LMS

Tips untuk Perencanaan Program Pengembangan SDM Perusahaan Anda

Perencanaan program pengembangan SDM adalah hal yang tidak bisa diabaikan oleh seorang HRD. Tugas tersebut diemban oleh divisi human resource di dalam perusahaan maupun organisasi.

Program tersebut biasanya selalu berkaitan dengan pelatihan Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan. Setiap Sumber Daya Manusia yang mendapatkan pelatihan memiliki kesempatan untuk lebih berkembang.

Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan proses yang dilakukan dengan tujuan mengembangkan potensi bagi setiap karyawan. Mulai dari potensi karyawan yang bersifat teknikal dan non teknikal.

Di dalam perusahaan program pengembangan dilaksanakan HRD demi mengembangkan setiap kemampuan yang dimiliki karyawan. Sehingga potensi yang tidak terlihat sebelumnya dapat digali untuk membantu mengembangkan perusahaan.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar bisa membentuk program pengembangan SDM atau karyawan perusahaan. Namun sebelum itu pimpinan divisi human resource perlu mengenali perbedaan pelatihan.

Pelatihan pengembangan berarti melatih karyawan sehingga mempunyai skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sementara pengembangan lebih mengarah pada penggalian potensi yang tersembunyi di dalam diri karyawan.

Sehingga karyawan menemukan potensi lain di dalam dirinya yang bisa bermanfaat bagi perusahaan. Kendati berbeda namun keduanya tetap saling berkaitan dan bisa dilakukan secara bersamaan.

5 Tips Merencanakan Program Pengembangan SDM

Bagaimana merencanakan program pengembangan karyawan yang tepat di dalam perusahaan? Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan seorang HR dalam merencanakan program pengembangan bagi seorang karyawan perusahaan:

Fokus pada kebutuhan perusahaan

Salah satu langkah untuk mengembangkan potensi karyawan adalah dengan fokus pada kebutuhan perusahaan. Setiap organisasi perusahaan mempunyai kebutuhan dasar masing-masing yang perlu digali potensinya lewat karyawan.

Jenis pengembangan biasanya disesuaikan pada bidang masing-masing berdasarkan kemampuan yang sudah dimiliki. Kendati karyawan sudah memiliki skill namun pengembangan dilakukan untuk menggali dan mengembangan potensi tersebut.

Menggali kelemahan karyawan untuk disempurnakan

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengembangkan potensi karyawan adalah dengan mencari tahu kelemahannya. Hal tersebut dilakukan untuk menyempurnakan kekurangan karyawan sehingga karyawan bisa mengatasi kelemahannya.

Cara tersebut juga bisa dilakukan bersama pelatihan pengembangan pada divisi lain. Program pengembangan SDM ini bermanfaat untuk membuat karyawan menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

Menggali potensi kemampuan karyawan lewat pendidikan

Menggali potensi SDM juga bisa dilakukan melalui pendidikan yang diberikan perusahaan. Pengembangan yang satu ini bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang kemungkinan dialami karyawan saat bekerja.

Di masa pandemi seperti saat ini tentunya penting bagi perusahaan untuk tetap mengadakan pelatihan. Oleh karena itu untuk menjaga keselamatan dari karyawan perlu untuk pelatihan diadakan secara online, melalui LMS Codemi anda dapat melaksanakan dan mengelola pelatihan karyawan secara mudah dan terpusat untuk terus mendukung perkembangan SDM perusahaan anda.

Mencari potensi SDM dengan melakukan job rotation

Job rotation adalah pemutasian pekerjaan atau mengalihkan karyawan ke bagian divisi lain. Tujuannya untuk mengembangkan kemampuan karyawan serta memberikan wawasan mengenai cara kerja divisi lain.

Menggali potensi SDM melalui simulasi pekerjaan

Cara menggali potensi SDM selanjutnya adalah dengan menggunakan simulasi pekerjaan sesuai bidang. Tujuannya untuk melatih karyawan agar terbiasa dengan kondisi pekerjaan yang sesungguhnya di dalam perusahaan.

Manfaat Melakukan Program Pengembangan SDM

Merencanakan program untuk mengembangkan potensi yang ada pada karyawan tentunya memberikan manfaat bagi SDM dan perusahaan. Berikut adalah manfaat pengembangan Sumber Daya Manusia bagi karyawan dan perusahaan:

Meningkatkan mutu dan kualitas SDM perusahaan

Program yang terarah dapat meningkatkan mutu dan kualitas SDM yang bekerja pada perusahaan. Sehingga perusahaan dapat memanfaatkan SDM tersebut untuk memenuhi tujuan dalam kurun waktu yang lama.

Meningkatkan edukasi pada karyawan tentang hal baru

Perubahan zaman membuat perkembangan teknologi semakin pesat. Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena perusahaan memiliki SDM yang unggul dan berwawasan luas serta mengikuti perkembangan zaman.

Dapat bersaing dengan kompetitor secara sehat

Bersaing dengan kompetitor membutuhkan tenaga yang profesional dan ahli di bidangnya masing-masing. Dengan adanya pengembangan minat dan potensi karyawan maka perusahaan lebih mudah bersaing di dunia bisnis.

Mudah melakukan perbaikan karena wawasan baru

Perusahaan dan karyawan akan lebih mudah melakukan perbaikan apabila mengalami masalah dalam bekerja. Hal tersebut lantaran program pengembangan fokus pada perbaikan untuk Sumber Daya Manusia.

Jadi, Sumber Daya Manusia yang bekerja kepada perusahaan memang perlu mendapatkan program pengembangan dan pelatihan. Sehingga kemampuan yang dimiliki dapat diasah dan dikembangkan lewat program pengembangan SDM. Simak juga ulasan kami mengenai demotivasi saat belajar dan bekerja disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

3 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Randi Bouty

    Ada beberapa cara dalam menentukan gaji dan tunjangan untuk para pekerja remote yang perlu diketahui. Banyak variabel yang dapat dimasukkan dalam k

    Randi Bouty

    Tentang pelatihan karyawan harus diberikan secara tepat tidak hanya masalah tunjangan dari perusahaan. Melatih karyawan untuk mendapatkan keterampi

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X