Tips dan Trick Membuat Online Meeting/Webinar yang Menarik

Melaksanakan kegiatan zoom meeting online hampir dilakukan setiap hari di masa pandemi seperti sekarang. Padahal mengikuti meeting atau webinar secara online jauh lebih membosankan daripada ikut acaranya secara langsung.

Bayangkan saja dalam beberapa jam harus fokus pada layar baik android, laptop dan komputer. Apalagi jika Anda berada dekat dengan kasur atau sofa empuk pasti ada godaan untuk rebahan.

Hal ini membuat para peserta kesulitan untuk fokus pada apa yang disampaikan karena berbagai penyebab dan alasan. Maka sebagai penyelenggara meeting/webinar online harus lebih kreatif dalam menyampaikan materi.

Mengingat bukan sekedar bagaimana acara tersebut dapat dilaksanakan namun apakah bisa diterima dengan baik atau tidak. Pelajari tips dan trik yang bisa membuat meeting/webinar online lebih seru serta tidak membosankan.

Meeting atau Webinar Online Lebih Menarik dengan Tips dan Trick Berikut

Membuat zoom meeting online menjadi lebih hidup sehingga para peserta antusias mendengarkan sangatlah penting. Coba gunakan beberapa tips dan trick berikut ini agar acara yang dibuat bisa sukses. 

Mengenali siapa audiensnya

Sebelum mempersiapkan webinar sangat penting mengenali siapa audiensnya sehingga bisa menyiapkan materi. Dengan materi yang menarik membuat audiens mau mendengarkan dan mengikuti setiap pemaparan materinya.

Lakukan identifikasi seperti melihat usia, jenis kelamin, pendidikan, status sosial dan banyak hal lainnya. Karena tidak mungkin materi yang diberikan untuk anak-anak TK sama dengan para pekerja kantoran.

Siapkan judul dan topik menarik

Meskipun peserta meeting sudah mengetahui garis besar apa yang akan disampaikan. Namun sebaiknya tetap pertimbangkan untuk membuat judul dan topik yang lebih menarik agar menimbulkan rasa penasaran.

Semakin penasaran dengan apa yang akan disampaikan membuat peserta menjadi sukarela dan senang hati mengikutinya. Jangan membuat pembahasan yang melenceng jauh dari judul agar peserta tidak merasa kecewa.

Pilih waktu secara tepat

Tips dan trik agar zoom meeting online lebih menarik adalah dengan menentukan waktu secara tepat. Jangan sampai Anda sembarangan memilih waktu misalnya jam 16.00 disaat semua orang sudah lelah.

Lebih baik jika meeting secara online ini dilakukan pada pagi hari saja disaat peserta masih bersemangat. Sehingga materi yang disampaikan mau didengarkan dan hindari memilih jam-jam ngantuk.

Interaktif dengan para peserta

Cara agar meeting berjalan lancar adalah memberikan kesempatan agar ada interaktif dengan para peserta. Sehingga bukan sekedar mendengarkan saja namun ada interaksi antara penyampai materi dengan peserta.

Beberapa Game yang Bisa Membuat Meeting Yang Menarik Secara

Sebagian besar para peserta zoom meeting online akan merasa bosan jika terus menerus serius pada materinya. Sehingga perlu adanya selingan seperti melakukan game disela-sela break dan harus diikuti semua peserta.

Membuat 10 pertanyaan

Game ini sangat mudah dimana Anda hanya perlu membuat minimal 10 pertanyaan kemudian dilempar ke peserta. Kalau mau lebih seru pertanyaan juga bisa dibuat oleh peserta kemudian saling lempar.

Jangan membuat pertanyaan serius karena game ini selingan seperti “pengalaman paling bodoh yang pernah dilakukan”. Semakin unik pertanyaan makin seru juga jawaban yang diberikan sehingga terasa hidup.

Trivia quiz

Bagi Anda yang belum pernah mendengar tentang Trivia Quiz yaitu pertanyaan tentang pengetahuan umum. Bisa seputar film, politik dan lainnya dimana peserta harus menjawab serta jangan lupa siapkan hadiahnya.

Tebak gambar

Game selanjutnya yaitu tebak gambar dengan memanfaatkan fitur screen dimulai dari potongan hidung misalnya. Anda bisa membuka sedikit demi sedikit potongan gambarnya agar membuat peserta kesulitan menebaknya.

Tebak kata

Anda bisa juga mengajak para peserta zoom meeting online untuk menebak kata dari gerakan tubuh. Syaratnya pencahayaan harus terang dan semua gerakan tubuh bisa dilihat dengan jelas sehingga bisa ditebak.

Tebak omongan

Memainkan game ini sangat mudah namun seru, pertama pastikan video dalam keadaan mute. Kemudian minta peserta untuk menebak kata yang Anda ucapkan entah judul lagu, buah atau lainnya.

Tebak lagu

Terakhir adalah tebak lagu dimana cara bermainnya sebutkan lirik lagu tanpa nada dan tanpa musik. Setiap peserta yang berhasil menebak ada skornya kemudian diketahui di akhir permainan siapa pemenangnya.

Meeting atau webinar secara online saat ini menjadi bagian penting baik dunia usaha maupun dunia pendidikan. Sangat penting mengemas zoom meeting online menjadi lebih menarik dengan game dan trik khusus.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

3 Comments

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,