8 Tips Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis

Menjadi negosiator ulung membutuhkan kemampuan untuk menyusun dan melaksanakan negosiasi yang kompleks secara efektif. Lewat 8 Tips Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis berikut dapat memberi pengetahuan bagi Anda.

Tetapi karena banyak negosiator tidak memiliki pengetahuan atau tool, mereka menemukan diri mereka dalam situasi di mana mereka terus mendapatkan hasil yang sama.

Keterampilan negosiasi dapat dianggap sebagai arus komunikasi bolak-balik yang terjadi antara orang-orang mengenai nilai barang yang akan mereka tukarkan. 

Misalnya, hal  itu mungkin pertukaran karya seni yang kamu buat dengan uang orang yang membelinya. 

Kemampuan seseorang untuk bernegosiasi dengan sukses dalam iklim bisnis yang bergejolak yang ada saat ini membuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. 

Beberapa tip untuk menjalankan seni negosiasi dengan sukses.

Tips Memenangkan Negosiasi

#1. Tunjukkan Empati 

8 Tips Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis

Cara Negosiasi bisnis yang pertama adalah Empati. Ketika kamu menegosiasikan sebuah penjualan, prospek keberhasilan akan bergantung pada beberapa aspek. Di antaranya adalah bagaimana kamu berempati terhadap masalah yang mereka miliki.

Baca: Pentingnya Empati dan Simpati Manajer Bagi Produktivitas Karyawan

Jika kamu memiliki empati, kamu akan berada dalam posisi untuk menghargai perjuangan mereka bersama dengan memvalidasi kekhawatiran mereka. 

Ketika empati diterapkan, prospek mendapatkan perasaan bahwa kamu berusaha untuk memahami mereka dan berada di pihak mereka. Untuk menjadi negosiator yang benar-benar efektif, kamu perlu memiliki pemahaman dari kedua belah pihak.

Ini akan membantu kamu menempatkan diri pada posisi untuk menyelesaikan kesepakatan. 

Dengan tidak adanya empati, kamu hanya akan membuat negosiasi yang sia-sia, apalagi jika prospek kekhawatiran belum divalidasi.

Mereka hanya akan menjadi defensif dan berhenti mendengarkan meskipun presentasi penjualan kamu mungkin efektif. 

Contoh – “Ya, saya mengerti uang itu ketat; namun, berdasarkan apa yang Bapak Anton katakan kepada saya, saya pikir penghematan dari produk kami akan memberikan dorongan bisnis yang sangat dibutuhkan Pak Anton dalam beberapa bulan…”

#2. Tips Memenangkan Negosiasi: Sesuaikan Respon

Cara negosiasi bisnis yang baik berikutnya dengan memberikan respon yang efektif. Kamu perlu mengetahui audiens kamu, membuat pertanyaan sebagai bagian dari keterampilan negosiasi yang harus kamu tanyakan kepada mereka dan apa yang mereka inginkan. 

Langkah pertama terletak pada dengan siapa kamu bernegosiasi dan apa prioritas mereka. Cari tahu bagaimana potensial konsumen yang kamu hadapi sehingga dapat berbicara dengan mereka dalam bahasa yang mereka kenali. 

Hal ini berarti kamu perlu mencari tahu bagaimana cara memperlakukan dan respon terhadap pernyataan mereka. 

Penerapan pendekatan akan membantu mempermudah proses negosiasi setelah kamu mengetahui dengan siapa kamu berhadapan. Tips Memenangkan Negosiasi di bawah ini bisa dicoba.

Orang-orang yang analitis, tepat dan formal umumnya pemikir dan harus diberikan banyak informasi. Orang-orang yang kompetitif, menuntut, intuitif, dan memiliki tujuan umumnya hanya membutuhkan informasi yang minim. 

Di sisi lain, calon konsumen yang sabar, santai, peduli, persuasif, mudah bergaul, ekspresif, dan hangat akan lebih menyukai diagram dan cerita. 

Sama pentingnya untuk memahami tipe potensial konsumen seperti apa dan menyesuaikan diri dengan tipe orang yang kamu negosiasikan.

#3 Dengarkan baik-baik

Alam telah memberi kita dua telinga bersama dengan satu mulut. Kedua indra ini harus digunakan dalam kehidupan pada umumnya dalam proporsi yang sama. 

Ini adalah cara terbaik untuk memahami potensial konsumen yang sedang kamu hadapi. 

Baca: Sikap Tidak Acuh untuk Menjadi Pemimpin yang Baik, Memang Iya?

Pihak lain harus ditanya apa yang mereka harapkan dari sebuah negosiasi, dan pertemuan tatap muka dapat diadakan untuk tujuan ini sebelum membahas secara spesifik. 

“Pengetahuan adalah kekuatan”, dan karenanya semakin banyak kamu berbicara, semakin banyak kamu memberi. 

Karena itu, dalam tips Memenangkan Negosiasi kamu harus diam dan mencoba melakukan kontrol. Hal tersebut akan membantu jika kamu membiarkan pihak lain yang berbicara, menanyakan sejumlah pertanyaan, mendengarkan jawaban mereka dan membuat catatan.

#4 Siapkan Mental

8 Tips Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis

Tips Memenangkan Negosiasi berikutnya dan yang paling dominan adalah mental. Hampir 55% dari apa yang ada dalam pikiran kita dimanifestasikan oleh bahasa tubuh kita. Dan oleh karena itu, media yang disukai untuk keterampilan negosiasi biasanya tatap muka. 

