Rahasia HR Bisa Support Mental Health Karyawan

Bekerja dari rumah selama pandemi telah menciptakan jarak bagi banyak dari kita, tetapi itu membuat kita lebih dekat dengan teknologi. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa lingkungan kerja jarak jauh memungkinkan umat manusia untuk berkembang lebih dari sebelumnya. Sebagai Human Resource (HR), Anda harus bisa support mental health karyawan, menjaga transparansi, fleksibilitas, dan kenyamanan untuk mengelola organisasi.

Untuk memulainya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk memastikan upaya support mental health atau kesehatan mental karyawan perusahaan Anda, yaitu:

1. Mengurangi Stigma Kesehatan Mental

Pertama, mengurangi stigma. Negara maju seperti Inggris telah membuat langkah besar dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi untuk berbicara secara terbuka tentang kesehatan mental hal ini masih juga sulit di beberapa industri daripada topik lain. Hanya melalui komunikasi dan keterlibatan secara teratur dengan karyawan, perusahaan dapat menunjukkan bahwa mereka peduli dengan kesehatan mental mereka.

Berbicara tentang kesehatan mental juga memainkan peran penting dalam mengurangi stigma. Dengan memberi kesempatan karyawan untuk berbicara ketika mereka sedang berjuang melawan kegelisahan dan pikiran negatif. Contohnya, Anda dapat memulai percakapan dengan mengundang pembicara tamu untuk berbicara tentang perjalanan mereka selama berjuang dan meminta para pemimpin untuk berbagi pengalaman mereka.

2. Melatih Staff di Semua Tingkatan

Kedua, hal paling penting selain komunikasi adalah melatih karyawan di semua tingkatan. Tidak hanya memberi kesempatan berbicara, penting bagi manajer untuk mencari tanda-tanda bahwa karyawan mereka sedang berjuang. Hal ini juga dapat meminimalkan efek stres dan penyakit kesehatan mental. Perusahaan menemukan bahwa mereka tidak mendapatkan pelatihan yang mereka butuhkan untuk support mental health karyawan. Beberapa manajer mungkin takut untuk melakukan percakapan ini, karena beban kerja yang tinggi dan gaya kepemimpinan menjadi dua penyebab utama berhubungan dengan stres.

Oleh karena itu, inilah peran Human Resource (HR) dapat membantu para manajer memahami kewajiban hukum mereka terkait kesehatan dan keselamatan. Perusahaan dapat membekali mereka dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk melakukan percakapan atau pendekatan melalui komunikasi dengan cara yang benar.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Komunikasi HR

3. Dengar dan Pahamilah

Ketiga, mendengar dan memahami lebih baik. HR mendukung manajer, supervisor, dan para pemimpin untuk menjangkau setiap karyawan secara pribadi. Ini mungkin termasuk telepon atau catatan pribadi. Melalui survei Forbes, mereka mendengarkan dan menerima kesedihan serta keputusasaan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 dan mulai proaktif menjangkau dan melaksanakan seminar kesehatan mental serta program perawatan diri.

Memahami pengalaman sehari-hari karyawan dan kebutuhan kesehatan perilaku mereka akan terus berkembang seiring kita bergerak melewati pandemi. Organisasi yang tidak mau menerima perubahan atau memberikan fleksibilitas akan kehilangan karyawan jangka panjang ke perusahaan lain yang lebih bersedia bekerjasama dan memenuhi kebutuhan kesehatan fisik dan perilaku karyawan.

Baca Juga: Pertanyaan Penting Demi Kesehatan Mental Karyawan

Kesimpulannya, tidak apa-apa membicarakan kebutuhan kesehatan di tempat kerja, karena kita semua mengalaminya. Ketika kita memberi karyawan kesempatan untuk berbicara dengan seseorang tentang kesehatan mental di lingkungan kerja yang aman, ini membantu kita terkoneksi secara pribadi, membangun kepercayaan untuk tim yang lebih kuat, dan pada akhirnya menjalankan organisasi yang lebih produktif. Untuk tips dan trend, baca lebih banyak tentang HR disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Sebagai pemimpin, kemampuan membentuk program kompensasi termasuk penting, terutama telah menjadi skill yang harus dikuasai sejak dulu. Apalagi ber

Perusahaan yang mengetahui manfaat agile leadership terbilang telah dalam jalur baik. Terutama disebabkan telah menjadi teknik dan strategi kepemim

Unduh Codemi Learning Report 2021

X