Tips Sukses Terapkan Budaya Belajar Online di Lingkungan Perusahaan

Budaya belajar online kini menjadi sebuah kebiasaan baru di tengah masyarakat modern. Banyak orang masih beranggapan bahwa budaya belajar atau learning culture hanya berlaku untuk para pelajar di lingkungan sekolah maupun perguruan tinggi. Padahal anggapan tersebut sama sekali kurang tepat. Nyatanya setiap lingkungan masyarakat perlu menumbuhkan budaya belajar.

Kesadaran untuk meningkatkan kultur belajar juga perlu diterapkan di lingkungan kerja atau perusahaan. Perkembangan dunia ke arah yang lebih modern mau tidak mau menuntut semua sektor usaha untuk bergerak cepat dan beradaptasi agar tidak ketinggalan kereta. Disinilah pentingnya menumbuhkan semangat untuk mempelajari hal-hal baru.

Perubahan tersebut bisa dilihat dari berbagai aspek, misalnya tren strategi pemasaran, rekrutmen tenaga kerja, memperluas jangkauan bisnis, dan lain sebagainya. Perubahan juga terjadi tidak hanya pada dunia kerja tetapi juga metode pembelajaran dimana budaya belajar online semakin populer. Oleh sebab itu, kultur baru ini perlu mendapat perhatian ekstra.

Mentransformasikan atau mengubah suatu hal ke hal lainnya bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi jika hal tersebut telah menjadi suatu budaya yang mengakar pada suatu kelompok masyarakat. Diperlukan banyak langkah strategis untuk menciptakan kultur baru. Termasuk dalam pembelajaran di lingkungan perusahaan yang tadinya konvensional ke arah e-learning. Berikut ini tipsnya.

1. Meningkatkan Literasi Digital yang Mumpuni

Ketika melakukan segala hal, seseorang membutuhkan pengetahuan atau literasi mumpuni terkait apa yang ingin ia kerjakan. Begitu juga ketika hendak membangun atau mengubah kebiasaan metode pembelajaran dari konvensional ke media elektronik alias digital. Diperlukan literasi digital secara luas dan dalam untuk mencetak SDM dengan skill mumpuni.

Dalam memulai transformasi budaya belajar online, setiap orang yang terlibat di dalamnya harus lah memiliki pengetahuan atau kecakapan dalam bidang teknologi digital. Misalnya mengenal macam-macam media digital, alat komunikasi, hingga jaringan komunikasi serta cara penggunaannya dengan baik dan bijak.

Berkembangnya teknologi digital di tengah masyarakat bisa dibilang bagaikan dua sisi mata uang. Hal ini karena terdapat manfaat sekaligus dampak negatif yang sama-sama memiliki porsi seimbang. Apalagi jika tidak didukung dengan adanya literasi digital yang baik. Oleh karena itu, pengetahuan dalam menggunakan media digital sangat penting.

Dalam dunia kerja atau usaha, literasi digital dapat membuat setiap orang di perusahaan memperoleh beragam informasi secara mudah dan cepat. Dengan pengetahuan serta kecakapan yang baik, karyawan bisa mendalami berbagai skill lewat metode e-learning. Perlahan namun pasti ini akan menjadi sebuah kebiasaan baru yang menyenangkan.

2. Membuat Materi dengan Konten Menarik

Tips mengubah gaya pembelajaran menjadi budaya belajar online yang juga penting yaitu membuat materi melalui konten unik serta menarik. Perusahaan yang memiliki misi mentransformasikan learning culture di lingkungan kerjanya dari konvensional menjadi pembelajaran berbasis digital wajib mempertimbangkan poin ini. Karena konten adalah kunci apakah seseorang memutuskan berkemauan belajar online.

Konten ini bisa berisi tentang banyak hal, mulai dari materi pembelajaran untuk training hingga artikel-artikel menarik. Khusus untuk konten berisi materi pelatihan, perusahaan dapat memberikannya kepada karyawan melalui sistem manajemen pembelajaran atau lebih dikenal Learning Management System (LMS). Ini merupakan sebuah sistem pengelolaan secara online yang mudah dan praktis.

Saat ini banyak perusahaan telah memanfaatkan LMS untuk mengelola berbagai materi pelatihan untuk para karyawannya. Dengan LMS, secara tidak langsung perusahaan telah memulai mengubah metode pelatihan dan membangun budaya belajar online. Namun memperkenalkan LMS saja tidak cukup melainkan harus mengedepankan konten.

