Tips Membuat E-Learning untuk Peningkatkan Skill Critical Thinking

Salah satu tips membuat e-learning agar disukai oleh audiens adalah dengan cara memperhatikan struktur kontennya terlebih dahulu. Sebelumnya, Anda harus menentukan tema dari bahan pembelajaran tersebut agar peserta bisa fokus.

Sebuah platform pembelajaran harus mampu menjembatani antara kebutuhan masing-masing peserta dengan permintaan di dunia kerja. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuat sebuah e-learning.

Tips Membuat E-Learning agar Terlihat Menarik di Mata Audiens

Sistem pelatihan secara daring telah menjadi terobosan baru untuk meningkatkan kapasitas diri. Agar pembelajaran online tersebut menarik perhatian, Anda perlu mengenali audiens terlebih dahulu, kontennya interaktif, serta platformnya mudah diakses.

Kenali karakteristik dari audiens Anda terlebih dahulu

Tujuan dari setiap program belajar secara daring adalah terhubung dengan audiens secara langsung. Hanya saja, membangun hubungan ini akan sulit dilakukan jika Anda tidak mengetahui apa-apa tentang audiens maupun kebutuhannya.

Oleh sebab itu, tips membuat e-learning yang pertama adalah mengenali calon audiens terlebih dahulu. Selain memudahkan untuk melalukan pemetaan minat terhadap tema, Anda juga bisa mengerti kebutuhan mereka secara spesifik.

Tips membuat e-learning: Buat konten yang melatih untuk berpikir kritis

Program pembelajaran yang mampu melatih peserta untuk berpikir kritis, sangat baik dibandingkan hanya menggunakan konten biasa. Hal semacam ini secara tidak langsung melatih mereka untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari.

Kemampuan berpikir kritis saat ini telah menjadi syarat tidak tertulis yang sangat dibutuhkan oleh industri modern. Prioritas utama ketika merancang materi pembelajaran online adalah memasukkan konten yang melatih berpikir kritis.

Tips membuat e-learning: Jadikan pembelajaran secara interaktif

Tips membuat e-learning berikutnya adalah membuat suasana belajar menjadi interaktif agar tidak membosankan. Cara ini juga sangat ampuh untuk menarik minat orang lain agar mau bergabung sebagai peserta baru.

Ada cara-cara khusus untuk mengembangkan metode e-learning interaktif. Mulai dari menambahkan interaksi drag and drop sederhana, mengisi presentasi dengan visual dan animasi, serta merancang lingkungan kelas virtual yang terlihat komunikatif.

Pastikan e-learning mudah diakses

Salah satu hal penting yang paling utama adalah kemudahan soal akses terhadap platform e-learning tersebut. Hal tersebut patut menjadi perhatian karena berpengaruh terhadap kredibilitas pemilik materi, sekaligus kenyamanan dari peserta.

Jika mudah diakses, peserta merasa bahwa sistem pembelajaran tersebut bisa memenuhi kebutuhannya. Namun jika aksebilitasnya sulit dilakukan, bukan tidak mungkin akan segera meninggalkan platform tersebut karena tidak bisa dibuka.

Kelebihan E-Learning Dibandingkan Pembelajaran Konvensional

Ada beberapa tips membuat e-learning agar hasilnya maksimal dengan cara mengetahui kelebihannya terlebih dahulu. Dibandingkan metode konvensional, belajar online sangat fleksibel dari segi waktu dan mudah diakses dari mana saja.

Fleksibel dari segi waktu

Fleksibilitas merupakan salah satu keunggulan dari sistem pembelajaran secara daring. Seperti model e-learning misalnya, peserta bisa mengakses semua materi yang dibutuhkan kapan saja dengan cara menyesuaikan jadwal hariannya terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, tips membuat e-learning yang harus Anda perhatikan adalah melihat kemampuan peserta dalam mengalokasikan waktunya. Beri kelonggaran ketika mengakses materi dengan cara tidak membatasinya dengan deadline ketat.

Mudah diakses dari mana saja

Kelebihan lainnya dari sistem belajar secara daring adalah kemudahan akses dari mana saja. Peserta bisa mula mempelajari materi-materi pelatihan sesuai dengan kemampuannya dalam mengalokasikan waktu luang, di samping aktivitas harian.

Karena menggunakan platform online, pembelajaran tersebut bisa diakses oleh perangkat seperti ponsel, PC, hingga laptop lewat internet. Tentu hal ini sangat memudahkan peserta sehingga bisa belajar di mana saja.
Sebagai pelengkap gelar akademis

Salah satu tips membuat e-learning yang baik adalah kemampuan untuk menyajikan materi atau konten berkualitas tinggi. Bahkan jika dianggap memiliki bobot, peserta bisa menggunakannya sebagai referensi tambahan selain materi akademis.

Oleh sebab itu, memperhatikan kualitas materi dengan tema yang diangkat sangat penting untuk dilakukan. Harapannya, hasil dari pembelajaran tersebut bisa melengkapi gelar akademis lewat sertifikat kelulusan sebagai tanda menyelesaikan pembelajaran.

Ketatnya persaingan pelatihan daring di internet, membuat Anda harus pintar-pintar dalam merancang materi agar terlihat menarik. Salah satunya adalah memperhatikan kualitas materi sebagai tips membuat e-learning yang efektif dan berbobot.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

2 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X