Tips dan Trik Agar Tetap Fokus Bekerja Dari Rumah

Bekerja dari rumah (WFH) menjadi kegiatan lumrah yang dilakukan oleh para pekerja selama masa pandemi Covid-19, demi mematuhi protokol kesehatan. Berbagai upaya dilakukan supaya tetap produktif dan mampu mengerjakan pekerjaan seperti biasanya, meskipun lokasinya tidak berada di kantor.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari katadata menyatakan bahwa para pekerja sudah mulai aktif menerapkan bekerja dari rumah sejak bulan Juni tahun 2021 dan menyentuh persentase hingga 39,09 persen. Hal tersebut menandakan bahwa para pekerja mulai beradaptasi bekerja secara remote

Tantangan Saat Bekerja di Rumah

Mungkin pada awalnya Anda berpikir bahwa bekerja dari rumah menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan, karena tidak harus merasakan kemacetan di jalan sekaligus irit biaya transportasi. Namun, nyatanya, proses WFH (work from home) memiliki tantangan tersendiri saat dilakukan.

  1. Komunikasi dan Informasi

Dikutip dari suarasurabaya, bahwa hasil survei dari Engine Insight menyatakan bahwa hampir 90 persen para pekerja yang berasal dari kalangan generasi-Z, yakni orang-orang yang lahir di antara tahun 1995-2010 mengalami kesulitan dari segi komunikasi dan informasi.

Meskipun sebenarnya bekerja dari rumah mengandalkan media internet untuk melakukan kegiatan secara online, akan tetapi para generasi-Z justru merasakan kesulitan untuk berkomunikasi secara efektif dan minimnya informasi yang diperoleh hingga mencapai angka 70 persen.

  1. Pengaturan Waktu Kerja

Jika dibandingkan saat bekerja di kantor, proses WFH rasanya mempunyai waktu yang jauh lebih fleksibel untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Faktanya, dari hasil survei World Economic Forum menyebutkan bahwa adanya peningkatan jam kerja hingga mencapai 48,5 menit.

Tidak hanya itu, fleksibilitas waktu saat bekerja dari rumah justru lebih lama jika dibandingkan bekerja di kantor, pengiriman tugas ke email lebih intens, serta sering melakukan proses meeting (rapat), akan tetapi waktu kegiatannya cukup singkat.

  1. Rasa Kesepian

Bekerja dari rumah ternyata mampu memicu rasa kesepian dan mempengaruhi produktivitas seseorang saat bekerja. Dilansir dari bbc.com menyatakan terdapat hasil survei dari agensi developer merek berbasis online pada tahun 2019 terkait rasa kesepian menjadi penghambat hingga 19%.

Hal ini dipengaruhi oleh keterbatasan dalam bertemu dengan kolega dan teman kantor, sehingga memaksa para pekerja untuk terbiasa bekerja secara individu.

Keunggulan Kerja di Rumah

Meskipun banyak tantangan dalam proses WFH, akan tetapi terdapat berbagai keunggulan yang bisa Anda rasakan, sehingga dapat bekerja dengan baik tanpa meninggalkan rumah. Lalu, apa sajakah keunggulan yang ditawarkan saat bekerja secara WFH?

  1. Kebebasan Pengaturan Jam Kerja

Keunggulan bekerja secara WFH adalah fleksibilitas dalam mengatur waktu. Jika saat di kantor Anda harus datang dari pukul 08.00-16.00, sedangkan WFH memberikan kebebasan tanpa terikat waktu. Bisa saja Anda mulai mengerjakan tugas pukul 10.00 pagi dan selesai pukul 20.00 malam.

  1. Hemat Biaya dan Tenaga

Permasalahan umum yang paling dirasakan oleh para pekerja saat bekerja di kantor mengenai biaya transportasi dan tenaga. Jarak kantor yang jauh menjadikan para pekerja harus menyiapkan biaya ekstra untuk mengisi bahan bakar kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum.

Tidak hanya itu, rutinitas untuk menuju ke kantor, biasanya tidak terlepas dari macet, sehingga menghabiskan banyak energi. Dengan bekerja secara WFH, Anda benar-benar dapat memangkas biaya pengeluaran dan tidak menggunakan tenaga berlebih untuk menuju kantor.

Anda bisa mengerjakan pekerjaan di ruang tamu, kamar tidur, hingga teras rumah, sesuai dengan kenyamanan Anda saat bekerja. Hal inilah yang menjadikan WFH mempunyai nilai positif oleh para pekerja.

  1. Minim Distraksi Lingkungan

Meskipun tidak menutup kemungkinan adanya gangguan saat bekerja di rumah, akan tetapi setidaknya bisa meminimalisir dibandingkan saat bekerja di kantor. Tidak hanya suara saja, bisa saja dari suhu ruangan kantor yang terlalu panas atau dingin hingga mendengar obrolan pekerja lainnya.

