilaian
  8. Materi pelatihan dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Dengan ini, waktu pembelajaran menjadi lebih efektif
  9. Pilihan terbaik media pembelajaran selama masa pandemi

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi saat ini, tentunya memberikan banyak keuntungan. Perkembangan teknologi di era ini perlu disikapi secara bijak agar dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Pemanfaatan LMS bisa menjadi referensi media training masa depan untuk memberikan kemudahan bagi para trainee. Hal ini dilakukan sebagai media untuk mendapatkan pembelajaran dan pelatihan skill yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 kelola training anda dengan LMS Codemi Learning

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Memasuki era digital, cara belajar mulai berubah dari textbook-based atau berdasarkan buku sekolah beralih ke e-learning (electronic learning) atau

Codemi Publication

Perencanaan program pengembangan SDM adalah hal yang tidak bisa diabaikan oleh seorang HRD. Tugas tersebut diemban oleh divisi human resource di da