Itulah mengapa perusahaan membutuhkan SDM khusus untuk menangani hal tersebut. Contoh-contoh konten yang dapat membuat karyawan semangat dalam belajar secara online misalnya konten teaser video. Atau bisa juga menggunakan ilustrasi berupa infografis sehingga proses penerimaan informasi lebih cepat, mudah, simpel, serta tidak membosankan.

3. Membuat Ruang Diskusi Secara Online

Saat ini budaya mengobrol kebanyakan mulai tergantikan dengan hadirnya grup-grup percakapan alias chatting. Kebiasaan orang-orang membicarakan banyak hal mulai berbelok dan beralih melalui aplikasi smartphone. Jika kebiasaan berinteraksi bisa berubah, maka budaya belajar online juga sangat mungkin diupayakan agar lebih maksimal.

Salah satu cara paling efektif adalah membuat ruang-ruang diskusi secara online. Dengan adanya ruang diskusi ini, orang-orang yang terlibat di dalam organisasi (dalam hal ini perusahaan) bisa saling berinteraksi satu sama lain kapan saja dan dimana saja. Ruang diskusi ini tentu digunakan untuk membicarakan hal-hal terkait skill dalam pekerjaan.

Di dalam ruang diskusi tersebut, para karyawan perusahaan dapat saling berbagi satu sama lain. Selain itu, interaksi juga dapat dilakukan antara karyawan dengan trainer dalam hal memahami materi pada berbagai pelatihan yang diadakan perusahaan. Lewat budaya belajar online ini, proses pembelajaran tidak hanya dilakukan satu arah.

Artinya, karyawan tidak hanya sebatas menerima materi melalui platform LMS saja. Tetapi juga berperan aktif dan memicu inisiatif untuk bertanya ataupun menyampaikan pendapatnya sendiri terkait suatu topik yang dibahas. Di sisi lain, perusahaan juga perlu memberikan support nyata agar kultur pembelajaran secara online benar-benar bisa terbentuk dengan baik.

4. Membangun Lingkungan Belajar Interaktif dan Kondusif

Setelah infrastruktur digital telah terbangun dengan baik, maka selanjutnya adalah menciptakan lingkungan belajar yang interaktif. Suasana interaktif ini bisa dilihat dari seberapa banyak anggota atau karyawan yang ikut turut aktif berpartisipasi selama pembelajaran. Semakin banyak orang yang berpartisipasi, semakin besar juga menciptakan budaya belajar online lebih kuat.

Namun interaktif saja belum cukup, diperlukan suasana belajar yang kondusif agar semua partisipan di dalam sistem pembelajaran tetap nyaman. Meskipun pembelajaran secara online lewat media digital bisa dilakukan sendiri-sendiri tanpa berkumpul di suatu tempat khusus. Namun ruang diskusi yang sebelumnya telah dibuat turut memberikan pengaruh pada suasana belajar.

5. Pentingnya Learning Culture di Lingkungan Kerja

Ada beragam alasan mengapa learning culture di perusahaan sangat penting. Salah satunya yaitu menciptakan strategi bisnis lebih tepat dan akurat. Kultur belajar dalam sebuah perusahaan mendorong karyawan dalam menguasai berbagai skill. Ini memiliki keterkaitan langsung dengan performa setiap karyawan sehingga dapat menghasilkan strategi bisnis yang baik.

Bukan hanya itu, budaya belajar online di lingkungan kerja juga dapat mendorong setiap individu untuk mampu bertahan pada kondisi apapun. Misalnya terdapat kondisi dimana penggunaan mesin mulai menggantikan peran manusia. Namun ketika karyawan mempelajari banyak hal, skill mereka semakin terasah dan membuka banyak kesempatan lainnya.

Membangun kultur belajar bagi karyawan juga dapat membuat mereka lebih loyal kepada perusahaan. Karena pembelajaran merupakan sebuah investasi yang tidak pernah merugikan bagi siapapun. Jadi ketika seseorang diberikan kesempatan lebih untuk mengasah kemampuan serta keterampilannya, ia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut sehingga tidak meninggalkan perusahaan.

Salah satu cara mengubah metode pembelajaran menjadi e-learning adalah dengan LMS. Codemi.co.id adalah developer software LMS yang menyediakan berbagai fitur menarik untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan maupun karyawan. Menggunakan platform Codemi dapat membangun budaya belajar online lebih efektif.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Ketika Anda mulai bekerja di suatu perusahaan, Anda harus sudah siap menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti manaj

Codemi Publication

Kualitas SDM sangat membawa pengaruh bagi kelangsungan hidup perusahaan. Hal inilah yang melatarbelakangi alasan pentingnya kualitas SDM dengan mer