Tips Memulai Pekerjaan Baru di Masa Pandemi

Ketika akan memulai pekerjaan baru, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena bekerja di masa pandemi itu berbeda dengan sebelum corona mewabah sehingga tipsnya juga sudah pasti tidak sama.

Maka dari itu menjadi lulusan baru dan berkarir pasti memiliki tantangan tersendiri di masa pandemi seperti sekarang. Terlebih ada banyak orang mulai kehilangan pekerjaannya sehingga banyak perusahaan mulai mencari penggantinya.

Sayangnya tidak semua penggantinya itu sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan diadaptasi karyawan baru sehingga hal tersebut membuat perusahaan mulai memperketat perekrutan calon karyawannya.

Melihat hal tersebut, bila baru saja diterima perusahaan dan akan memulai sebuah pekerjaan baru, sebaiknya perhatikan dulu tipsnya. Tujuannya adalah supaya Anda lebih mudah beradaptasi terhadap lingkungan kerja selama pandemi.

Tips Memulai Pekerjaan Baru selama Pandemi

Bisa diterima ke dalam sebuah perusahaan di masa pandemi seperti sekarang ini adalah sebuah mimpi karena ada banyak orang mengalami PHK. Maka simak beberapa tips berikut bila mendapatkan pekerjaan baru:

  1. Ketika baru saja bergabung ke dalam sebuah perusahaan, maka mintalah kepada manajer untuk memperkenalkan Anda kepada karyawan yang lainnya. Setidaknya pekerja lain harus tahu Anda telah menjadi bagian dari mereka. Anda bisa bertanya langsung kepada tim soal tugas, peran, dan proyek yang sedang dikerjakan selama work from home berlangsung. Dari obrolan tersebut akan membuat Anda bisa mengetahui segala informasi perusahaan.
  1. Tidak ada salahnya Anda mengirim pesan singkat melalui email, WA, atau sejenisnya kepada rekan kantor selama memulai pekerjaan baru. Hal tersebut penting sekali untuk menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Pastikan Anda mengirimkan pesan yang berkaitan dengan tugas di kantor. Jadi berkomunikasilah dengan menggunakan bahasa sopan dan akhiri dengan kalimat terima kasih karena mau bekerja sama dalam mengerjakan proyek perusahaan.
  1. Selanjutnya tanyakan beberapa hal tentang peran rekan kerja Anda dan bantuan yang dibutuhkannya berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Jadi tidak ada salahnya pilih mentor untuk membantu pekerjaan sementara waktu selama WFH.

    Memiliki mentor selama bekerja secara virtual akan membantu Anda untuk beradaptasi terhadap lingkungan kantor yang baru saja dikenal dari jarak jauh. Sehingga setiap pertanyaan bisa terjawab dengan jelas oleh mentor.
  1. Buat catatan harian seputar pekerjaan mana yang sudah berhasil diselesaikan dan masih belum selesai. Hal tersebut penting sekali untuk menghindari ada tugas yang terlupa dan bisa berakibat fatal selama bekerja.

Manfaat Bekerja secara Remote selama Pandemi

Setelah memahami bagaimana caranya memulai pekerjaan baru di masa pandemi supaya berjalan dengan lancar, maka selanjutnya kenali manfaatnya lebih jauh. Seperti yang terlihat pandemi memaksa semua orang bekerja secara remote.

Otomatis hal tersebut menuntut setiap orang harus lebih profesional saat harus bekerja di luar kantor. Namun, ternyata ada banyak manfaat yang didapatkan bila bekerja secara remote selama pandemi, antara lain:

  1. Dengan bekerja secara remote di masa pandemi membuat kesehatan para pekerja semakin terjamin dan lebih terjaga. Pasalnya berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Inggris menyebutkan bekerja remote bisa meminimalisir stres. Karena hampir sebagian besar pekerja tertekan ketika melakukan perjalanan menuju ke kantor. Maka dari itu bekerja secara remote menjadi solusi terbaik untuk menjaga kesehatan para karyawan agar terhindar dari corona.
  1. Melakukan pekerjaan secara virtual saat memulai pekerjaan baru membuat setiap pekerja bisa menerapkan gaya hidup yang semakin fleksibel karena tidak harus ke kantor seharian penuh. Jadi setelah selesai bekerja bisa langsung melakukan kegiatan lainnya.
  2. Bekerja secara virtual di masa pandemi akan membuat pekerja semakin bersemangat saat melakukan pekerjaannya. Karena mereka bisa terhindar dari gangguan yang diakibatkan di lingkungan kantor sehingga bisa menambah inspirasi baru.
  3. Bekerja remote memberikan dampak yang positif terhadap perusahaan dan juga para karyawan yang bekerja di dalamnya. Karena hal tersebut membuat kenyamanan karyawan lebih terjamin sehingga produktivitas mereka menjadi semakin meningkat.

Jadi seperti itulah tips ketika bekerja di kantor selama pandemi dan manfaatnya melakukannya secara remote. Dengan memahami penjelasan tersebut diharapkan bisa membantu Anda mempersiapkan tips memulai pekerjaan baru dengan sempurna.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Meskipun pertumbuhan penduduk sangat besar, ternyata tidak dibarengi dengan pertumbuhan afeksi, banyak orang merasa selalu kesepian meskipun sedang

Codemi Publication

Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s untuk para karyawan? Pertanyaan tersebut barangkali membuat Anda penasaran karena konsep 5s diadopsi d