Tips Meningkatkan Hubungan Karyawan Remote

Gaya bekerja karyawan remote bisa menjadi cara yang bagus untuk memiliki gaya hidup yang lebih fleksibel dan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bepergian. Namun, ada beberapa potensi kerugian untuk bekerja secara remote.

Misalnya, karyawan remote mungkin merasa terisolasi dari rekan kerja atau merasa mereka tidak berkontribusi banyak kepada perusahaan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mencegahnya.

Mulailah berpikir untuk memasukkan pekerja ke dalam tim tepat waktu dan membuat mereka merasa diterima dan dihargai. Meskipun ini bisa sulit di ruang kerja jarak jauh, itu bukan tidak mungkin.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pekerja jarak jauh.

1. Komunikasi tatap muka vs. virtual

Sebelum hal lain, Anda harus memahami perbedaan antara komunikasi langsung dan komunikasi virtual.

Komunikasi tatap muka adalah ketika dua orang atau lebih secara fisik hadir di ruangan yang sama. Jenis komunikasi ini dianggap lebih pribadi karena ada isyarat nonverbal yang dapat ditangkap, seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

Komunikasi virtual adalah ketika dua orang atau lebih berkomunikasi melalui teknologi, seperti email, pesan instan, atau konferensi video. Jenis komunikasi ini bisa menjadi kurang pribadi karena tidak ada isyarat nonverbal yang dapat diambil.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa kedua jenis komunikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Komunikasi tatap muka mungkin dianggap lebih pribadi, tetapi juga bisa lebih sulit untuk dijadwalkan. Komunikasi virtual mungkin kurang pribadi, tetapi bisa lebih nyaman dan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan jadwal yang sibuk.

2. Bangun hubungan antar karyawan remote

Mengapa begitu penting untuk menjaga hubungan baik di tempat kerja?

Sebagai contoh karyawan yang memiliki sahabat di tempat kerja lebih cenderung bertahan lebih lama di perusahaan mereka. Selain itu, karyawan yang memiliki sahabat di tempat kerja juga lebih cenderung mengatakan bahwa mereka puas dengan pekerjaannya.

Tidak ada lingkungan atau budaya perusahaan yang sehat tanpa hubungan kerja yang baik.

Membangun hubungan yang kuat di antara para pekerja diperlukan karena sejumlah alasan. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas, membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif, dan memperkuat budaya perusahaan.

Ketika pekerja memiliki hubungan yang kuat dengan rekan-rekan mereka, mereka lebih mungkin untuk bekerja sama dan berkolaborasi. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan produktivitas dan kreativitas.

3. Kenali karyawan remote secara pribadi

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pekerja jarak jauh adalah dengan mengenal mereka secara pribadi. Ini bisa dilakukan dengan menanyakan minat, hobi, dan keluarga mereka.

Anda juga dapat mengenal mereka lebih baik dengan membagikan informasi pribadi Anda. Ini akan membantu menciptakan hubungan yang lebih pribadi dan membuat mereka merasa lebih nyaman di sekitar Anda.

Memiliki obrolan grup di mana Anda dapat bertukar meme dan gambar hewan peliharaan yang lucu juga merupakan cara yang bagus untuk mengenal kolega Anda lebih baik secara pribadi.

Pastikan untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi semua orang dan biarkan orang berbicara tentang apa pun yang mereka inginkan.

4. Memiliki pengertian

Bekerja dari jarak jauh bisa jadi sulit, dan akan ada saatnya karyawan Anda membutuhkan pengertian Anda. Misalnya, jika mereka sedang berjuang dengan tugas atau jika mereka merasa kewalahan.

Sangat penting untuk memahami dan sabar dengan karyawan Anda. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda, dan tidak apa-apa untuk meminta bantuan.

5. Berusaha untuk tetap berhubungan

Cara lain untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pekerja jarak jauh adalah dengan berusaha untuk tetap berhubungan. Ini dapat dilakukan dengan mengirimi mereka email, pesan instan, atau panggilan video secara teratur. Check-in reguler dan pesan yang dipersonalisasi juga cukup bagus untuk tujuan ini.

