Sistem Buddy dan Manfaatnya di Lingkup Kerja

Buddy system adalah sebuah ikatan yang terhubung antara dua orang atau lebih. Dimana orang terlibat di dalamnya memastikan bahwa tanggung jawab satu sama lain bisa dijalani.

Bisa dikatakan bahwa sistem ini sama-sama memberi keuntungan satu sama lain. Di saat ada satu orang memiliki kekurangan dan orang lainnya mampu memberikan solusi kekurangan itu.

Saat itulah manfaat dari buddy system akan Anda rasakan, sistem ini juga sering diaplikasikan di dalam lingkup kerja. Oleh karena itu kami akan menjelaskannya untuk Anda:

Pengertian Buddy System

Buddy system juga dikenal dengan kekompakkan, di mana orang yang terlibat di dalam hubungan tersebut dapat saling membantu atas kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Menemukan partner yang dapat membantu atas kekurangan Anda kedengarannya memang sulit. Namun pasti akan ada saja orang yang saling membutuhkan dalam suatu lingkungan. 

Salah satu cara untuk menerapkan buddy system adalah menemukan partner. Rekan yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda, di lain sisi orang tersebut juga membutuhkan Anda.

Mungkin Anda bisa menemukannya dengan, mensosialisasikan pemahaman mengenai buddy sistem kepada pimpinan serta manfaatnya, agar para pemimpin bisa mengimplementasikannya.

Di dalam buddy system, pemimpin menggerakkan karyawan yang dipimpin untuk mencari rekan. Dan berapa jumlah rekan atau partner dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan.

Kemudian berlatih bersama dalam setiap kelompok, bagaimana memecahkan masalah, saling belajar satu sama lain, memotivasi antar anggota, menolong kelompok lain dan sebagainya.

Dengan begitu akan terjadi kemajuan positif dalam lingkungan kerja, dan bukan tidak mungkin jika seluruh karyawan dapat bekerja lebih produktif. 

Keuntungan dari buddy system adalah Anda bisa saling mengajarkan berbagai keterampilan, tidak Anda untungnya jika Anda hanya menyimpan ilmu sendirian.

Akan lebih bermanfaat apabila bisa membagikannya dengan partner, selain itu kelemahan yang dimiliki satu sama lain bisa teratasi dengan baik.

Dengan begitu setiap pekerja bisa saling membantu bukan bersaing, setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan di dalam lingkup kerja.

Dengan mengaplikasikan sistem buddy, maka produktivitas karyawan dapat meningkat. Selain itu, keterampilan yang mereka miliki dapat lebih berkembang dari waktu ke waktu.

Karyawan yang merasa rendah diri juga akan berkurang, karena pekerja lain bisa saling memberi motivasi dan mempelajari keterampilan yang sebelumnya tidak dimiliki.

Baca Juga: Onboarding Selama Masa Pandemi

Manfaat Sistem Buddy di Lingkup Kerja

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, bahwa sistem buddy memberikan sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh Anda sendiri dalam menghadapi ruang lingkup kerja baru.

1. Rekrutan Baru Merasa Lebih Nyaman

Manfaat buddy system adalah membuat rekrutan baru merasa nyaman dengan ruang lingkup kerja. Tentu saja hal ini berhubungan dengan rekan kerja yang sudah lebih berpengalaman.

Tanpa adanya pihak tersebut, rasanya akan sulit bagi rekrutan baru untuk menyesuaikan diri. Alhasil mereka akan menganggap bahwa lingkungan kerja tersebut kurang menyenangkan.

Perlu kami ingatkan, bahwa lingkungan kerja yang menyenangkan bagi karyawan akan berpengaruh pada tingkat kinerja mereka selama menjalankan jobdesck masing-masing.

Oleh karena itu kami sangat menyarankan, agar sesama rekan kerja harus membangun hubungan yang baik dan saling membantu untuk menciptakan hubungan harmonis. 

2. Bersosialisasi Terasa Mudah

Buddy system bisa membantu Anda bersosialisasi dengan mudah. Tali pertemanan di dalam ruang lingkup kantor sangat penting, apalagi para rekrutan yang baru saja bergabung.

Mereka bisa saja merasa kehilangan atau canggung berada di lingkungan asing. Oleh karena itu Anda perlu memelihara rasa kebersamaan agar mereka lebih mudah bergabung.

Baca Juga: Menjaga Komunikasi Selama WFH

3. Pembelajaran Informal

Manfaat berikutnya dari buddy system adalah mendapatkan pembelajaran informasi melalui sosialisasi, di mana karyawan tidak hanya memperoleh manfaat dari hal formal saja.

Diketahui bahwa orang-orang yang dimasukkan ke dalam sistem pertemanan dapat meningkatkan produktivitas mereka dan kepuasan kerja.

4. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat lainnya adalah meningkatkan produktivitas, bahkan diketahui bahwa teman atau rekan kerja yang menyenangkan bisa mempengaruhi sebesar 37%.

Hal ini merupakan bentuk positif dari hubungan harmonis di dalam kantor. Dimana Anda bisa mendapatkan motivasi serta terdorong untuk terus berkembang.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sosial, menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah produktivitas kerja.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan hubungan harmonis di dalam pekerjaan. Tujuan buddy system adalah mempermudah beradaptasi dalam lingkungan kerja baru. Untuk tips mempermudah pekerjaan dan trend dunia kerja, lebih banyak disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Supaya sukses dalam mendirikan perusahaan, Anda harus menyiapkan Employee Benefits untuk kepentingan mereka. Pada dasarnya Employee Benefits bisa d

Berpedoman pada 100 Performance Metrics untuk tingkatkan tinjauan kinerja yang efektif ialah pilihan terbaik. Performance Metrics dalam pekerjaan d

Unduh Codemi Learning Report 2021

X