Seluk Beluk Online Training Bersama Fijar Muhawimia

Online training merupakan suatu hal yang cukup lazim saat ini terutama dengan adanya pembatasan interaksi sosial selama pandemi. Akan tetapi online training dalam penerapannya tidak hanya sesederhana mengupload video dan materi, banyak faktor lain yang dibutuhkan agar materi yang ingin disampaikan bisa efektif dan dimengerti oleh para trainee.

Untuk membahas pengaplikasian serta seluk beluk online training, Codemi melalui podcastnya Expert Talks With Codemi menghadirkan Fijar Muhawimia Head of Training Olam Indonesia.

Fijar Muhawimia dan Training

Fijar Muhawimia merupakan seorang pemain lama di dunia training. Dengan memulai karirnya sebagai Program Assistant di CCE Indonesia. Fijar merasakan pengalaman pertama sebagai pengajar di dunia pekerjaan. Setelah itu Fijar memulai perjalanan karirnya di industri asuransi dimana disini ia memulai karirnya sebagai trainer selama kurang lebih 3 tahun.

Setelah itu tertarik dengan geliat dunia ojek online Fijar memutuskan untuk mengambil langkah untuk berpindah ke salah satu perusahaan ojek online Grab. Memegang jabatan sebagai head of training di Grab Academy, Fijar bertanggung jawab untuk merencanakan, merancang, dan menjalankan berbagai kebutuhan untuk training bagi para driver Grab.

Setelah kurang lebih 4,5 tahun di Grab, Fijar kemudian memutuskan untuk mencari tantangan baru dengan berpindah ke dunia agrikultur. Dimana melalui Olam Indonesia dengan bantuan online training Fijar membantu mengedukasi para petani dan micro collector di berbagai wilayah di Indonesia.

Mengapa Online Training?

Menurut Fijar online training dapat membantu mempercepat akusisi dan proses training secara masif dan ekspansif dalam waktu yang singkat. Selain itu online training juga menunjukan hasil yang sama dengan offline training.

Dalam pengalamannya Fijar mengatakan bahwa online training bukan hanya sekedar tentang nonton video. Dengan adanya video dan konten edukasi dapat memberikan pengetahuan baru dan membantu memberikan pengetahuan bagi para peserta pembelajaran.

Tantangan Online Training dan Bagaimana Solusinya?

Infrastruktur Kurang Memadai

Pada saat ini salah satu tantangan online training memang masih berkutat pada kebutuhan akan infrastrukur. Dimana saat ini internet masih menjadi sesuatu yang tidak sepenuhnya tersedia di berbagai tempat, termasuk di wilayah Pulau Jawa yang sudah termasuk cukup maju. Untuk menyiasati tantangan ini harus dilakukan inovasi yang dapat mempercepat penetrasi.

Selain itu dengan membentuk grup belajar dan komunitas juga dapat membantu proses belajar dengan menyediakan bantuan berupa infrastruktur agar dapat memberikan ruang dan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar.

Transisi Dari Offline Ke Online

Selain infrastruktur tantangan lain dari online training juga bisa berupa masih perlunya ada transisi dari offline ke online. Dimana banyak orang yang mungkin masih belum terbiasa dengan pola belajar melalui online. Untuk hal ini bisa disiasati dengan melakukan transisi secara perlahan dan disesuaikan dengan kecepatan dan kemampuan dari peserta didik.

Kapan Menggunakan Online Training dan Kapan Menggunakan Offline?

Fijar biasanya menggadakan training secara online ketika pembelajaran yang ingin diberikan lebih berbentuk eksplanatori. Sementara offline training dilakukan ketika proses pembelajaran yang ingin dilakukan masih membutuhkan interaksi, seperti roleplay dan tutorial.

Tips dan Trick Online Training Dari Fijar

Lakukan Observasi

Pelajari kondisi audience mulai dari kepribadian, tingkat pendidikan, hingga kondisi infrastruktur agar bisa mendapat gambaran secara jelas mengenai calon peserta.

Perbanyak Konten dan Fixasi Jadwal Konten

Dengan jumlah konten yang banyak dan dengan bentuk yang berbeda-beda, mampu membantu menarik perhatian dari para anggota pembelajaran sehingga bisa menimbulkan kesan yang baik.

Selain itu jangan takut untuk melakukan eksplorasi potensi konten, silahkan mencari referensi dan bentuk konten semenarik mungkin sehingga orang yang ditraining tidak merasa bosan terhadap training.

Setelah orang orang tertarik dengan konten kita, jangan lupa untuk secara konsisten terus mengupload secara konsisten. Agar peserta didik bisa terus dienggage dan bisa terus terbiasa dengan online training.

Simak selengkapnya obrolan kami dengan Fijar Muhawimia di Podcast Expert Talks With Codemi melalui spotify di sini. Kelola training anda dengan LMS Codemi Learning.

Seluk Beluk Online Training Bersama Fijar Muhawimia

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Karyawan atau SDM merupakan unsur yang sangat penting dalam menjaga peforma perusahaan. Oleh karena itu tentunya menjadi fokus dari perusahaan untu

Codemi Publication

Pada dasarnya semua orang merupakan seorang salesman, perbedaanya terletak pada hal apa yang dijual, bisa jadi ide, produk, atau jasa. Oleh karena