Course Review: The Power of Excellent Execution

Pada pembahasan kali ini, kita akan memahami The Power of Excellent Execution bersama Coach Jay, hanya di Codemi Learning Hub.

Kembali lagi dengan saya coach Jay, yang mana dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengimplementasikan dan juga mengeksekusi sebuah rencana, hingga nantinya menjadi sebuah goals maupun target.

Dimana materi ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencapai ataupun melampaui target dan goals yang telah ditentukan sebelumnya, serta bagi Anda yang kini tengah memiliki sebuah project. Materi yang akan kita bahas kali ini terdiri dari 4 excellent, yang meliputi:

  • Excellent 1: Selecting high priority goals and target
  • Excellent 2: Establish key measurement index
  • Excellent 3: Create Achievement scoreboard
  • Excellent 4: Develop monitoring system

Sebelum kita membahas lebih jauh, izinkan saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama lengkap saya yaitu Jazak Yus Afriansyah. Saya adalah seorang coach, trainer, author, serta senior trainer di RIS Consulting.

Dalam bidang profesional, saya telah berkecimpung di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga bidang lainnya selama 25 tahun. Dimana dalam kurun waktu tersebut, saya bekerja di bidang sales dan marketing selama 8 tahun, serta bidang learning and development yang saya jalani hingga 17 tahun lamanya.

Untuk Kelas Lainnya Anda Dapat Mengakses Codemi Learning Hub disini

Bukan hanya itu saja, selama menggeluti karir profesional saya tersebut, sedikitnya saya telah mengumpulkan sekitar 13 sertifikat training untuk level internasional. Sementara di waktu luang, saya menyempatkan diri menjadi penulis untuk beberapa buku seri, yang terdiri dari 10 buku, serta menjadi kontributor di KOMPAS.com, SWA.id, dan juga Koran Tempo.

Di bidang pengembangan SDM, materi yang saya bahas antara lain mengenai kemampuan sales dan marketing (sales and marketing skill), kemampuan dalam memimpin dan me-manage individu (managerial and leadership skill), kemampuan dalam me-manage stress (stress management skill), dan sejumlah materi lainnya, selain materi yang akan saya bahas kali ini, yang tak lain adalah materi mengenai the power of excellent execution.

Module 1: Selecting High Priority Goals and Target

Jika berbicara mengenai The Power of Excellent Execution ini, kita tidak bisa terlepas dari istilah goals dan juga target. Mengenai hal ini, Anda juga pastinya telah mengetahui mengenai apa itu goals dan juga target ini.

Dimana goals ini diartikan sebagai sebuah akhir, yang mana seluruh upaya telah diarahkan sebelumnya. Sedangkan yang dimaksud dengan target-target adalah sejumlah mimpi dan keinginan. Lalu bagaimana dengan target secara umum? Target merupakan sesuatu yang lebih spesifik. Misalnya dalam bidang penjualan, maka targetnya bisa berupa penjualan dengan nominal tertentu, maupun dengan persentase tertentu.

Target dan goals untuk setiap perusahaan tentunya akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu memilih mana saja target dan goals yang menjadi prioritas Anda, agar nantinya bisa menjadi excellent (unggul, bagus).

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Tentunya agar bisa menjadi jangkar bagi kita. Adapun tujuan membuat sebuah target yaitu untuk memberikan sesuatu, dari apa yang telah Anda raih sebelumnya. Baik itu dalam kehidupan, maupun untuk karir Anda.

Adapun target ini terdiri dari 3 kategori. Antara lain:

  • Target jangka panjang. Misalnya untuk 10 tahun, 5 tahun, maupun 1 tahun
  • Target jangka pendek. Misalnya 9 bulan, 6 bulan, dan 3 bulan
  • Target sehari. Misalnya 1 hingga 30 hari dari sekarang

Berbicara mengenai proses dalam memprioritaskan goals dan target ini, Jim Collins dalam bukunya yang berjudul “Good is the Enemy of Great” menyebutkan bahwa bagus saja tidak cukup untuk bisa dikatakan hebat.

Untuk Kelas Lainnya Anda Dapat Mengakses Codemi Learning Hub disini

Lebih jauh lagi, beliau juga menyebutkan bahwa jumlah target yang Anda miliki yaitu sekitar 1 hingga 3 target, maka target yang mungkin tercapai bisa mencapai 1 hingga 3 target. Sementara jika target yang Anda miliki sebanyak 4 hingga 10 target, maka besar kemungkinan, target yang bisa dicapai hanya sekitar 1 maupun 2 target saja. Sementara jika Anda memiliki target lebih dari 10, misalnya antara 11 hingga 20 target, maka kemungkinan target yang bisa dicapai adalah nol (0).

