Studi Kasus: PT Frisian Flag Indonesia

Gambaran Umum

Selama 100 tahun, PT Frisian Flag Indonesia menyediakan produk susu bernutrisi bagi keluarga Indonesia. Sebagai bagian dari salah satu koperasi susu terbesar di dunia, PT Frisian Flag mempekerjakan lebih dari 6.300 karyawan (FFI Employee, Agency & Sales Force di Distributor) di seluruh Indonesia. Demi mencapai objektivitas perusahaan untuk menciptakan suatu nilai dengan memproduksi, mengolah, dan memasarkan susu, PT Frisian Flag menjaga loyalitas dan kepercayaan dengan memastikan kinerja karyawannya sesuai dengan ketentuan dan standar. 

Tantangan

Sampai tahun 2019, Tim Sales PT Frisian Flag Indonesia masih melakukan pelatihan secara langsung di seluruh wilayah Indonesia. Setiap tahun perusahaan hanya dapat melakukan pelatihan dalam jumlah terbatas karena: 

  • Tim Sales tersebar di seluruh wilayah Indonesia
  • Anggaran pelatihan yang terbatas 
  • Penentuan waktu pelaksanaan perlu pertimbangan matang dan jauh-jauh hari
  • Hanya dapat mengikutsertakan Tim Sales yang menjadi prioritas untuk menjadi peserta pelatihan karena pelaksanaan terbatas waktu dan biaya

Selain aktivitas pembelajaran, beberapa tantangan juga datang dari aktivitas sales seperti:

  • Proses asesmen kualifikasi salesman dilakukan secara manual sehingga hasilnya berisiko hilang dan tidak bersifat real-time
  • Fleksibilitas pelaksanaan Monthly Work Plan (MWP) rendah karena harus menggunakan perangkat laptop sehingga kurang sesuai bagi Tim Sales FFI   dengan mobilitas tinggi 

Solusi

Pada akhir tahun 2019, manajemen PT Frisian Flag Indonesia kemudian memutuskan untuk melakukan digitalisasi pelatihan sekaligus meningkatkan sales capability melalui satu aplikasi khusus yang mudah digunakan dan fleksibel. Setelah melalui riset beberapa LMS, PT Frisian Flag akhirnya memilih bekerja sama dengan Codemi untuk mewujudkannya. 

LMS Codemi dipercaya dapat mengakomodasi kebutuhan perusahaan untuk memberikan pelatihan secara meluas dan menjangkau seluruh Tim Sales yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Tidak hanya itu, dengan mengimplementasikan metode blended learning maupun online training, frekuensi pelaksanaan pelatihan meningkat.

Melalui fitur Mission, LMS Codemi juga memenuhi kebutuhan aktivitas MWP menjadi misi-misi yang harus diselesaikan oleh Tim Sales FFI. Riwayat misi atau aktivitas MWP yang dilakukan dapat terekam sehingga termonitor secara aktual oleh atasannya Di akhir bulan, aktivitas MWP yang terekam juga dapat dilaporkan sebagai data ke Head Office. 

Kebutuhan lainnya yaitu asesmen kualifikasi salesman juga diakomodasi oleh LMS Codemi melalui fitur Qualification. Dalam fitur ini, proses asesmen kualifikasi salesman yang sebelumnya dilakukan secara manual, dapat diselesaikan menggunakan aplikasi mobile. Dengan demikian, LMS Codemi mengurangi risiko data yang hilang sekaligus mempercepat proses asesmen. 

“Codemi bisa mengakomodasi semua kebutuhan kami tanpa mengurangi kepraktisan dan fleksibilitasnya,” ungkap Edi Rahmanto, Sales Training Manager PT Frisian Flag Indonesia. 

Hasil

Sejak mengimplementasikan LMS Codemi, menurut Edi, terdapat beberapa peningkatan yang tercatat. Tantangan anggaran yang disebutkan sebelumnya mengalami efisiensi yang sangat signifikan sampai sekitar 60-70%. Nilai efisiensi yang cukup besar ini selain dikarenakan peralihan pelatihan dari offline ke online, juga didukung oleh adanya pembatasan akibat pandemi sehingga pelatihan offline sama sekali tidak dapat terlaksana.

“Pengimplementasian LMS Codemi timingnya tepat sekali sehingga kami dapat tetap memenuhi kebutuhan pelatihan walaupun sedang dalam masa pembatasan,” ujarnya. 

Begitu pula dengan waktu, terdapat peningkatan frekuensi pelatihan sebelum dan sesudah menggunakan Codemi. Hal ini memungkinkan perusahaan menjangkau lebih banyak Tim Sales untuk mengikuti pelatihan. Terbukti setelah satu tahun, pengguna aktif aplikasi Frisian Flag ACE Academy meningkat sebanyak 2400 pengguna dengan total materi sejumlah 57 Module/Materi Training

Dari segi kualitas pengetahuan Tim Sales terdapat peningkatan yang ditunjukkan dengan meningkatnya skor Monthly Online Test. Peningkatan hasil ini dapat dicapai karena tersedianya materi pembelajaran yang kini bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Sebelumnya, akses materi pembelajaran terbatas sehingga karyawan harus secara aktif mencari dan mendapatkannya. 

Kelola training tim sales anda sekarang dengan LMS Codemi. Dapatkan uji coba gratis 30 hari sekarang.  

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Gambaran Umum  Salah satu client Codemi merupakan perusahaan penyedia jasa finansial berskala internasional. Perusahaan ini sejak awal memilik

Codemi Publication

Gambaran Umum OKBank sebagai salah satu perusahaan swasta dalam bidang jasa perbankan yang berdiri semenjak tahun 1980 telah bekerja sama dengan Co