Tips dan Trik Mempersiapkan Diri untuk Masa Pensiun

Sebagai seorang pekerja, mempersiapkan masa pensiun adalah sebuah hal krusial. Anda tentunya ingin masa tua menjadi momen berharga dan bisa memberikan ketenangan psikologis setelah bertahun-tahun bekerja.

Namun tidak jarang seseorang salah dalam memprediksi bagaimana dia menjalani waktu berharga tersebut. Akhirnya kebosanan melanda dan membuat kesehatan psikologi terdegradasi dalam waktu singkat.

Anda tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi, oleh karena itu selalu rencanakan pensiun agar lebih indah. Terdapat dua penyesuaian besar setelah berhenti bekerja, pertama pada lingkungan dan kedua psikologi.

Berhenti bekerja setelah bertahun-tahun sering membuat seseorang mengalami sense of insecurity. Artinya pribadi tersebut kesulitan menemukan pegangan dalam hidup setelah berhenti melakukan rutinitas selama ini.

Apabila dibiarkan terlalu lama untuk kesehatan otak tentu berbahaya. Merasa bosan dan tidak melakukan apapun dapat memicu terjadinya degradasi performa otak. Jadi masa tua akan menjadi sia-sia.

Selain itu masalah finansial juga terjadi karena kurangnya perencanaan hari tua. Gaya hidup berubah menjadi lebih konsumtif karena mengetahui usia sudah tidak tersisa lama. Tentu siapapun tidak ingin mengalami hal itu bukan.

Jadi akan diberikan beberapa trik agar berbagai kesulitan dan kebosanan tidak terjadi meskipun sudah tidak bekerja lagi. Anda juga bisa lebih menikmati masa tua dengan berbagai aktivitas yang positif.

Pentingnya Menyesuaikan pada Lingkungan untuk  Mempersiapkan Masa Pensiun

Hal pertama yang terlintas saat pensiun bekerja adalah menjalani liburan tanpa akhir. Namun tahukah anda, hal tersebut akan segera luntur karena liburan dapat membosankan ketika terlalu sering dilakukan.

Perlahan Anda akan menyadari adanya kebosanan dalam hidup karena tidak lagi dikejar target kerja. Lingkungan akan menjadi cukup asing karena perubahan secara mendadak tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu menyesuaikan kembali dengan lingkungan hidup. Buat komunitas pertemanan baru dengan orang-orang seusia untuk mempersiapkan masa pensiun.

Masuk dalam lingkaran pertemanan baru saat berhenti bekerja sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Karena Anda tidak lagi bersama dengan kolega kerja yang setiap hari berinteraksi.

Kemudian jadwal harian juga akan berubah total, kegiatan menurun drastis dan membuat hari terasa terlalu lambat. Untuk mengatasinya lakukan pengaturan jadwal baru agar tetap ada aktivitas sehari-hari.

Biasanya menjadwalkan kegiatan kecil seperti hobi atau berolahraga penting dilakukan saat pensiun. Menjaga kesehatan mental dan fisik adalah prioritas utama apabila ingin tetap sehat di masa tua.

Ingat tubuh sudah tidak muda lagi sehingga lingkungan dapat menguras banyak tenaga. Apabila masih ingin bekerja, lakukan pekerjaan sosial ringan untuk mengisi waktu luang sekaligus sebagai mental refreshing.

Cara tersebut cukup efektif agar hari tidak terasa terlalu lambat. Kemudian anggaplah interaksi sosial sebagai sebuah pekerjaan. Ini akan memberikan tantangan kecil saat membentuk circle baru.

Memang lingkungan yang berubah drastis akan menjadi batu sandungan besar saat awal masa pensiun. Jadi Anda harus lebih open minded agar lebih mudah menerima hal baru yang terjadi di sekitar.

Bucket List untuk Pensiun

Hidup tanpa melakukan pekerjaan sering membuat seseorang kehilangan arah. Oleh karena itu perlu dibuat sebuah bucket list sebagai bagian untuk mempersiapkan masa pensiun. Ini dapat menjadi set of goals di hari tua.

Bucket list dapat mencakup berbagai hal, mulai dari melakukan hal tertentu, mengunjungi tempat spesifik, hingga mencicipi makanan baru. Semua itu bebas Anda lakukan untuk menambah pengalaman baru.

Tentunya bucket list adalah deretan kegiatan yang sulit dicapai pada saat masih menjadi seorang pekerja. Setelah pensiun, Anda memiliki semua waktu yang ada di dunia ini jadi manfaatkanlah secara bijak.

Memiliki bucket list jangka panjang juga dapat menjadi kegiatan harian. Misalnya saja memperbaiki mobil tua yang Anda miliki. Tentu hal tersebut tidak bisa diselesaikan dalam waktu satu hari saja.

Jadi dengan tujuan seperti itu Anda bisa memiliki kegiatan setiap hari. Fokus utama ketika mempersiapkan masa pensiun adalah tidak merasakan kebosanan. Karena bagi otak tua, kebosanan dapat menimbulkan berbagai masalah.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah memiliki fleksibilitas dalam kegiatan sehari-hari. Jangan terlalu terpaku pada jadwal harian, lakukan hal lain agar tidak terlalu monoton dan membuat otak bosan.

Untuk pikiran tua, fleksibilitas terhadap segala sesuatu adalah keharusan. Karena dengan adanya fleksibilitas Anda bisa membuka berbagai potensi yang tidak terpikirkan pada saat masih aktif bekerja.

Anda bahkan bisa menemukan hobi baru dengan membuka pikiran secara lebih luas. Jadi dengan mempersiapkan masa pensiun secara baik Anda bisa merasakan momen berharga terakhir dalam hidup.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Cara membangun emotional intelligence adalah pengetahuan wajib. Ini sangat penting baik ketika diterapkan di dunia kerja maupun dalam kehidupan seh

Codemi Publication

Pelamar baru harus paham apa itu proses screening calon karyawan ketika hendak melamar pekerjaan pada suatu perusahaan. Tindakan ini merupakan sele