Rekomendasi Skill dan Kompetensi untuk Posisi Campaign Strategist

Salah satu profesi yang relevan pada generasi sekarang adalah posisi campaign strategist. Di era konsumerisme tingkat tinggi seperti sekarang tentu ada banyak perusahaan membutuhkan ekspert di bidang campaign.

Sebenarnya tujuannya cukup sederhana yaitu membuat konsumen tetap menggunakan produk yang disediakan oleh sebuah industri. Tanpa adanya campaign jelas sebuah produk baik itu barang atau jasa akan hilang relevansinya terhadap masyarakat.

Oleh sebab itu kita harus memikirkan pendekatan paling ideal untuk menarik minat masyarakat dalam menggunakan produk terkait. Tanpa adanya seorang expert di bidang campaign jelas produk tersebut akan hilang relevansinya secara perlahan.

Apabila Anda memang ingin menjadi seorang expert di bidang ini ada kemampuan krusial sebagai modalnya. Simak pembahasan Kami berikut ini agar Anda tahu apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum terjun dalam bidang terkait.

Skill Ini yang Dibutuhkan Posisi Campaign Strategist

Langsung saja disini Kami akan menjelaskan secara detail apa saja keterampilan yang wajib dimiliki. Sehingga Anda mampu menjadi seorang expert, bukan hanya skilled follower dalam bidang kampanye produk.

1. Pemahaman pasar dan industri 

Hal pertama yang wajib dimiliki jika menginginkan posisi campaign strategist tentu saja adalah pemahaman mendalam tentang pasar dan industri terkait. Dimana perusahaan bergerak dalam sektor tersebut sehingga mampu mengoptimalkan daya tariknya pada konsumen.

Baca Juga: Keterampilan Melakukan Negosiasi Penjualan

Berbagai aspek kunci mulai dari tren, persaingan dagang, perilaku konsumen, dan berbagai faktor eksternal lainnya perlu dikuasai. Artinya Anda bisa mengeluarkan strategi pemasaran yang efektif guna mengikat konsumen agar tetap menggunakan produk.

Di era digital seperti sekarang tentu saja strategi pemasarannya harus bertumpu pada media digital. Sudah bukan zamannya lagi memakai pamflet, baliho, atau videotron di pinggir jalan kecuali memang sengaja menggunakannya sebagai gimmick.

Posisi campaign strategist harus paham bidang digital marketing secara umum agar dapat mengimplementasikannya ke dalam strategi pemasaran. Bagaimana langkah paling ideal bagi perusahaan agar tetap relevan dengan para klien.

Jangan sampai nantinya kita tertinggal dengan kompetitor yang berhasil menerapkan pendekatan lebih ideal terhadap konsumen. Apabila tidak memahami bagaimana industrinya bergerak tentu metode campaign dilakukan nanti kurang efektif.

Oleh sebab itu sebuah campaign tidak hanya harus menarik mata para calon klien namun tetap relevan di hati merak. Itu adalah poin paling sulit dilakukan apabila kita belum memahami bagaimana industrinya bergerak di pasaran.

2. Pemahaman mendalam tentang kampanye pemasaran 

Terkadang banyak posisi campaign strategist tidak bisa melakukan kampanye pemasaran yang efektif. Alasannya sederhana yaitu mereka tidak tahu bahwa faktor apa saja yang mempengaruhi kegiatan tersebut agar memberikan hasil optimal.

Disini kita perlu memanfaatkan berbagai elemen pendukung mulai kampanye pemasaran, segmentasi pasar, penargetan audiens, sampai metrik pengukuran keberhasilan kampanye agar dampaknya jelas dirasakan oleh industri.

Terlalu banyak orang hanya mengandalkan gimmick yang relevansinya terlalu cepat padam di hati para klien. Tanpa memperhatikan bagaimana market targeting yang bisa mendatangkan konsumen secara konsisten.

Banyak juga orang yang hanya memiliki tujuan ekspansi tanpa tahu seperti apa sebenarnya demografi marketing mereka. Akhirnya anggaran digunakan untuk melakukan kampanye tersebut jadi terbuang sia-sia.

Padahal jika posisi campaign strategist mampu mengolah datanya dalam sebuah matriks dan mengelompokkan target pasar itu jelas memberikan hasil signifikan. Anda bisa tahu sektor mana harus dioptimalkan sehingga memberikan gain maksimal bagi industri terkait.

Ingat bahwa ada berbagai macam faktor kompleks yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum bergerak dalam sektor ini. Jika tidak mempersiapkan kemampuan dari awal jelas Anda bisa kewalahan menghadapi tuntutan pasar.

Apalagi ketika kita melihat seperti apa ketatnya persaingan pasar di dalam negeri untuk menggaet konsumen tetap. Ketika implementasi strateginya hanya setengah hati jelas tidak akan memberikan gain jangka panjang bagi industrinya.

