Tantangan dan Masa Depan Revolusi Industri Bagi Perusahaan

Revolusi industri membawa dampak yang sangat signifikan dalam kehidupan saat ini. Terutama pada ranah perekonomian. Kegiatan ekonomi kini telah meninggalkan cara konvensional dan beralih ke industri dan manufaktur mesin.

Bahkan, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia memasuki konsep industri 5.0. Konsep ini melahirkan robot dengan kecerdasan buatan yang mampu menandingi peran manusia. Artinya, manusia dituntut untuk terus berpikir kreatif untuk menciptakan hal-hal baru dan teknologi-teknologi baru yang berguna pada semua aspek kehidupan.

Bagi sebuah perusahaan, masa depan revolusi industri jadi tantangan tersendiri. Disebut sebagai tantangan karena mau tidak mau, perusahaan harus mulai mengikuti ritme yang ada agar tidak tergerus persaingan.

Strategi Perusahaan dalam Menyambut Masa Depan Revolusi Industri

Revolusi industri akan terus terjadi selama penemuan-penemuan baru terus berkembang. Oleh karenanya, beberapa strategi berikut dapat diterapkan untuk menghadapinya.

Perbaikan Material

Perbaikan alur barang dan material dalam industri bisa jadi cara ampuh untuk mengurangi impor bahan baku dan menghemat biaya. Dengan menerapkan perbaikan material, suatu perusahaan diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya alam Indonesia agar nilainya meningkat. Hal ini juga harus disertai dengan adopsi teknologi dalam sektor produksi dan lainnya.

Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Untuk menghadapi masa depan revolusi industri, perusahaan harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Meskipun robot dengan kecerdasan buatan telah dikembangkan dan digadang-gadang mempermudah sektor industri, namun kehadiran manusia tetap dibutuhkan. Oleh karena itu, untuk mencapai target dan mengembangkan skalanya, suatu perusahaan harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memanfaatkan teknologi.

Perluas Jangkauan Bisnis dan Tarik Minat Investor

Strategi selanjutnya untuk menghadapi masa depan revolusi industri adalah dengan memperluas jaringan bisnis dan menarik minat investor asing. Hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan produk berkualitas dan memberikan layanan yang memuaskan. Ketika kualitas perusahaan meningkat, maka besar kemungkinan untuk mendatangkan investor asing.

Perusahaan dapat meningkatkan kualitas SDM, pelayanan, hingga menyusun strategi yang tepat untuk menghadapi masa depan revolusi industri dengan platform Codemi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Seberapa pentingkah waktu sendiri bagi manusia? Maka jawabannya adalah sangat penting dan harus, mengapa demikian? Bukankah, Anda adalah makhluk so

Saat Anda tidak ingin bekerja sebenarnya bukan merupakan masalah serius, tetapi harus menjadi catatan penting sebelum semuanya menjadi lebih parah,