Anda juga dapat mengatur check-in reguler untuk melihat apa yang mereka lakukan dan apakah mereka membutuhkan bantuan. Ini akan menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kesejahteraan mereka dan ingin membantu mereka sukses.

Tertarik pada kemajuan dan kesejahteraan mereka bisa sangat membantu dalam hubungan apa pun.

6. Pastikan karyawan remote merasa dilibatkan

Sangat penting untuk memastikan pekerja jarak jauh merasa seperti mereka adalah bagian dari tim. Cobalah untuk menyertakan mereka dalam acara perusahaan dan pertemuan sosial, meskipun hanya secara virtual. Anda juga dapat menciptakan peluang bagi mereka untuk berinteraksi dengan karyawan lain, seperti memulai grup obrolan online.

Melibatkan mereka dalam acara perusahaan akan membuat mereka merasa dihargai dan dimiliki. Hal ini dapat membuat mereka lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka dan lebih berinvestasi di perusahaan.

Ketika perusahaan outsourcing SDM teratas melakukan pekerjaan mereka dengan baik, terserah Anda untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka sehingga tim jarak jauh Anda tahu apa yang terjadi di perusahaan. Dengan cara ini, mereka dapat merasa seperti mereka adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dan bukan hanya roda penggerak.

7. Akui pencapaian karyawan remote

Cara lain untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pekerja jarak jauh adalah dengan mengakui pencapaian mereka. Ini dapat dilakukan dengan mengirimi mereka pesan pribadi atau email, atau dengan memberi mereka sapaan selama rapat tim.

Mengakui pencapaian mereka akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai kerja keras mereka dan bahwa Anda memperhatikan kemajuan mereka. Hal ini dapat membuat mereka merasa dihargai dan memotivasi mereka untuk melakukan lebih baik lagi.

8. Tunjukkan minat pada pekerjaan mereka

Salah satu cara untuk menunjukkan kepada karyawan jarak jauh Anda bahwa Anda peduli dengan mereka adalah dengan menunjukkan minat pada pekerjaan mereka. Ini dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan tentang proyek mereka, menawarkan saran, dan memberikan umpan balik.

Anda juga dapat memberi mereka kesempatan untuk berbagi ide dengan Anda. Ini akan membuat mereka merasa dihargai dan dihargai, dan itu akan membantu meningkatkan hubungan Anda dengan mereka.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan rasa hormat selain dengan mendengarkan. Ini bisa menjadi kunci untuk hubungan yang baik di tempat kerja.

9. Pastikan untuk memberikan umpan balik

Memberi umpan balik penting dalam hubungan apa pun, dan ini termasuk hubungan dengan karyawan. Umpan balik membantu orang untuk belajar dan tumbuh, dan itu menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam pengembangan mereka.

Saat memberikan umpan balik, pastikan untuk jelas, singkat, dan spesifik. Hindari memberikan kritik yang tidak jelas atau umum. Penting juga untuk fokus pada aspek positif dari pekerjaan mereka.

Misalnya, jika Anda tidak senang dengan sesuatu, jangan hanya mengatakan, “Ini tidak baik.” Alih-alih, cobalah untuk lebih spesifik dan katakan sesuatu seperti, “Saya tidak suka cara Anda menangani situasi ini.”

Pastikan untuk selalu mengakhirinya dengan nada positif. Jika proyek selesai dengan baik, tetapi terlambat, fokuslah pada fakta bahwa itu diselesaikan dengan baik.

10. Dukung kesuksesan karyawan remote

Ketika karyawan Anda berhasil, itu adalah cerminan dari kepemimpinan Anda. Jadi, pastikan untuk mendorong kesuksesan mereka dan memberi mereka pujian saat mereka pantas mendapatkannya. Ini akan menunjukkan bahwa Anda bangga dengan pencapaian mereka dan Anda ingin mereka terus melakukan pekerjaan terbaik mereka.