Sedangkan di rumah cenderung lebih tenang, terlebih lagi jika ingin suasana lebih hening, Anda bisa mengerjakan pekerjaan di kamar pribadi atau ruang kantor, sehingga mengurangi distraksi dari orang rumah yang lainnya.

Kekurangan Kerja di Rumah

Melaksanakan aktivitas bekerja dari rumah juga mempunyai kekurangan bagi para pekerja, sehingga Anda harus menyiasatinya supaya tidak mempengaruhi produktivitas saat bekerja nantinya. Berikut daftar terkait kekurangan apa saat melakukan WFH.

  1. Suasana Lingkungan Santai

Bekerja di kantor menjadikan para pekerja lebih produktif karena suasananya mendorong untuk menyelesaikan pekerjaan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan. Bahkan, jadwal bekerja hingga pulang pun terdapat aturan yang wajib dipatuhi.

Hal ini berbeda jika bekerja WFH. Lingkungan yang cenderung lebih santai, menjadikan pekerjaan ikut terbawa dengan suasana, sehingga tidak merasa ada tuntutan dan tantangan dalam menyelesaikan tugas-tugas. Alhasil? Rasa malas pun dapat muncul dan menghambat pekerjaan.

  1. Jam Kerja Terlalu Fleksibel

Tidak ada batasan waktu penyelesaian pekerjaan saat melakukan WFH. Anda mempunyai kendali penuh untuk mengatur kapan akan memulai dan menyelesaikan pekerjaan. Jika tidak pandai dalam hal time management, maka yang terjadi adalah tugas Anda diselesaikan melebihi batas deadline.

  1. Terhambatnya Komunikasi

Komunikasi secara online memang memudahkan interaksi jarak jauh. Namun, ternyata, tidak semua komunikasi dengan cara ini memperlancar pertukaran informasi. Banyak sekali hambatan yang dialami selama proses WFH berlangsung, misalnya saja seperti koneksi internet tidak stabil.

  1. Penggunaan Daya Listrik dan Internet

Memang, Anda tidak akan mengeluarkan biaya untuk transportasi dan bisa menghemat tenaga karena bisa bekerja di rumah. Namun, biaya Anda lebih dialokasikan untuk penggunaan daya listrik dan internet. Tanpa dua hal ini, proses WFH tidak akan berjalan dengan lancar.

Tips dan Trik Fokus Kerja

Setelah Anda memahami keunggulan dan kekurangan dari bekerja dari rumah, pastinya ingin mengoptimalkan kualitas kerja supaya tetap maksimal, bukan? Supaya hal tersebut tercapai, terdapat tips dan trik yang dapat Anda terapkan supaya tetap fokus dan produktif selama bekerja.

  1. Mengatur Jam Kerja

Tentukan jam produktif Anda selama melakukan Anda. Misalkan, targetkan dalam sehari bekerja antara 8-9 jam, pekerjaan dimulai dari pukul 08.00-17.00. Lewat dari jam tersebut, disiplinkan diri Anda untuk tidak mengerjakan pekerjaan lainnya dan lanjutkan pada keesokan harinya.

Hal ini berguna supaya Anda dapat memanfaatkan waktu tanpa merasa keteteran. Fleksibilitas jam kerja yang berlebihan bisa memberikan efek burnout, dan hal tersebut tidak baik untuk Anda.

  1. Refreshing

Tentunya Anda akan merasa penat jika saat WFH hanya memandang layar komputer saja. Maka dari itu, lakukan refreshing supaya dapat mengembalikan mood Anda untuk menyelesaikan tugas. Mulai dari bermain dengan hewan peliharaan, hingga mendengarkan musik favorit.

  1. Jaga Komunikasi

WFH identik dengan kesan terisolasi dari lingkungan sosial karena keterbatasan untuk berinteraksi secara langsung. Namun, untuk tetap memperlancar proses bersosialisasi, khususnya dengan rekan kerja, pastikan untuk tetap menjaga komunikasi secara intens, meskipun secara online.

  1. Jaga Kesehatan Fisik 

Men Sana In Corpore Sano atau dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan fisik, termasuk kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar anda bekerja agar tetap fokus dan tidak gampang lelah, lakukan olahraga singkat seperti lari atau senam pagi, dan pastikan lingkungan bekerja Anda sudah bersih dan sehat.

Bekerja dari rumah menjadi rutinitas baru bagi sebagian para pekerja saat ini. Namun, terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, WFH menjadi upaya terbaik untuk tetap bisa bekerja mencari pundi uang secara online sekaligus mencegah penyebaran virus covid-19 semakin meluas di masyarakat. Coba terapkan tips dan trik diatas untuk menjaga performa dan fokus anda ketika bekerja.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Faizatur Rachmadanti

Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak sekali cara menjalani hidup termasuk bekerja. Banyak pekerjaan yang sebelumnya mengharuskan karyawan ke kant

Faizatur Rachmadanti

Baik buruk performansi kerja ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah Job Burnout atau yang sering dikenal sebagai Burnout. Walaupun t