Tips dan Trick Menjaga Kepuasan Kerja Karyawan.

Menjaga kepuasan kerja karyawan merupakan suatu pekerjaan wajib bagi setiap perusahaan. Karyawan merupakan sumber daya manusia yang menjadi ujung tombak kesuksesan perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnis. 

Tanpa sumber daya manusia ini, mustahil rasanya sebuah bisnis bisa berkembang dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, diperlukan adanya divisi khusus yang menangani manajemen sumber daya manusia atau personalia.

Kepuasan karyawan sendiri bisa diartikan sebagai tingkat kebahagiaan yang dirasakan terhadap pekerjaannya. Ada beberapa hal yang menyebabkan staff Anda merasa tidak puas dengan perusahaan. Misalnya jumlah gaji terlalu rendah.

Atau kurangnya potensi jenjang karir yang mana mau tidak mau karyawan tetap dengan posisinya saat ini tanpa adanya promosi, serta berbagai alasan lainnya. Agar kepuasan SDM perusahaan tetap terjaga, terapkan cara-cara berikut. 

Menjaga Kepuasan Kerja Karyawan dengan Menyediakan Lingkungan Positif

Lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang paling berperan dalam mempengaruhi karyawan saat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Suasana di area kantor berdampak pada produktivitas kinerja para staff.

Suasana ruangan yang tenang mampu membuat orang-orang di perusahaan lebih fokus dengan pekerjaannya. Sirkulasi udara hingga pencahayaan juga mempengaruhi suasana dan atmosfer tempat kerja. Menyediakan lingkungan kerja yang nyaman tidak bisa ditawar. 

Kebersihan ruangan hingga suhu udara di dalamnya juga menentukan seberapa nyaman kantor tersebut. Semakin nyaman ruangannya, maka anggota tim Anda dapat fokus pada pekerjaan dan memberikan hasil pekerjaan terbaik.

Kualitas lingkungan pekerjaan bukan hanya bersifat struktur fisik ruangan saja, akan tetapi lebih luas dari itu. Lingkungan kerja juga mencakup hubungan interaksi sosial antar staff serta semua elemen yang terlibat di perusahaan.

Untuk menciptakan lingkungan kerja positif bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya menjaga komunikasi tetap terbuka, membangun hubungan kerja yang baik, hingga memberikan perlakuan sama antara satu karyawan dengan lainnya.

Memberikan Umpan Balik kepada Karyawan

Cara lain untuk menjaga kepuasan kerja karyawan ialah dengan memberikan umpan balik atau feedback secara berkelanjutan. Semua orang di perusahaan melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan yang sama sebagai satu kesatuan organisasi.

Maka, umpan balik sangat diperlukan oleh para staff sebagai tanggapan atas kinerja mereka selama ini. Memberikan umpan balik membuat staff memahami bagaimana performa mereka dalam pekerjaan berdasarkan penilaian perusahaan.

Dengan begitu, semua pihak dapat mengadakan evaluasi kerja. Jika memang performanya belum maksimal dapat ditingkatkan lagi. Umpan balik membuat para staff lebih yakin dengan keputusan serta pekerjaannya. 

Dampak dari pemberian umpan balik di kantor sangat besar. Anda akan melihat para staff lebih percaya diri dalam mengerjakan setiap tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Ini akan menumbuhkan kepuasan kerja. 

Meningkatkan Keterampilan Melalui Kegiatan Training

Pembelajaran serta pelatihan yang diberikan oleh perusahaan dapat menjaga kepuasan kerja karyawan. Semua orang perlu meningkatkan keterampilannya baik dalam hal teknis maupun non teknis. Akan tetapi, terkadang kesempatan tersebut tidak kunjung datang.

Itu akibat dari banyaknya pekerjaan yang perlu diselesaikan di kantor, sehingga karyawan tidak mempunyai cukup waktu dan energi untuk mengembangkan skill yang dimilikinya. Personal development adalah salah satu tanggung jawab perusahaan.

Dengan mengatur pengembangan personalia, ini berarti perusahaan memenuhi tanggung jawabnya atas anggotanya. Karyawan dengan skill yang berkembang akan menunjang karir mereka dalam pekerjaan. 

Sehingga ini menjadi motivasi serta membangkitkan kepuasan kerja. Di samping itu, keterampilan tersebut juga dapat meningkatkan efisiensi serta kualitas kerja para staff. Sehingga performa perusahaan secara keseluruhan juga meningkat. 

Memperhatikan Work Life Balance untuk Menjaga Kepuasan Kerja

Work life balance atau keseimbangan kehidupan pekerjaan adalah hal yang dapat menjaga kepuasan kerja karyawan. Ini membuat semua staff mencapai kepuasan kerja. Perusahaan dapat menginisiasi program work life balance sebagai dukungan bagi para karyawan.

Program tersebut bisa dilakukan melalui banyak cara, misalnya melibatkan karyawan dalam aktivitas komunitas hingga kerelawanan. Bisa juga dengan cara memberikan fleksibilitas jadwal dimana mereka bisa melakukan pekerjaan dari rumah sekali waktu. 

Mengadakan acara outing atau liburan bersama hingga memberi cuti tambahan juga dapat membuat para staff lebih puas. Ini perlu Anda pertimbangkan dengan matang untuk mempertahankan SDM di perusahaan.

Pekerjaan membuat seseorang bisa bertahan dan terus melangsungkan hidupnya. Perusahaan sebagai organisasi yang menaungi para staff perlu memperhatikan SDM dengan cara menjaga kepuasan kerja karyawan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Mengamati perusahaan besar, pasti ada kebijakan bahwa karyawan harus diberikan pelatihan. Baik kepada karyawan yang baru saja selesai mengikuti sel

    Codemi Publication

    Bagi seorang pemilik bisnis, tentunya harus memahami bagaimana mengelola karyawan milenial di era teknologi digital ini. Mengingat saat ini generas