Strategi Mempertahankan SDM Terkait Masalah Gaji

Ada beberapa strategi mempertahankan SDM yang perlu diketahui terkait masalah gaji. Banyak hal terkait gaji yang membuat beberapa karyawan memutuskan untuk pindah bekerja ke perusahaan lain.

Salah satunya seperti upah yang diberikan perusahaan mereka saat ini terlalu rendah, tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup mereka. Akhirnya mereka memutuskan untuk lebih memilih pindah bekerja ke perusahaan lain.

Maka dari itu, Anda harus memiliki strategi khusus terkait permasalahan ini. Untuk bisa mempertahankan Sumber Daya Manusia di perusahaan Anda, terutama para karyawan dengan skill tinggi dan kualitas terbaik.

Strategi Mempertahankan SDM Terkait Gaji

Strategi Mempertahankan SDM Terkait Masalah Gaji

Seperti telah dibahas sebelumnya, terkadang permasalahan ini memang bisa mempengaruhi para karyawan. Berikut ini ada beberapa strategi khusus untuk mempertahankan Sumber Daya Manusia terkait masalah tersebut, antara lain seperti:

1. Perhatikan UMR

Strategi mempertahankan SDM pertama terkait dengan masalah gaji adalah dengan memperhatikan UMR yang ditetapkan pemerintah. Sebab setiap tahunnya UMR akan selalu berubah berdasarkan kenaikan biaya hidup di tiap wilayah.

Baca: Menentukan Gaji dan Tunjangan untuk Pekerja Remote

Biasanya, karyawan akan memutuskan keluar salah satunya disebabkan karena gajinya tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka. Jadi, sebaiknya jangan memberi gaji di bawah UMR, minimal sesuaikan dengan upah minimum regional.

2. Strategi Mempertahankan SDM: Berikan Upah dan Insentif yang Kompetitif

Strategi mempertahankan SDM berikutnya adalah dengan memberikan upah serta insentif yang kompetitif. Ini masih berkaitan dengan point sebelumnya, bukan berarti Anda harus memberikan dalam jumlah setinggi-tingginya kepada karyawan.

Baca: Pentingnya Memahami Manajamen Tenaga Kerja

Hanya demi mempertahankan para karyawan tersebut agar tidak berpindah ke perusahaan lain. Namun berikanlah upah serta insentif yang kompetitif sesuai dengan konstribusi mereka terhadap perusahaan.

Karena tidak jarang, perusahaan terkadang kurang memperhatikan hal ini. Seperti diketahui, terkadang ada perusahaan yang memberikan upah tidak sesuai dengan kemampuan para karyawannya. 

Karyawan tersebut mempunyai skil berkualitas tapi upah tidak sesuai, hal itu tentu membuat para karyawan berpikir untuk pindah kerja. Maka dari itu, penting bagi Anda memikirkan hal tersebut.

3. Berikan Tepat Pada Waktunya

Strategi mempertahankan SDM selanjutnya adalah dengan pemberian gaji tepat pada waktunya. Patikan bahwa manager HR perusahaan Anda bisa mengelolah dan juga mendistribusikannya tepat pada waktunya.

Karena tidak jarang, terkadang ada perusahaan yang telat dalam pemberian gaji kepada para karyawannya. Bahkan hal itu terjadi berulang kali, tidak hanya satu kali. Hal tersebut tentu akan merugikan karyawan.

Sebab, gaji tersebut pastilah sangat dibutuhkan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apabila hal tersebut terjadi berulang kali, tidak menutup kemungkinan mereka bisa saja memilih pindah.

4. Strategi Mempertahankan SDM: Riset Gaji di Perusahaan Lain

Strategi mempertahankan SDM terkait masalah gaji selanjutnya adalah dengan melakukan riset di perusahaan lain. Mengenai gaji untuk beberapa posisi tertentu yang ditawarkan perusahaan lain di industry sama dengan perusahaan Anda.

Pastikan bahwa gaji yang ditawarkan perusahaan Anda tidak terlalu rendah bila dibandingkan dengan perusahaan kompetitor. Agar karyawan Anda bisa tetap bertahan di perusahaan Anda, tidak berniat pindah ke perusahaan kompetitor.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset. Salah satu caranya lewat berbagai situs lowongan kerja dan karier yang ada di internet serta berbagai macam sosial media.

5. Sesuaikan Gaji dengan Beban Kerja Karyawan

Strategi mempertahankan SDM berikutnya adalah dengan menyesuaikan gaji dengan beban kerja para karyawan. Walaupun jabatan mereka tidak berubah, bukan berarti mereka tidak pantas untuk memperoleh kenaikan gaji lebih tinggi.

Anda perlu meneliti lagi, apakah beban kerja mereka pada periode saat ini bertambah atau tidak. Apabila Anda masih belum ingin menaikkan gaji mereka, setidaknya berikan uang lembur

Untuk mereka yang bekerja lebih lama di kantor akibat penambahan beban kerja. Karena, apabila beban kerja bertambah, namun gaji tetap, karyawan akan berpikir 2x untuk tetap bertahan di perusahaan Anda.

6. Perhitungkan Masalah Pencapaian Kerja Karyawan

Apabila Anda mempunyai karyawan dengan performa luar biasa dan telah memberi konstribusi besar terhadap perusahaan Anda. Karyawan tersebut pantas untuk memperoleh gaji lebih tinggi dari sebelumnya.

Hal tersebut akan memotivasi para karyawan untuk lebih berprestasi lagi ke depannya. Namun, apabila Anda masih belum bisa menaikkan gaji tetap mereka, Anda bisa memberikan kepada mereka bonus.

Kini Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mempertahankan SDM untuk tetap berada perusahaan Anda. Sebab, sudah ada strategi mempertahankan SDM terkait permasalahan gaji.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

Codemi Publication

Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

Unduh Codemi Learning Report 2021

X