Bukan hanya itu saja, untuk memilih target prioritas ini tak lain dengan melihat kondisi saat ini dan juga kondisi yang diharapkan di masa mendatang. Khusus untuk yang terakhir, Anda perlu memilih target yang signifikan, yang memiliki dampak yang bisa berpengaruh besar pada perusahaan/bisnis.

Salah satu contohnya yaitu target pemasaran (market share) yang mana sebelumnya hanya sekitar 20%. Kemudian perusahaan tersebut membuat sebuah target untuk meningkatkan pemasaran (market share) tersebut menjadi sekitar 50%.

Module 2: Establish Key Measurement Index

Setelah kita membahas mengenai excellent 1 pada kelas The Power of Excellent Execution yaitu menetapkan target dan goal prioritas, maka dalam modul ke-2 ini kita akan membahas mengenai indeks pengukuran kunci (establish key measurement index). 

Mengapa harus diukur? Karena dengan melakukan pengukuran tersebut, kita bisa mencapai target, atau bila memungkinkan, kita bisa melampaui target tersebut. Adapun langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam proses pengukuran kunci ini antara lain:

  • Proses lagging. Tujuannya yaitu untuk memberikan tampilan historis pada kinerja masa lalu
  • Proses leading. Tujuannya yaitu untuk memberikan indikator, yang dilakukan untuk memprediksi hasil di masa depan, serta
  • Proses real time. Dimana dengan melakukan pengukuran real time ini, akan menunjukkan keadaan di saat ini. Bukan hanya itu saja, proses pengukuran real time ini juga memungkinkan kita bisa melakukan tindakan korektif, bilamana ada sesuatu yang tidak diharapkan. Selain itu, proses pengukuran real time ini bisa kita ambil segera, untuk mempengaruhi hasil (mencapai/melampaui target)

Untuk lebih jelasnya, bisa kita lihat dalam contoh-contoh di bawah ini. Antara lain:

Lagging, yaitu mengukur pencapaian targetLeading, yaitu:Mengukur sesuatu yang menuju pencapaian targetSesuatu yang dapat kita pengaruhi
Menurunkan berat badan dari X menjadi Y pada 31 Desember 2013Membatasi makan max 2500 kalori per hari (diet)Lari 20 km per minggu (olahraga)
Menurunkan jumlah kecelakaan dari X menjadi Y pada 31 Desember 2013Meningkatkan kepatuhan pada 10 Standard Utama Keselamatan menjadi 95%
Meningkatkan sales dari X menjadi Y pada 31 Desember 2013Membatasi out of stocks max 10 untuk barang paling laku setiap minggu

Berbicara mengenai leading, proses ini biasanya menggunakan hukum Pareto. Dimana menurut hukum tersebut, dari 80% hasil (result) umumnya berasal dari 20% aktivitas (effort). Dimana proses leading yang kita lakukan ini hendaknya memiliki 2 karakteristik seperti berikut ini. Antara lain:

  • Bersifat prediktif (predictable), dan juga
  • Dapat dilakukan dan bisa dipengaruhi
Untuk Kelas Lainnya Anda Dapat Mengakses Codemi Learning Hub disini

Bukan hanya itu saja, dalam melakukan indeks pengukuran kunci ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Antara lain:

  • Apa yang ingin dicapai? Misalnya menurunkan berat badan dari X menjadi Y
  • Apa hasil spesifik yang ingin dicapai tahun ini? Misalnya memiliki berat badan dengan ukuran Y
  • Kapan periode target ini dimulai dan berakhir? Misalnya dari tanggal 31 Desember 2020 hingga 31 Desember 2021
  • Apa aktivitas Pareto yang memberikan dampak signifikan untuk mencapai target tahun ini? Tak lain yaitu dengan membatasi makan max 2500 kalori per hari (diet), lari 20 km per minggu (olahraga), dan mencukupi kebutuhan tidur

Module 3: Create Achievement Scoreboard

Dalam modul yang ketiga pada kelas The Power of Excellent Execution ini kita akan membahas langkah selanjutnya dalam melakukan eksekusi, yang tak lain adalah dengan membuat sebuah scoreboard (create achievement scoreboard). Dimana scoreboard ini dilakukan untuk membantu setiap orang dalam melihat, apakah yang sudah dikerjakan (kinerja) sebelumnya sudah mencapai target, atau belum.

Anda dapat mengakses lebih lengkap kelas The Power of Excellent Execution bersama Coach Jay hanya di Codemi Learning Hub.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Kezia Amalia

Salah satu profesi yang relevan pada generasi sekarang adalah posisi campaign strategist. Di era konsumerisme tingkat tinggi seperti sekarang tentu

Kezia Amalia

Apabila menginginkan posisi SEO analyst tentu saja kita membutuhkan modal kemampuan relevan. Bidang seperti ini membutuhkan kemampuan praktikal yan

Unduh Codemi Learning Hub Annual Report 2022

X