Tips dan Trik Komunikasi saat Bekerja Remote

Tips menjalankan komunikasi saat bekerja remote dibutuhkan oleh beberapa profesi yang terlibat dalam tanggung jawab tim. Komunikasi dua arah adalah hal paling dibutuhkan untuk menjamin langgengnya suatu perusahaan menjalankan berbagai operasional komersial.

Efektivitas komunikasi dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini dibutuhkan berkali lipat untuk menjamin instruksi diterima secara tepat. Beberapa negara, termasuk salah satunya Indonesia masih harus berjibaku dengan pengentasan covid-19 sehingga WFH masih berlaku.

Beruntunglah berbagai perusahaan dengan cepat mendapatkan kebijakan pemerintah terkait pekerjaan dialihkan ke rumah masing-masing. Di tengah gentingnya situasi, roda perekonomian memang tidak boleh begitu saja diabaikan sebab kerugian bisa merembet luas.

Begini Caranya Supaya Komunikasi Saat Bekerja Remote yang Efektif

Sekarang sudah zamannya melek digital, bagi perusahaan yang enggan mengikuti perkembangan teknologi sebaiknya berpikir ulang. Adaptasi dari sekarang jika tidak ingin bernasib seperti perusahaan handphone ternama yang dulu merajai pasar dunia.

Kami merangkum beberapa strategi untuk membangun komunikasi efektif ketika pekerjaan wajib dilakukan remote, diantaranya:

Transparan

Utamakan transparansi dalam hal apapun selama bukan rahasia yang hanya boleh diketahui atasan. Setidaknya paling dasar adalah transparansi gaji per bulan para karyawan. Keterbukaan potongan dan nilai tunjangan harus dibicarakan sedetail mungkin.

Kemudian jika ada sanksi potongan upah, jelaskan detail kenapa upah tersebut terpotong. Transparansi komunikasi bekerja saat remote seperti ini sangat memudahkan para pekerja memahami setiap kebijakan perusahaan.

Miskomunikasi masalah uang sering menjadi permasalahan panjang dan panas, apalagi jika sampai menimbulkan demonstrasi. Jika pekerja sudah turun ke jalan operasional kantor tersendat dan kerugian publik juga cukup banyak seperti macet panjang.

Libatkan Karyawan

Koreksi kata-kata Anda jika pada saat rapat masih menggunakan kalimat, “Saya ingin memajukan perusahaan dengan cara…” ubah menjadi, “Kita akan memajukan perusahaan dengan cara…” Sederhana, namun bermakna dalam bagi karyawan.

Dengan adanya kata ganti orang dari saya menjadi kita, para pekerja akan lebih merasa dilibatkan dan menjadi bagian dari perusahaan tempatnya bekerja. Kedekatan secara emosional sangat penting demi mencapai efektivitas komunikasi saat bekerja remote di mana saja.

Kekuatan pengubahan kata ganti orang merupakan support mendalam bagi para pekerja karena tidak dianggap sebagai orang luar. Untuk memajukan perusahaan, peranan karyawan dirangkul erat atasan guna memberikan keuntungan bagi seluruh pihak.

Gunakan App yang Simple

Sekarang sudah zamannya serba teknologi, maka dari itu bekerja dari rumah juga bukan masalah berarti. Ketika harus menghadapi WFH, demi menjalin komunikasi efektif maka gunakan satu app atau tools paling sederhana, namun menopang kegiatan kantor.

Semakin mudah app dioperasikan maka semakin banyak orang memberikan kinerja maksimal. Jika app terlalu sulit bukannya bekerja, justru sibuk mencari tahu cara mengoperasikannya terlebih dahulu.

Menyepakati akan menggunakan app apa untuk komunikasi saat bekerja remote adalah langkah awal efektif guna melihat tanggapan karyawan seperti apa. Bagi pihak yang gagap teknologi bisa mendapatkan arahan terlebih dahulu supaya pekerjaan terlaksana lancar.

Konsisten Atur Nada

Atur nada dan etika berbicara secara konsisten ketika harus berkomunikasi online atau offline. Dengan ini, karyawan tahu penekanan dari setiap perkataan Anda, apakah urgensinya tinggi atau bisa dikerjakan sesuai deadline serta tidak terlalu mendesak.

Melalui nada bicara konsisten juga, para pekerja tahu kapan saatnya ditegur dan harus memperbaiki kinerja. Pendekatan dengan para pekerja memang penting, namun juga jangan sembarang menerapkan komunikasi saat bekerja remote.

Terutamasampai bawahan menjadi kurang sopan. Antara berani berpendapat dengan sikap tidak sopan adalah dua hal berbeda. HR juga harus pandai dalam membuat batasan ini.

Beri Instruksi Jelas

Buat penjelasan sedetail mungkin, tidak perlu menggunakan kata-kata rumit atau tidak biasa untuk dipuji karyawan. Gunakan bahasa dan istilah yang mudah dimengerti supaya karyawan baru juga tidak merasa terasingkan karena minder tertinggal jauh dalam dunia pekerjaan.

Dalam lingkup tempat kerja, akan bermunculan orang dari berbagai latar belakang pengalaman atau non pengalaman. Untuk yang berpengalaman, dari segi pendidikannya saja sudah beragam. Penting sekali untuk tidak menciptakan kubu dalam pergaulan perusahaan.

Berbaur dan tidak memilih salah satu karyawan untuk menghindari anggapan tidak baik dari karyawan lain. Lebih dekat dengan seluruh karyawan akan memudahkan tercapainya efektivitas komunikasi saat bekerja remote secara lebih maksimal.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Meskipun pertumbuhan penduduk sangat besar, ternyata tidak dibarengi dengan pertumbuhan afeksi, banyak orang merasa selalu kesepian meskipun sedang

Codemi Publication

Bagaimana cara mengimplementasikan Kaizen 5s untuk para karyawan? Pertanyaan tersebut barangkali membuat Anda penasaran karena konsep 5s diadopsi d