Dalam negosiasi, kamu perlu mengadopsi pendekatan yang benar secara mental. Jika memiliki perasaan subordinasi (membedakan jenis kelamin dan usia), akan sulit untuk menutupinya dan akan menyebabkan pengaturan nada yang salah sejak awal. 

Baca: 15 Pertanyaan Ini Penting Diajukan Demi Kesehatan Mental Pegawai dalam Perusahaanmu!

Banyak dari negosiator pemula yang menjual sesuatu kepada orang yang lebih tua dengan cara menunduk, padahal itu adalah posisi yang buruk dalam level negosiasi. 

Hal yang harus ditanamkan dalam sebuah negosiasi adalah kamu harus berpikir bahwa antara negosiator dan konsumen sama-sama saling membutuhkan. 

kamu harus menyadari apa nilai yang kamu tawarkan dan bagaimana hal itu akan membantu pihak lain. 

#5 Beri jeda saat Negosiasi

Jangan takut meminta jeda dalam negosiasi untuk mengingat kembali proses kamu untuk berpikir. Kita membutuhkan waktu untuk jeda sejenak sehingga dapat mempertimbangkannya kembali. 

Jeda memberi ruang untuk kamu mengkalibrasi ulang pikiran dan setelah itu proses negosiasi akan menjadi lebih efektif.

#6 Tips Memenangkan Negosiasi: Pahami posisi Anda dan juga kenali posisi mereka

Di tengah negosiasi, lebih mudah untuk memberikan lebih dari apa yang ingin kamu berikan. 

Keterampilan negosiasi adalah hal yang emosional, dan oleh karena itu penting untuk mempelajari dan menambah jam terbang terlebih dahulu di posisi ini. 

Dengan lebih banyak latihan dan jam terbang, kamu jadi lebih mengenali dan memahami posisi kamu dan calon konsumen potensial kamu. 

Di antara kesalahan terbesar yang dilakukan oleh negosiator adalah kegagalan untuk mengungkap posisi lawan mereka. 

Misalnya, saat menjual, jika calon pelanggan tidak bersedia membayar harga yang diminta, maka kamu hanya perlu menanyakan kepada mereka harga yang mereka bisa bayar.

Nah, di sini kebanyakan orang melewatkan poin tersebut. Mereka biasanya mengatakan ‘oke’ dan menawarkan diskon katakanlah 10%, di mana konsumen mungkin mengatakan, ‘Itu tidak cukup,’ dan kemudian penjual akan menawarkan lebih banyak. 

Setelah diberitahu oleh pihak lain, berapa yang bersedia mereka bayar, kamu akan memiliki dua posisi, dan ruang untuk negosiasi lebih lanjut.

#7 Jangan Mudah Terbawa Perasaan

Negosiasi sering gagal karena salah satu atau kedua belah pihak teralihkan oleh masalah yang bersifat pribadi dan tidak terkait dengan kesepakatan yang ada. 

Fokus dari negosiator yang sukses adalah pada pemecahan masalah, terutama fokus pada cara kesepakatan yang menghormati antara kebutuhan kedua pihak yang terlibat. 

Obsesi terhadap kepribadian negosiator lain atau mengenai isu-isu yang tidak memiliki hubungan langsung dalam membuat kesepakatan dapat menyebabkan sabotase negosiasi. 

Jika seseorang sulit untuk dihadapi atau kasar, maka kamu harus mencoba dan memahami perilaku mereka dan tidak menganggapnya secara pribadi.

#8 Tips Memenangkan Negosiasi: Bertujuan tinggi dan mengharapkan hasil yang terbaik

Cara memenangkan negosiasi dalam bisnis yang terakhir adalah optimis. Negosiator yang sukses adalah orang yang optimis. Kamu akan mendapatkan lebih banyak, hanya ketika kamu mengharapkan lebih banyak. 

Menumbuhkan ekspektasi yang besar adalah strategi yang terbukti untuk pencapaian hasil yang besar pula.. 

Penjual perlu meminta lebih dari yang mereka harapkan dan yang akan mereka terima. Negosiator melakukan lebih baik jika mereka memiliki optimisme dan tujuan yang besar.

Negosiasi melibatkan lebih dari sekadar pertanyaan terbuka. 

Ini melibatkan keterampilan negosiasi lain dalam trik penjualan juga bersama dengan beberapa prinsip penting yang akan membuat orang yang bernegosiasi mendapat manfaat yang baik, terlepas dari hal yang mereka barter. 

Keterampilan negosiasi penjualan tidak dimiliki seseorang secara alami. Mereka membutuhkan latihan berulang. 

Sementara itu, sebagian besar keterampilan negosiasi mungkin tampak seperti akal sehat. Serangkaian pengamatan menunjukkan bahwa tidak jarang orang terjebak dalam emosi sesaat dan mengabaikan naluri dasar yang mereka miliki. 

Untuk mengembangkan keterampilan negosiasi yang efektif, emosi, keberuntungan, dan keajaiban tidak memiliki tempat. Yang dibutuhkan adalah nyali besi, kecerdasan, latihan, ketekunan,  serta disiplin yang tak kenal lelah.

Itulah artikel 8 Tips Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis. Anda juga bisa mempelajari lebih lanjut kursus topik serupa dengan mengikuti kelas mandiri dari level up di sini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

2 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Randi Bouty

    Ingin memulai karier sebagai UX Writer? Artikel tentang cara menjadi UX Writer ini akan menjelaskan secara detail dan semua yang perlu kamu persiap

    Randi Bouty

    Platform sosial mediaterus berkembang dan terus menjadi ladang bagus bagi pebisnis untuk mengembangkan merek dan melakukan pemasaran. Untuk itu, pe

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X