Public Speaking dan Urgensinya Bagi Karyawan

Public speaking merupakan salah satu soft skill yang tentunya tidak asing lagi bagi kita semua. Soft skill ini seringnya digunakan oleh mereka yang dalam kesehariannya banyak berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi, dengan semakin berkembangnya zaman, kini public speaking menjadi salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh semua orang.

Manfaat Public Speaking

Berikut adalah beberapa manfaat dari public speaking yang bisa didapatkan oleh seorang karyawan untuk pertumbuhan karir mereka

Penyampaian Informasi Secara Efektif

Berkomunikasi secara efektif tentunya adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam dunia kerja. Komunikasi ini tentunya tidak hanya terjadi ke pihak eksternal namun juga melibatkan konmunikasi secara internal antar anggota team.

Penyampaian informasi ini tentunya krusial untuk menunjang sinergi tim, sehingga setiap anggota tim tentunya adiharapkan mampu mengkomunikasikan pendapat dan informasi secara efektif. Selain itu komunikasi internal yang efektif juga dapat menghasilkan sesi brainstorming dan diskusi yang lebih baik. Hal ini kemudian memungkinkan bagi team untuk menemukan soludi dan ide-ide yang sebelumnya masih belum diketahui.

Membangun Jiwa Pemimpin

Melalui public speaking, seseorang tidak hanya sekedar dilatih untuk dapat berkomunikasi. Namun juga untuk dapat menunjukan kepercayaan diri melalui komunikasi yang disampaikan. Kepercayaan diri ini kemungkinan anda untuk membantu membangun jiwa pemimpin.

Selain itu sebagai seoarng pemimpin anda tentunya harus dapat melakukan komunikasi secara efektif kepada tim dan orang lain.

Cara Melatih Public Speaking

Berikut adalah beberapa tips dan trick untuk meningkatkan kemampuan public speaking

Latihan Public Speaking

Salah satu metode pembelajaran paling efektif adalah learning by doing. Dengan secara rutin melakukan aktifitas yang melibatkan kemampuan berkomunikasi anda dapat secara aktif terus mengevaluasi dan memperbaiki kefasihan anda dalam berbicara di depan publik.

Latihan juga bisa dilakukan dengan cara meminta karyawan lain di perusahaan anda untuk menjadi teman latihan dan memeberikan masukan konstruktif. Dengan penerapan social learning seperti ini anda tidak hanya membantu karyawan anda untuk memperlancar public speaking tapi juga menciptakan kohesi yang lebih baik antar karyawan.

Gunakan Tubuh Anda

Ketika kita sedang gugup, sering kita merasa tertekan dan terpaku pada satu kegiatan. Dengan membiasakan tubuh untuk melakukan gerak-gerik sederhana seperti gerakan tangan, atau berjalan. Anda dapat mengalihkan rasa gugup yang dimiliki sehingga dapat membantu anda lebih rileks dan lebih lancar ketika berbicara

Pahami Audiens

Ketika anda melakukan proses komunikasi, anda pasti akan berhadapan dengan sesosok audiens baik itu individu maupun kelompok. Dengan anda memahami siapa yang akan menjadi lawan bicara anda, anda bisa dengan lebih leluasa memposisikan diri ketika berbicara. Sehingga anda bisa dengan mudah mengerti tujuan dan manfaat dari public speaking anda bagi para pendengar.

Selain dengan tips di atas anda juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai cara mengembangkan public speaking anda dengan mengikuti kelas mandiri dari level up disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Anda pasti sering mendengar pertanyaan apa itu organizational skills, apalagi bagi Anda yang bekerja di suatu perusahaan. Dalam dunia kerja, kita a

Codemi Publication

Peranan binatang peliharaan itu begitu penting sekali di era pandemi corona seperti sekarang ini. Karena hewan bisa menjadi cara terbaik untuk memb