5 Tips Sukses Menerapkan Program Pengembangan Karyawan

Apa yang menjadikan sebuah perusahaan dinilai hebat? Ada yang menjawab modal usaha yang besar, ada pula yang mengatakan laba usaha yang meningkat setiap tahunnya. Namun, jika kita teliti lebih jauh, semua hal tersebut tidak terlepas dari andil peran para karyawan dalam perusahaan. 

Jadi, bisa dikatakan bahwa perusahaan yang baik adalah perusahaan yang juga peduli dengan kualitas karyawannya. Karenanya, program pengembangan karyawan menjadi alat untuk terus meningkatkan kinerja karyawan serta mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan bisnis yang terus berkembang seiring zaman. Mari simak tips-tips yang bisa diterapkan perusahaan Anda, selengkapnya di sini.

Teliti kebutuhan perusahaan

Setiap perusahaan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya pengembangan karyawan dilakukan untuk meningkatkan performa kerja karyawan dalam perusahaan, yang mana akan berimbas positif pada keberhasilan perusahaan pula. Jadi, sudah sepatutnya bahwa program pengembangan karyawan dirancang sesuai dengan kelebihan dan kekurangan perusahaan. 

Coba lakukan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dalam perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda jadi bisa melihat hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan dan yang perlu diperbaiki. Misalnya, perusahaan Anda harus mengejar kompetitor yang sudah meluncurkan aplikasi untuk pemesanan barang. Dari sana, berarti saatnya Anda merancang program pengembangan karyawan yang berkaitan dengan digitalisasi, seperti digital marketing, programming, app development, dan lain sebagainya. 

Gali potensi dan minat karyawan

Rasanya program pengembangan karyawan tidak akan berhasil bila tidak dicocokkan dengan potensi serta minat karyawan yang mengikutinya. Ambil contoh, Anda mengundang karyawan di divisi Customer Support ke kelas programming, tentu hanya akan membuang waktu, biaya, dan energi, bukan? Untuk menghindari kekeliruan seperti ini, ada baiknya Anda menggali dulu potensi dan juga minat karyawan Anda. 

Tentunya melakukan tips ini akan lebih sulit jika perusahaan Anda memiliki ratusan hingga ribuan karyawan. Demi mengantisipasi hal ini, divisi Human Resources bisa bekerja sama dengan kepala masing-masing divisi untuk merekomendasikan pengembangan karyawan seperti apa yang dianggap perlu dan bermanfaat. 

Berikan materi pengembangan yang terjadwal dan berkelanjutan

Program pengembangan karyawan yang sukses adalah program yang dilakukan secara rutin, terjadwal, dan berkesinambungan. Jika hanya dilakukan satu atau dua kali saja, dampaknya pun tidak akan terasa dalam jangka panjang. Selanjutnya, skill atau pengetahuan yang sudah didapatkan oleh karyawan lewat program pengembangan karyawan ini pun perlahan akan hilang, menjadi tidak relevan lagi, atau dilupakan begitu saja. 

Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan membuat jadwal program pengembangan karyawan secara berkala, baik itu bulanan atau tahunan. Kemudian, rancang materi program yang berkelanjutan. Artinya, tingkat kesulitan dan kerumitan topik pembelajaran akan terus meningkat seiring berlangsungnya program. 

Baca juga: Teori-Teori untuk Program Pelatihan Karyawan 

Buat materi semenarik mungkin

Jika kita melihat ke masa sekolah dulu, ada saja materi kelas yang dirasa membosankan dan terkesan bertele-tele. Akibatnya, sebagai murid, kita malah tidak mampu menyerap informasi yang diterangkan oleh pengajar. Jangan sampai hal seperti ini terjadi dalam program pengembangan karyawan yang diterapkan di perusahaan Anda, ya!

Untuk mencegahnya, sebaiknya siapkan konten materi yang bervariasi. Tidak harus selalu lewat kelas tatap muka, bisa juga disajikan secara daring lewat platform seperti Codemi yang menawarkan beragam pilihan materi pelatihan dan pembelajaran yang dikemas secara kreatif. Para peserta program pengembangan karyawan bisa mengaksesnya di mana dan kapan saja, baik itu dalam bentuk video, teks, grafik, maupun game singkat. Sungguh menarik, bukan? 

Lakukan evaluasi dan kumpulkan feedback

Tidak hanya soal proses persiapan dan berlangsungnya program pengembangan karyawan saja, sebuah perusahaan pun harus memperhatikan tahapan evaluasi dari program pengembangan karyawan yang sudah dilakukan. Tujuannya agar bisa menilai seberapa efektif program tersebut dan mengetahui apa saja yang bisa diperbaiki untuk program serupa di masa depan. 

Dengan menggunakan platform Codemi, perusahaan bisa dengan mudah mengakses dashboard evaluasi pengembangan karyawan secara real time. Perusahaan pun bisa melihat sejauh mana karyawan sudah mengikuti pelatihan yang ada. Selain itu, jangan lupa juga untuk melangsungkan survei terkait feedback dari para karyawan yang ikut program pengembangan karyawan. 

Ikuti 5 tips penerapan program pengembangan karyawan di atas dan perusahaan Anda pun bisa mengasah kompetensi serta meningkatkan kualitas SDM perusahaan secara optimal. Gunakan juga Codemi, platform manajemen pembelajaran berbasis cloud untuk pelatihan SDM di perusahaan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Ketika Anda mulai bekerja di suatu perusahaan, Anda harus sudah siap menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti manaj

    Codemi Publication

    Kualitas SDM sangat membawa pengaruh bagi kelangsungan hidup perusahaan. Hal inilah yang melatarbelakangi alasan pentingnya kualitas SDM dengan mer