Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan

Pada 10 tahun terakhir, industri dan perekonomian telah mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan yang cukup signifikan adalah munculnya pekerja-pekerja robot yang menggantikan pekerjaan manusia. Maka dari itu, di era seperti sekarang, ada beberapa keahlian mendasar yang diperlukan oleh seluruh pekerjaan. Berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan di masa depan diantaranya:

Coding

Codind adalah salah satu skill yang dibutuhkan di masa depan. Menurut Co-Founder LinkedIn, Allen Blue, kita sedang memasuki era dimana banyak pekerjaan akan terotomasi. Maka pekerjaan seperti marketing, sales, penulis, desainer grafis membutuhkan pemahaman coding dasar. Tujuannya untuk memanfaatkan teknologi dengan maksimal dan memudahkan pekerjaan.

Creative Thinking

Selanjutnya skill yang dibutuhkan di masa depan, yang akan membedakan manusia dari robot adalah pemikiran kreatif yang bisa dihasilkan manusia. Selain itu, persaingan pun semakin ketat sehingga setiap pekerja sebaiknya dapat berpikir secara kreatif untuk melihat dengan cara pandang baru, berinovasi dan menarik perhatian konsumen.

Analisis Data

Setiap pekerja membutuhkan data untuk membuat keputusan. Teknologi memungkinkan pekerja menerima banyak data. Data-data tersebut selanjutnya perlu dianalisis. Itulah mengapa analisis data menjadi salah satu skill yang dibutuhkan di masa depan. Ada baiknya apabila perusahaan memberikan pelatihan khusus bagi setiap karyawan untuk menganalisis data karena hampir seluruh divisi pekerjaan membutuhkannya untuk membuat keputusan yang tepat.

Setidaknya ada 4 tipe analisis yang perlu dipahami, yakni Descriptive (mendeskripsikan apa yang terjadi), Diagnostic (mengapa hal tersebut bisa terjadi), Predictive (memprediksi masa depan), dan Presricptive (melakukan analisis keseluruhan untuk menyusun strategi).

Komunikasi

Tidak hanya di masa mendatang, semenjak dahulu komunikasi adalah keahlian penting yang seharusnya dimiliki setiap pekerja. Namun, di masa mendatang cakupan dari keahlian komunikasi meluas, tidak hanya pada dunia offline melainkan juga pada dunia online. Pastikan karyawan di perusahaan Anda berbekal keahlian yang mereka butuhkan dengan mengadakan pelatihan khusus untuk meningkatkan keahlian karyawan bisnis Anda.

Alangkah baiknya apabila Anda membekali karyawan dan mitra bisnis Anda dengan skill yang dibutuhkan di masa depan. Tidak ada ruginya berinvestasi pada learning management system untuk mengadakan pelatihan karyawan. Penyusunan materi juga perlu Anda sesuaikan dengan bisnis dan karyawan Anda. Nantinya, di masa depan, perusahaan Anda akan lebih siap beradaptasi dengan tren dan teknologi yang ada.


Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

2 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Apa itu pembelajaran kolaboratif? Secara singkat, pembelajaran kolaboratif adalah metode pembelajaran yang mendorong peserta untuk membentuk tim da

    Apa yang menjadikan sebuah perusahaan dinilai hebat? Ada yang menjawab modal usaha yang besar, ada pula yang mengatakan laba usaha yang meningkat s