Pelajari bagaimana mengolah data agar tahu seperti apa demografi dan juga target konsumen sesungguhnya. Sehingga industrinya tidak hanya memperoleh klien sesaat yang nantinya bisa hilang begitu saja.

3. Analisis dan penelitian 

Posisi campaign strategist juga perlu mahir dalam bidang analisis dan penelitian bukan hanya pemahaman gimmick marketing saja. Tentu Anda penasaran mengapa hal ini penting, bukankah tugasnya hanya menyusun strategi kampanye saja.

Tentu tidak, karena tanggung jawab Anda nanti juga berkutat di sektor analisis data terkait keberhasilan pendekatan terhadap calon klien. Ingat bahwa analisis tersebut juga harus disusun menggunakan matrik agar dapat mengukur secara akurat.

Banyak orang beranggapan bahwa tidak perlu paham statistik atau penelitian data saat masuk dalam sektor ini. Padahal statistik dan penelitian adalah aspek penting sehingga seseorang bisa sukses memberikan hasil relevan terkait sebuah proyek.

Jadi jangan heran jika banyak generasi muda dibuang oleh korporasi karena metode campaign mereka tidak memberikan hasil signifikan. Ingat bahwa korporasi ingin hasil nyata bukan hanya sebatas gimmick belaka.

Misalnya dalam pembuatan konten kampanye, tidak hanya harus mendatangkan engagement namun konversinya juga perlu diperhitungkan. Percuma engagement tinggi namun konversinya nihil karena hanya dikonsumsi sebagai cuci mata belaka.

Jika menginginkan posisi campaign strategist, Anda perlu mempersiapkan diri lebih matang lagi. Pengolahan data, analisis, sampai perhitungan matriks perlu dikuasai sehingga mampu memberikan hasil optimal bukan hanya sekedar gimmick.

4. Pemahaman mendalam tentang pemasaran digital 

Anda harus memiliki pemahaman kuat terkait strategi pemasaran digital agar mampu memberikan dampak nyata. Ingat bahwa seorang campaign expert bukan hanya sekedar kru penggembira dalam sebuah korporasi.

Posisi campaign strategist juga memiliki tanggung jawab terkait sektor media sosial, SEO, periklanan daring, konten pemasaran, sampai email pemasaran. Tanpa pemahaman terkait divisi tersebut jelas Anda akan kewalahan dalam memberikan hasil nyata.

Popularitas di sosial media atau media digital hanya sebatas smoke and mirror yang tidak bisa kita jadikan sebagai acuan nyata. Tetap kembali lagi pada matriks data yang menunjukkan seperti apa hasil nyata diperoleh sebuah perusahaan.

Apabila strategi atau pendekatannya memang kurang cemerlang, langsung ganti jangan tunggu nanti. Inilah keputusan yang perlu diambil seorang expert guna memberikan dampak nyata kepada perusahaan di tempat dia bekerja.

Anda para campaign strategist muda bukan hanya pasukan penggembira yang direkrut oleh perusahaan. Namun divisi revolusioner dengan pemikiran segar agar mampu membawa korporasi ke tingkat lebih tinggi lagi.

5. Kreativitas dan inovasi 

Di era digital seperti sekarang jangan pernah melupakan kreativitas dan inovasi agar relevansi tetap terjaga. Tidak peduli seperti apa idealisme Anda, apabila tidak mau berinovasi jelas akan tertinggal oleh kompetitor.

Apalagi jika mendapatkan posisi campaign strategist jelas kreativitas dan inovasi dituntut lebih tinggi. Pasar akan tetap bergerak maju meskipun Anda sedang mengalami burnout.

Sehingga dibutuhkan pola pikir yang fleksibel agar seseorang mampu mempertahankan kreativitasnya. Terus berinovasi agar relevansi produk industri tetap bertahan di hati para konsumen maupun calon klien.

Memang kompleks ketika kita membedah bagaimana requirement menjadi seorang campaign expert. Oleh sebab itu Anda perlu mengikuti training atau bootcamp berkualitas agar hasilnya terlihat nyata.

Untung saja sekarang ada Codemi Learning Hub yang siap memberikan pelatihan kepada siapa saja dengan passion tinggi. Kami menyediakan berbagai bentuk pelatihan baik bagi fresh graduate maupun pekerja yang memiliki passion di bidang digital.

Apabila Anda ingin meningkatkan skill secara lebih signifikan maka platform Kami adalah solusi terbaik. Tentu saja dengan mengikuti Codemi Learning Hub, Anda juga bisa menjadi seorang profesional ketika menempati posisi campaign strategist.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Kezia Amalia

Apabila menginginkan posisi SEO analyst tentu saja kita membutuhkan modal kemampuan relevan. Bidang seperti ini membutuhkan kemampuan praktikal yan

Kezia Amalia

Sekarang ini sangat dibutuhkan rekomendasi skill dan kompetensi untuk posisi social media officer. Jika menengok beberapa tahun ke belakang, mungki

Unduh Codemi Learning Hub Annual Report 2022

X