Gambaran Umum
OKBank sebagai salah satu perusahaan swasta dalam bidang jasa perbankan yang berdiri semenjak tahun 1980 telah bekerja sama dengan Codemi selama 2 tahun. Dalam mewujudkan visi untuk menjadi bank terbaik dalam memprioritaskan pelayanan prima, perusahaan ini memprioritaskan kualitas dan proses pengembangan sumber daya manusia dalam segala bidang untuk mempertahankan mutu dan pelayanan yang diberikan kepada para konsumen. Hal tersebut sejalan dalam misinya untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan serta memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan layanan terbaik.
Tantangan
Dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang kompeten, OKBank memiliki urgensi untuk menggunakan LMS karena:
- Adanya regulasi akan refreshment of knowledge terkait internal audit, management, dan hal lainnya bagi seluruh karyawan perusahaan sekali dalam kurun satu tahun
- Tiap bulannya, OKBank selalu mengadakan monthly test bagi frontliner
- Sulitnya melakukan training dan monthly test bagi seluruh karyawan yang tersebar di berbagai cabang di Indonesia
Solusi
Tiap tahunnya, tingkat kebutuhan produk dan layanan perbankan yang dibutuhkan nasabah dan persaingan yang terjadi tentu akan semakin ketat. Hal tersebut membuat OKBank memutuskan untuk bekerja sama dengan Codemi dalam menjawab tuntutan pengembangan sumber daya dalam lingkup internalnya. Fitur-fitur yang disediakan oleh Codemi dipercaya dapat mengakomodasi urgensi yang dialami oleh OKBank.
Dalam LMS Codemi, fitur quiz akan mempermudah perusahaan dalam penyelenggaraan kuis dan evaluasi secara online bagi seluruh karyawannya. LMS yang berbasis cloud memungkinkan peserta untuk mengakses kuis secara lebih fleksibel dan efisien. Monthly quiz yang diadakan tiap bulannya dalam bidang management, operation, SOP, dan lainnya menjadi jauh lebih efisien.
Sebelum pandemi, tiap tahunnya OKBank akan mengadakan pelatihan offline bagi seluruh karyawannya dalam memenuhi peraturan yang diberlakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Dalam melakukan pelatihan tersebut, perusahaan akan menganggarkan secara khusus untuk mengumpulkan seluruh karyawan dari berbagai cabang di Indonesia. Memakan biaya yang tidak sedikit, adanya LMS Codemi tentu sangat membantu perusahaan dalam mengakomodasi kebutuhan untuk memberikan pelatihan secara meluas dan menjangkau seluruh karyawan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Tanpa harus melakukan training secara konvensional, perusahaan tentu tetap dapat mempertahankan kompetensi seluruh karyawannya.
LMS Codemi memungkinkan pendistribusian materi training dan assessment secara real time yang lebih efektif dan efisien baik dari segi waktu maupun biaya. Berbagai kebutuhan untuk melakukan evaluasi ataupun pelatihan di lapangan dapat diakomodir dalam satu aplikasi secara mobile.
Hasil
Setelah 2 tahun mengimplementasi LMS Codemi, peningkatan efektifitas dan efisiensi biaya telah dialami OKBank. Hanya dalam kurun waktu tersebut, efisiensi biaya telah mencapai nilai 60% dibandingkan sebelum menggunakan LMS Codemi. Nilai tersebut dapat dicapai karena adanya pemanfaatan pelatihan dan assessment berbasis online secara optimal.
LMS Codemi turut menjawab kebutuhan perusahaan dalam menghadapi berbagai kondisi selama pandemi. Adanya pembatasan mobilitas di berbagai wilayah tentu menuntut segala aktivitas untuk sepenuhnya dilakukan secara online. Dengan berbagai fitur yang disediakan Codemi, berbagai tantangan yang dialami OKBank dapat diatasi dengan lebih efisien.
Kelola training anda sekarang dengan LMS Codemi. Dapatkan uji coba gratis 30 hari sekarang.
Can coding training be provided to companies (customers)?