LMS

Sistem eLearning Demi Efektivitas Pelatihan di Masa Pandemi

Sekarang ini kehadiran sistem elearning sepertinya sudah tidak asing lagi di semua kalangan, mulai dari dunia pendidikan sampai dengan pelatihan kerja. Semuanya mulai mengikuti perkembangan teknologi demi meningkatkan keahlian dan kemampuan mereka di era yang serba maju saat ini.

Meski sekarang ini semuanya serba terbatas, mengingat hadirnya wabah corona membuat segala aktivitas dibatasi, namun bukan berarti bila semua orang harus pasif dan menyerah begitu saja. Maka dari itu kehadiran pembelajaran berbasis online sekarang ini bisa menjadi penyelamat dunia di berbagai bidang kehidupan.

Perlahan-lahan semua orang pada akhirnya dituntut melakukan perubahan yang lebih maju dan canggih menggunakan sistem elearning. Dimana yang mulanya semua pelatihan dan pendidikan dialkukan secara manual sehingga sangat tidak fleksibel sama sekali, sekarang ini semuanya dapat dikerjakan dari mana saja. 

Karena semuanya sudah berbasis online sehingga itu membuat semua orang siap bersaing dengan siapa saja berkat kecanggihan dari sistem tersebut. Perlu disadari juga bila masih memakai cara lama dengan pola yang sama, otomatis itu akan membuat Anda ketinggalan jauh dari para kompetitor lainnya.

Definisi Sistem eLearning dan Karakteristiknya

Sistem pembelajaran berbasis elektronik ini sebenarnya termasuk hasil nyata demi meningkatkan keahlian tenaga kerja di sebuah perusahaan. Tentunya sistem ini sangat membantu sekali di era pandemi supaya para karyawan bisa tetap produktif meski dengan segala keterbatasan saat ini. 

Jadi definisi dari eLearning merupakan metode pembelajaran yang dilaksanakan secara online menggunakan teknologi elektronik. Jadi sistemnya menggunakan metode jarak jauh secara online menggunakan bantuan dari internet. Tentunya sistem pelatihannya berbeda sekali dengan kegiatan pelatihan mandiri seperti pemanfaatan CD-ROM yang dikenal selama ini.

Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bila pembelajaran ini menggunakan perangkat teknologi berbasis online sehingga segala praktiknya tidak harus bertatap muka secara langsung. Maka dari itu setiap lembaga yang memilih sistem tersebut wajib mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya harus mempunyai koneksi internet yang memadai.

Karena memang dilihat dari karakteristiknya, metode ini selalu menggunakan teknologi elektronik dan memanfaatkan fasilitas di dalamnya. Namun tentu saja bahan ajarnya bersifat mandiri dan semuanya disimpan ke dalam cloud. Sehingga siapa saja yang menjadi peserta dapat mengaksesnya kapan saja menggunakan internet.

Itu artinya jadwal pembelajaran, pelatihan, dan semua hal yang dibutuhkan atau informasi penting lainnya bisa disampaikan secara langsung melalui media elektronik ini. Dengan begitu setiap peserta bisa menyaksikan secara langsung apa saja informasi yang sedang dibutuhkannya tersebut secara online melalui sistem elearning.

Manfaat E-learning Demi Efektivitas Pelatihan

Manfaat yang didapat jika menggunakan sistem berbasis eLearning tersebut sangat banyak demi meningkatkan SDM setiap orang di sebuah perusahaan atau dunia pendidikan. Karena model pelatihan dan pembelajarannya lebih praktis, semuanya berbasis online. Sehingga cara kerjanya bersifat lebih modern. Berikut ini adalah manfaat menggunakan sistem e-Learning:

  1. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut membuat perusahaan bisa lebih menghemat biaya daripada menggunakan cara yang masih klasik seperti bertatap muka. Karena saat melakukan pelatihan menggunakan metode tatap muka langsung, otomatis biaya yang dikeluarkan sangat banyak dalam sekali training saja. Terlebih bila jumlah karyawannya mencapai ribuan orang. 
  2. Sistem pelatihan online ini lebih fleksibel dan bisa dilakukan secara berulang kali. Karena setiap peserta bisa membaca materi yang disampaikan secara online sehingga jangkauannya tanpa batas. Menariknya lagi adalah segala pengukuran hasilnya bisa lebih tepat dan akurat bila menggunakan sistem tersebut karena sudah ada scoringnya.

Melihat betapa pentingnya sistem berbasis E-Learning tersebut, maka salah satu hal paling utama yang harus disiapkan adalah koneksi internet dan gadget. Mengingat semua pelatihan bisa dilakukan secara bersamaan tanpa bertatap muka menggunakan metode tersebut sehingga sistem ini sangat berperan penting di masa pandemi COVID-19.

Dalam hal ini demi mewujudkan pelatihan yang lebih efektif dan tetap aman sesuai dengan protokol kesehatan, maka Codemi learning siap membantu Anda sebagai media manajemen pembelajaran terbaik saat ini. Karena semuanya berbasis cloud sehingga sistem elearning menjadi lebih mudah dan praktis untuk siapa saja.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Faizatur Rachmadanti

    Gamifikasi adalah sebuah metode yang memasukkan elemen dan prinsip games atau permainan dalam proses pembelajaran. Sebelumnya, kami pernah mengulas

    Codemi Publication

    Town Hall Meeting menjadi hal yang umum dilakukan ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan besar atau bekerja di startup. Lantas, apa sebenarnya je