Skill Tanggung Jawab: Pengertian, Contoh, dan Manfaat

Skill tanggung jawab merupakan salah satu soft skills yang harus dimiliki bukan hanya dalam dunia kerja saja, namun pada setiap kondisi. Kemampuan ini harus diasah sejak dini sehingga akan terus terbawa ketika sudah dewasa.

Keahlian ini harus dimiliki setiap karyawan agar pekerjaan tidak terhambat dikarenakan kelalaian dari satu atau beberapa orang. Sebab jika terjadi, akan memberikan kerugian terhadap perusahaan itu sendiri.

Dengan pentingnya kemampuan ini terhadap berjalannya sebuah perusahaan, maka hard skills saja tidak cukup ketika akan melamar sebuah pekerjaan.

Setiap calon karyawan harus memiliki sikap profesional dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dibebankan.

Pengertian dan Contoh Skill Tanggung Jawab

Skill Tanggung Jawab: Pengertian, Contoh, dan Manfaat

Secara umum, skill tentang tanggung jawab adalah kesadaran setiap orang dalam melakukan perbuatan maupun perilaku yang telah diwajibkan terhadapnya. Jika memiliki kemampuan ini, maka artinya memiliki pribadi jujur dan berkepedulian tinggi.

Jika seseorang telah kehilangan kemampuan ini, maka akan ada pihak lain yang memaksakan kewajiban tersebut. Sehingga hal ini dapat dilihat melalui dua sisi, yaitu pihak yang melakukannya dan pihak berkepentingan lainnya.

Seseorang memiliki skill tanggung jawab apabila dapat melakukan beberapa contoh perbuatan yang dapat membangun keahlian tersebut. Untuk melihatnya, HR perlu memperhatikan beberapa hal agar nantinya tidak mempengaruhi perusahaan.

Pertama adalah seorang tanpa banyak mengeluh ketika diberikan beban kewajiban karena sikap ini dapat menimbulkan pikiran negatif.

Terlalu banyak mengeluh nantinya akan berdampak dengan pekerjaan yang seharusnya diselesaikan.

Selanjutnya adalah tidak banyak memberikan alasan karena akan membuat seorang lalai dengan pekerjaannya. Karyawan dengan banyak alasan berkemungkinan terlambat dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban.

Bukan hanya itu saja, tidak jarang karyawan tanpa skill tanggung jawab menyalahkan pihak lain ketika melakukan kesalahan. Jika semakin sering dilakukan, maka karyawan tersebut dapat kehilangan rasa percaya dari pihak lain.

Selanjutnya, seseorang tanpa memiliki kemampuan ini akan menunda-nunda pekerjaan sehingga tidak selesai tepat waktu dan menghambat anggota tim lainnya. Padahal menunda pekerjaan juga dapat menunda terwujudnya tujuan perusahaan.

Manfaat Memiliki Skill dalam Tanggung Jawab

Memiliki skill tanggung jawab sangat penting dimiliki setiap karyawan untuk menghindari beberapa contoh sebelumnya yang perlu diperhatikan. Sebaliknya, terdapat manfaat jika karyawan memiliki kemampuan ini ketika dalam dunia kerja seperti berikut.

1. Skill Tanggung Jawab: Konsisten

Karyawan yang memiliki salah satu dari soft skills penting ini akan melakukan segala aktivitas secara konsisten. Setiap pekerjaan diselesaikan dengan baik tanpa ada penundaan sebab tahu bagaimana memanajemen waktu.

Baca: 7 Skill Leadership yang Bisa Diterapkan di Industri Apapun

Dengan sikap yang konsisten, maka setiap pekerjaan juga akan dilakukan secara terjadwal tanpa melalaikan setiap kewajiban. Dengan begitu kualitas dari seseorang semakin meningkat sehingga sekaligus dapat memberikan dampak positif terhadap perusahaan sendiri. 

2. Lebih Dihargai

Pekerjaan di perusahaan dilakukan secara bersama, sehingga ketika seseorang memiliki skill tanggung jawab akan lebih dihargai oleh anggota tim lain. Sebab tidak ada kewajiban yang dilalaikan sehingga pekerjaan akan terselesaikan secara efektif.

Baca: Skill Komunikasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh, dan Manfaat

3. Skill Tanggung Jawab: Memiliki Ketelitian

Karyawan dengan memiliki salah satu soft skills ini akan memiliki ketelitian tinggi, oleh sebab itu sangat penting karena menyangkut tugas yang dibebankan. Selain itu, sikap tanggung jawab akan membuat seseorang memikirkan risiko serta manfaat dari apa yang dilakukan.

Perhitungan ini tentu akan memberikan dampak positif terhadap perusahaan sebab pekerjaan dilakukan lebih maksimal. Manfaat ini yang membuat kemampuan ini wajib dimiliki anggota tim dalam dunia kerja.

4. Lebih Dipercaya

Skill tanggung jawab juga akan mendorong seseorang lebih dapat dipercaya, terutama jika pekerjaan dilakukan secara teamwork.

Jika ingin kerja sama lebih kompak dan saling mengandalkan, maka harus bertanggung jawab terhadap tugas yang dimiliki.

Hal ini karena kepercayaan dapat terbangun melalui usaha dan hasil yang telah dilakukan seseorang. Anggota tim akan lebih nyaman bekerja sama dengan seseorang yang memiliki kemampuan ini sebab hasilnya sesuai dengan harapan.

5. Skill Tanggung Jawab: Mendorong Kesuksesan

Terakhir adalah kepuasan yang dirasakan akan mendorong seseorang untuk meraih kesuksesan. Bukan hanya secara individu saja, tujuan dari perusahaan juga dapat tercapai sebab target dikejar dengan sungguh-sungguh dan tidak asal-asalan.

Baca: 8 Tips Memenangkan Negosiasi dalam Bisnis

Tujuan perusahaan dapat tercapai jika setiap karyawan melakukan kewajiban dengan tepat waktu dan penuh pertimbangan. Oleh sebab itu, skill tanggung jawab perlu dimiliki agar tidak menghambat pekerjaan dari pihak lain.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Ada beberapa jenis survei karyawan yang sering digunakan untuk mendapatkan informasi dan umpan balik terhadap perusahaan. Biasanya, survei juga dil

Pengalaman karyawan yang konsisten merupakan aset berharga bagi sebuah organisasi seperti perusahaan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memberik

Unduh Codemi Learning Hub Annual Report 2022

X