Studi Kasus: Perusahaan Asuransi

Gambaran Umum 

Salah satu client Codemi merupakan perusahaan penyedia jasa finansial berskala internasional. Perusahaan ini sejak awal memiliki visi untuk menjadi pelopor jasa asuransi digital pertama dan terdepan di Indonesia. Dengan target pertumbuhan agen melebihi 10.000 setiap tahunnya ditambah dengan puluhan ribu existing agen yang sudah bergabung. Dengan kebutuhan scaling up yang meningkat dan lini bisnis yang bergerak di industri yang ketat akan regulasi, penting bagi perusahaan jasa finansial ini untuk menjaga kinerja agen agar sesuai dengan sop dan regulasi yang berlaku.

Tantangan

Sejak awal perusahaan asuransi ini memiliki visi untuk menjadi pelopor asuransi digital pertama di Indonesia yang bisa dikelola sepenuhnya secara digital. Untuk memenuhi ambisi tersebut perusahaan merasa memiliki urgensi untuk memiliki LMS dikarenakan: 

  • Jumlah agen yang banyak dan tersebar di berbagai lokasi
  • Dengan semakin meningkatnya jumlah agen, tanpa lms maka akan dibutuhkan proses scaling up dari sisi jumlah karyawan dan trainer untuk mengakomodasi pertumbuhan jumlah agen.
  • Sulitnya melakukan training secara konvensional karena background agen yang berbeda-beda, sehingga kecepatan pembelajaran sangat bervariasi. 
  • Tidak semua agen memiliki perangkat laptop, sehingga dibutuhkan LMS yang berbasis aplikasi

Solusi

Sejak 2015 perusahaan ini kemudian memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan Codemi. Dengan salah satu alasan pemilihan Codemi dikarenakan Codemi memiliki LMS yang berbasis aplikasi sehingga mudah diakses melalui gawai ponsel pribadi. 

Sejak 2020 hingga Oktober 2021 melalui Codemi perusahaan jasa finansial ini sudah melakukan training terhadap kurang lebih 18.000 agen dengan total pelatihan yang dilakukan sebanyak 68.000 course yang diselesaikan pada rentang waktu tersebut. 

LMS Codemi dipercaya dapat mengakomodasi kebutuhan perusahaan untuk memberikan pelatihan secara meluas dan menjangkau seluruh karyawan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Tidak hanya itu, dengan pengimplementasian LMS Codemi juga mampu membantu mengurangi pengeluaran finansial, tanpa harus mengurangi intensitas pelatihan.

Sebagai perusahaan dengan model bisnis yang berfokus pada keagenan, perusahaan jasa finansial ini tentunya diharuskan untuk secara konstan memberikan pelatihan kepada para agen, melalui fitur self-learning Codemi. Pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh para calon agen. 

Selain itu dengan pengimplementasian LMS, juga memungkinkan bagi perusahaan untuk secara konsisten memberikan update terkait regulasi dan perubahan industri secara konsisten untuk menjaga agar agen bisa mengerti dan tetap berjalan sesuai dengan regulasi dan standar operasi yang berlaku.

Hasil

Pengimplementasian LMS Codemi, memungkinkan bagi perusahaan ini untuk dapat memenuhi tujuan perusahaan sebagai pelopor asuransi digital di Indonesia. Selain itu pengimplementasian LMS Codemi juga mampu menghemat anggaran pembiayaan. Sebuah studi menyebutkan bahwa pelaksanaan Online Training terhadap karyawan mampu menghemat pengeluaran perusahaan hingga 60%. 

Menurut representasi perusahaan tersebut pengimplementasian LMS Codemi memungkinkan perusahaan tersebut untuk menghemat dari sisi trainer. Dimana pada perusahaan asuransi yang berskala lebih kecil sudah membutuhkan 2 admin, sementara dengan pengimplementasian LMS Codemi memungkinkan bagi perusahaan ini hanya membutuhkan 1 admin.

Implementasi LMS Codemi juga memungkinkan bagi perusahaan ini untuk secara konsisten terus melakukan proses scaling up. Dengan model bisnis yang memiliki fokus pada keagenan pertumbuhan jumlah agen tentunya selalu menjadi target. Dengan target pertumbuhan 10.000 agen setiap tahunnya pengimplementasian LMS memungkinkan agar perusahaan dapat melakukan proses scaling up. Tanpa harus mengeluarkan biaya secara signifikan, untuk biaya pelatihan. 

Kelola training agen anda sekarang dengan LMS Codemi. Dapatkan uji coba gratis 30 hari sekarang.  

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Gambaran Umum OKBank sebagai salah satu perusahaan swasta dalam bidang jasa perbankan yang berdiri semenjak tahun 1980 telah bekerja sama dengan Co

Codemi Publication

Gambaran Umum Selama 100 tahun, PT Frisian Flag Indonesia menyediakan produk susu bernutrisi bagi keluarga Indonesia. Sebagai bagian dari salah sat