LMS

Sales Tracking System dalam Fitur Qualification

Sales Tracking System saat ini menjadi kebutuhan dalam menjalankan bisnis. Sales merupakan elemen krusial dalam perusahaan. Tanpa adanya sales, produk atau jasa yang telah dikembangkan sedemikian rupa tidak akan pernah sampai pada penggunanya. Begitu pula bagi perusahaan, tanpa sales aktivitas perusahaan bisa terhambat bahkan collapse. Oleh karena itu, penting sekali untuk memastikan performa sales, salah satunya dengan memantau aktivitas mereka.

Aktivitas yang dilakukan sales sangat beragam. Sebelum melakukan proses penjualan, sales harus melakukan persiapan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditentukan. Kemudian sales akan melakukan proses pendekatan terhadap konsumen, pemeriksaan stok, penyajian produk, hingga menyelesaikan transaksi dan memberikan pelayanan setelah penjualan (after sales service).

Agar semua proses tersebut dilakukan sesuai standar, dibutuhkan adanya pemantauan dari sales manager. Proses pemantauan ini umumnya dilakukan melalui Sales Tracking System.

Sales Tracking System

Sales Tracking System adalah sebuah sistem yang membantu melakukan tracking pada proses penjualan menggunakan software atau aplikasi. Proses tracking atau pemantauan ini dilakukan dengan mencatat atau merekam aktivitas-aktivitas dalam proses interaksi antara sales dan konsumen. Dokumen yang tersimpan dapat digunakan untuk mencari tahu sebuah informasi seperti total penjualan dalam periode waktu tertentu, waktu rata-rata untuk melakukan penutupan penjualan, dan lain-lain.

Manfaat

Menggunakan Sales Tracking System memberi beberapa manfaat bagi perusahaan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Data Penjualan Terhimpun Dengan Baik & Cepat

Data-data penjualan seperti waktu, stok, informasi detail mengenai outlet/konsumen, dan invoice dapat tercatat dengan baik dan cepat. Risiko dokumen hilang juga terminimalisir karena tidak perlu mencatat secara manual menggunakan kertas. Selain itu, ini juga memudahkan untuk membuat laporan

  • Mengukur Kualifikasi Sales

Melalui Sales Tracking System, penilaian terhadap kinerja sales juga dapat sekaligus dilakukan. Aktivitas yang tercatat dapat menjadi bukti bahwa sales terkualifikasi dengan baik/tidak. Hasil kualifikasi yang kurang memuaskan juga dapat menjadi pertimbangan dalam membuat keputusan untuk meningkatkan produktivitas dan profit sales.

  • Mengukur Keberhasilan Bisnis

Data dari dokumen yang terhimpun dapat digunakan untuk melihat apakah terjadi peningkatan atau penurunan penjualan. Ukuran keberhasilan bisnis juga dapat ditentukan dari hasil data-data yang diinput ke sales tracking system.

  • Penentu Strategi Penjualan Selanjutnya

Data-data yang didapat merupakan data yang faktual dan aktual. Artinya, data tersebut memang terjadi di lapangan. Oleh karena itu, data ini dapat dipertanggungjawabkan dan menjadi pijakan untuk perencanaan strategi penjualan selanjutnya.

Pada LMS Codemi, Sales Tracking System terangkum dalam Fitur Qualification. Fitur ini berisi tracking aktivitas yang dilakukan sales sekaligus proses penilaian kualifikasi sales apakah aktivitas penjualannya memenuhi standar atau tidak. Selain bertujuan untuk memastikan proses penjualan berjalan sesuai standar, fitur Qualification juga dapat menjadi rujukan untuk membuat rancangan pengembangan tim sales dilihat dari peringkat penjualannya. Begitu pula dengan penambahan insentif tim sales yang dapat disesuaikan dengan kualifikasi sales berdasarkan hasil penilaiannya. LMS Codemi juga mengakomodasi kebutuhan untuk merangkum informasi dan data terkait aktivitas sales. Semua informasi dan data ini bisa didapatkan di fitur Qualification Report sehingga tidak perlu repot untuk mengompilasi data secara manual.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Seiring dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi perusahaan dituntut untuk terus berinovasi agar dapat bertahan di era yang penuh persaing

Codemi Publication

Secara singkat, sekilas tidak ada perbedaan onboarding dan orientation yang signifikan. Akan tetapi kedua hal tersebut sebenarnya cukup berbeda. On