Skill Komunikasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh, dan Manfaat

Skill komunikasi merupakan salah satu soft skills yang harus dimiliki ketika melamar di perusahaan selain kemampuan dasar pada bidang pekerjaan. Oleh karena itu sangat penting untuk mengembangkannya ketika akan memasuki dunia kerja.

Keahlian dalam berkomunikasi dapat menjaga hubungan antar individu sehingga pekerjaan akan lebih mudah terselesaikan. Selain itu, perusahaan dapat berkembang sebab promosi dan personal branding dapat dilakukan dengan lancar.

Sebaliknya, kesalahan menerima informasi antar tim dapat berakibat buruk dan memberikan kerugian. Seringkali komunikasi yang tidak terjalin dengan baik akan memunculkan konflik sehingga pekerjaan tidak selesai dengan maksimal.

Pengertian dan Contoh Skill Komunikasi

Pengertian skill komunikasi sendiri secara umum adalah mengirim dan menerima pesan maupun berita antara dua orang atau lebih sehingga dapat dipahami. Hal inilah yang membuat keahlian berkomunikasi penting untuk meraih kesuksesan.

Terdapat setidaknya tiga jenis skill komunikasi dengan fungsi masing-masing. Pertama, kemampuan secara lisan. Contohnya adalah menyampaikan suatu gagasan maupun ide dengan bahasa sederhana, namun tetap sesuai dengan kondisi dan lawan bicara.

Jenis selanjutnya dalam pengertian skill komunikasi adalah secara tulisan yang bisa sangat luas, tergantung dengan media dan gaya pendekatannya. Misalnya, bahasa tulis yang digunakan untuk bisnis akan lebih menarik perhatian sehingga bisa dijadikan media promosi.

Terakhir adalah non-verbal merupakan kemampuan untuk membaca bahasa tubuh. Beberapa contoh yang termasuk dalam jenis ini adalah nada, ekspresi wajah, serta gerakan. Sementara dalam tulisan bisa berbentuk simbol, ikon, dan lainnya.

Berikut Ciri dari Skill Komunikasi

Skill Komunikasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh, dan Manfaat

Seseorang dapat mengembangkan kemampuan untuk berkomunikasi ketika sudah masuk dunia kerja. Ada beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat ketika seseorang memiliki kemampuan komunikasi seperti berikut ini.

1. Skill Komunikasi: Penyampaian Pesan Jelas

Seseorang dengan keahlian ini akan mampu menyampaikan pesan dengan jelas dan mudah dipahami. Dengan demikian setiap ide dapat diterima tim dan merealisasikannya untuk memajukan perusahaan.

2. Menyadari Gestur

Ciri seseorang memiliki skill komunikasi selanjutnya adalah menyadari gestur atau non-verbal baik pada diri sendiri maupun lawan bicara.

Baca: 8 Tahap Membangun Komunikasi Internal di Lingkungan Kerja

Setiap gestur atau bahasa tubuh yang diberikan bisa menunjukkan kepribadian seseorang, sehingga penting diperhatikan. 

3. Pendengar yang Baik

Seseorang dengan kemampuan berkomunikasi akan menjadi pendengar yang baik sehingga mampu menangkap pesan tanpa terjadi kesalahan informasi. Ciri skill komunikasi ini tentu sangat penting dalam dunia kerja karena menyangkut tugas yang diberikan.

Baca: Sikap Tidak Acuh untuk Menjadi Pemimpin yang Baik, Memang Iya?

Bukan hanya itu saja, menjadi pendengar artinya memberikan kesempatan kepada orang lain untuk memberikan tanggapan. Sehingga segala kritik dan saran dapat diterima untuk meraih kesuksesan di kemudian hari.

4. Skill Komunikasi: Kemampuan Tata Bahasa

Menyampaikan informasi agar mudah dipahami sangat memperlukan kemampuan berbahasa. Oleh karena itu, seseorang dengan skill komunikasi akan memiliki tata bahasa yang baik dalam tulisan maupun lisan.

5. Menyesuaikan Diri

Ciri skill komunikasi berikutnya menyesuaikan diri artinya dapat membedakan gaya bahasa sesuai lawan bicara, situasi, maupun kondisi. Misalnya saja, cara berbicara dengan rekan sejawat dan atasan tentu akan berbeda, demikian juga ketika kondisi formal maupun informal.

6. Bijak Bermedia Sosial

Seseorang dengan skill komunikasi ini akan mengetahui dan bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab, tidak semua hal bisa diunggah ke dalam sebuah media di mana banyak pengguna dapat melihatnya.

Baca: Serba Online, Inilah Strategi Membangun Merk di Sosial Media

Manfaat dari Kemampuan Komunikasi dengan Baik

Keahlian dalam berkomunikasi bisa menjadi aset sangat berharga pada sebuah perusahaan sebab bisa memberikan dampak positif. Beberapa manfaat skill komunikasi ini adalah seperti berikut.

1. Menghargai Perbedaan

Berbagai ragam budaya serta bahasa membuat keahlian berkomunikasi sangat penting sehingga dapat menghargai perbedaan dan saling toleransi. Jika telah demikian, suasana kerja dapat lebih nyaman dan meningkatkan motivasi kerja.

2. Team Building

Memiliki skill komunikasi dapat membangun tim yang solid bisa dilakukan lebih mudah. Setiap anggota tim bisa bekerja sama dengan baik sebab komunikasi dilakukan secara efektif dalam menerapkan strategi perusahaan.

3. Produktivitas Meningkat

Koordinasi yang terjalin tanpa adanya kesalahan dalam menyampaikan maupun menerima pesan akan membuat produktivitas kerja semakin meningkat. Hal ini manfaat skill komunikasi tidak hanya bagi pekerja, namun juga untuk perusahaan.

4. Mempermudah Penyelesaian Konflik

Kemampuan ini akan mempermudah dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di perusahaan. Komunikasi merupakan media penting dalam memecahkan masalah yang terjadi sehingga dapat menemukan jalan keluar dan tidak berkelanjutan.

Memasuki dunia kerja, seseorang harus memiliki hard skills dan soft skills agar dapat melakukan tugas secara maksimal. Salah satu soft skills penting bagi calon karyawan adalah skill komunikasi baik secara verbal maupun tulisan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X