LMS

Tips Memilih Sistem E-learning di Masa Pandemi Covid-19

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, para pelajar Indonesia diwajibkan untuk mengikuti sistem e-learning jarak jauh di rumah masing–masing. Hal ini bertujuan untuk menghindari dari adanya penularan virus Covid-19 yang saat ini masih belum terkendali. Meski demikian, proses pembelajaran e-learning sering kali mengalami beberapa masalah yang mengganggu kenyamanan dalam prosesnya. Oleh karena itu, penting sekali bagi pelajar untuk memilih sistem e-learning dengan tepat sehingga aman dan nyaman untuk digunakan.

Apa yang dimaksud Sistem E-learning

Pada umumnya, e-learning merupakan salah satu metode pembelajaran berbasis digital yang memanfaatkan koneksi jaringan internet serta web server sebagai penyedia layanan utama. Untuk metode pembelajaran e-learning sendiri, biasanya dapat dilakukan mengirimkan file bahan ajar berupa materi pembelajaran, video pembelajaran dan lain – lain. Dengan demikian, pembelajaran elektronik e-learning dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun asalkan terkoneksi dengan jaringan internet yang memadai ke web server e-learning. 

Kelebihan :

  • Menyediakan pembelajaran jarak jauh
  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun
  • Lebih mudah dijangkau banyak orang
  • Dapat diikuti oleh siapa saja

Kekurangan :

  • Memerlukan kuota jaringan internet yang memadai
  • Membutuhkan perangkat gadget untuk mengakses bahan pembelajaran
  • Kualitas belajar sering kali dipengaruhi oleh signal

Apa Saja Manfaatnya?

Dengan kehadiran sistem e-learning ini, maka pelajar Indonesia dapat dengan mudah belajar di tengah kondisi pandemi Covid-19. Bahkan, dengan proses pembelajaran e-learning tersebut, para pelajar juga tidak perlu khawatir lagi dengan materi pembelajaran yang terkendala. Sebab, kehadiran pembelajaran elektronik e-learning ini memberikan sejumlah manfaat seperti berikut ini :

Mampu menciptakan sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien

Manfaat utama dari penerapan sistem e-learning ini adalah memiliki efektifitas dan efisiensi yang berguna bagi para pelajar. Bahkan, para pelajar tidak perlu lagi datang jauh – jauh ke sekolah untuk mengakses sistem pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar dan dapat diikuti oleh semua kalangan.

Memiliki sistem pembelajaran yang lebih fleksibel

Dengan menggunakan metode pembelajaran e-learning, maka sistem pembelajaran akan lebih fleksibel. Sehingga, para generasi muda tidak perlu terpaku pada sistem pembelajaran di sekolah saja. Melainkan dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Bahkan, sistem fleksibilitas dalam waktu belajar juga bisa membuat para pelajar tidak terkendala mengenai waktu.

Memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar

Kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, dikatakan dapat memberikan kemudahan bagi para pelajar untuk mengulang materi pelajaran apa saja dengan waktu yang tak terbatas. Bahkan, para pelajar dapat dengan mudah mengakses bahan pelajaran yang ingin diketahui. Sehingga, wawasan pelajar akan bertambah secara lebih luas.

Dapat mengikuti perkembangan zaman

Kehadiran sistem e-learning nyatanya juga selaras dengan perkembangan kemajuan zaman seperti sekarang ini. Semakin canggih teknologi yang ada, maka sistem pembelajaran yang hadir pun semakin memberikan kemudahan dalam mengakses bahan materi pembelajaran. 

Tips memilih Sistem E-learning

Setelah mengetahui berbagai penjelasan singkat di atas, ada baiknya memilih sistem e-learning yang tepat seperti berikut ini :

Mampu memberikan kemudahan dalam akses pembelajaran

Sebaiknya, Anda memilih platform e-learning yang memang memberikan kemudahan dalam akses pembelajaran. Seperti melalui gadget, laptop, PC dan lain – lain. 

Memberikan kemudahan dalam penggunaan

Disarankan untuk memilih pembelajaran elektronik e-learning yang mudah dalam penggunaannya. Sehingga, hal ini akan meminimalisir terjadinya kerumitan dan kurang fokus para pelajar saat proses pembelajaran berlangsung.

Pilih metode yang mudah dalam pengaturan

Pastikan memilih metode pembelajaran e-learning dengan platform yang mudah untuk diatur. Baik itu dari segi konten, siswa virtual maupun dokumen pembelajaran lainnya.

Bersifat kompatibel

Maksud dari kompatibel ini adalah proses pembelajaran e-learning dapat diakses dengan berbagai format. Sebagai contoh seperti format PDF, video YouTube dan lain – lain.

Menawarkan kemudahan dan harga yang terjangkau

Jika sistem e-learning menawarkan layanan berbayar, sebaiknya memilih harga yang benar – benar terjangkau dan memberikan kemudahan dalam mengakses materi pembelajaran yang diberikan. 


Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi

    Untuk melatih dan mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), ada banyak metode pelatihan yang dapat digunakan. Namun, berdasarkan sifatnya

    Codemi

    Secara umum, banyaknya perusahaan training terbaik di Indonesia telah menunjukkan eksistensinya dalam menghasilkan bibit – bibit calon karyawan y