Anda juga dapat memberi mereka kesempatan untuk memimpin proyek atau mengambil lebih banyak tanggung jawab. Ini akan membantu mereka merasa lebih dihargai dan dihargai, dan itu akan meningkatkan hubungan Anda dengan mereka.

11. Jadilah fleksibel

Bekerja dari jarak jauh bisa jadi sulit, dan penting untuk bersikap fleksibel. Ini berarti memahami ketika hal-hal muncul dan bersedia bekerja sama dengan mereka untuk menemukan solusi.

Misalnya, jika mereka perlu mengambil cuti untuk keadaan darurat pribadi, pahami dan coba bekerja dengan mereka untuk menemukan solusi.

Menjadi fleksibel akan menunjukkan bahwa Anda mendukung situasi mereka dan bahwa Anda bersedia bekerja dengan mereka. Ini bisa sangat berpengaruh dalam hubungan apa pun.

12. Mendorong untuk bekerja dalam tim

Pairing adalah ketika dua orang bekerja sama dalam sebuah proyek. Ini dapat dilakukan secara langsung atau jarak jauh.

Berpasangan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengenal karyawan Anda lebih baik.

Jika Anda tidak yakin bagaimana memulainya, coba pasangkan untuk sebuah proyek atau tugas. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk melihat seberapa baik Anda bekerja sama dan membangun hubungan yang lebih kuat.

13. Responsif 

Saat Anda bekerja dari jarak jauh, penting untuk dapat diakses. Ini berarti tersedia saat karyawan Anda membutuhkan Anda, dan responsif terhadap pertanyaan dan kekhawatiran mereka.

Anda juga dapat mendorong komunikasi dengan menggunakan konferensi video atau pesan instan. Ini akan membantu Anda tetap terhubung dan membangun hubungan yang lebih baik dengan karyawan Anda.

14. Atur kegiatan membangun tim

Kegiatan membangun tim adalah cara yang bagus untuk meningkatkan hubungan. Mereka dapat membantu orang untuk mengenal satu sama lain lebih baik, dan mereka juga dapat mempromosikan kolaborasi dan komunikasi.

Ada banyak kegiatan membangun tim yang berbeda yang dapat Anda lakukan. Anda dapat mencoba sesuatu yang sederhana seperti bersenang-senang virtual atau bermain game online bersama. Anda juga dapat mencoba sesuatu yang lebih menantang, seperti mengatur perburuan.

Apa pun yang Anda pilih, pastikan itu adalah sesuatu yang akan dinikmati semua orang.

Jika bisa, cobalah untuk bertemu langsung. Ini bisa untuk kegiatan membangun tim atau hanya untuk mengejar ketinggalan. Bertemu secara langsung akan membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan karyawan Anda.

15. Hargai waktu krayawan remote

Last but not least, penting untuk menghormati karyawan Anda. Ini termasuk menghormati waktu, privasi, dan ruang pribadi mereka.

Penting juga untuk menghindari membuat asumsi tentang mereka. Misalnya, jangan berasumsi bahwa mereka selalu tersedia untuk bekerja atau bahwa mereka selalu bersedia melakukan tugas di luar deskripsi pekerjaan mereka.

Rasa hormat adalah jalan dua arah, jadi pastikan Anda juga menghormati waktu dan batasan Anda sendiri. Berikut merupakan ulasan kami mengenai cara meningkatkan hubungan antar karyawan remote, simak juga ulasan kami mengenai teknologi yang dapat diterapkan untuk menunjang employee experience disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Sebagai pemimpin, kemampuan membentuk program kompensasi termasuk penting, terutama telah menjadi skill yang harus dikuasai sejak dulu. Apalagi ber

Perusahaan yang mengetahui manfaat agile leadership terbilang telah dalam jalur baik. Terutama disebabkan telah menjadi teknik dan strategi kepemim

Unduh Codemi Learning Report 2021

X