Program Employee Recognition Virtual Serta Manfaatnya

Perusahaan perlu memikirkan pentingnya mengatur program employee recognition virtual. Ini dilakukan untuk mengakomodasi para pekerja yang menyelesaikan berbagai pekerjaannya secara remote, atau jauh dari kantor.

Era modern menyediakan berbagai fasilitas teknologi dan informasi sehingga membuka banyak kemungkinan bagi pelaku industri dalam melakukan beragam aktivitas kerja. Ini mendorong banyaknya sumber daya manusia yang bekerja secara remote.

Praktik bekerja secara remote bahkan semakin banyak dilakukan akibat adanya pandemi yang mengharuskan adanya pembatasan kontak langsung antar karyawan. Maka dari itu, agenda virtual perlu diperbanyak termasuk program employee recognition.

Pentingnya Virtual Employee Recognition

Melakukan berbagai aktivitas kerja secara remote membuat kuantitas interaksi langsung seseorang menjadi sangat sedikit. Sementara itu, interaksi langsung merupakan bentuk komunikasi efektif dalam sebuah pekerjaan.

Akan tetapi terkadang Anda tidak bisa mengontrol kondisi serta situasi. Sehingga mau tidak mau pekerjaan harus dihandle dari rumah, yang mana ini mengurangi intensitas komunikasi langsung antara satu karyawan dengan lainnya. 

Sama halnya seperti karyawan yang menjalankan berbagai pekerjaan di kantor, para pekerja remote juga membutuhkan penghargaan serta pengakuan. Terlebih mereka lebih banyak menghabiskan jam kerjanya di rumah tanpa rekan kerja.

Tidak adanya interaksi dengan rekan kerja berisiko membuat semangat kerja lebih mudah menurun. Tidak seperti ketika bekerja di kantor, work form home tidak memungkinkan karyawan berdiskusi seputar pekerjaan secara tatap muka.

Ini dapat meningkatkan potensi stress sehingga berdampak pada performa kerja yang menurun. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perusahaan perlu membuat sebuah program employee recognition bagi mereka.

Tujuannya adalah agar mereka memiliki motivasi dan semangat tinggi sehingga dapat bekerja secara lebih produktif. Memberikan pengakuan bagi karyawan yang sedang work from home tentunya melalui kegiatan virtual.

Ide Membuat Program Employee Recognition Virtual yang Menarik

Setelah memahami pentingnya memberikan penghargaan serta pengakuan kepada karyawan secara virtual, selanjutnya Anda perlu memikirkan bagaimana cara menjalankan program tersebut supaya menarik dan outcomenya maksimal. Berikut ini beberapa idenya. 

Jangan Menyepelekan Ucapan Terima Kasih

Mungkin ini merupakan cara memberikan rekognisi yang sering diabaikan dan dianggap sepele. Pada kenyataannya, ucapan terima kasih adalah cara termudah dan paling sederhana untuk membuat seseorang bahagia, termasuk karyawan yang bekerja remote.

Menyampaikan ungkapan rasa terima kasih Anda memberikan kesan berarti. Ini menandakan bahwa perusahaan menghargai kinerja serta dedikasi para karyawan meskipun bekerja dari jauh. 

Cara ini dapat dilakukan melalui hal sederhana, misalnya mengirimkan email pribadi berisi apresiasi atas semangat dan juga performa kerja selama beraktivitas di luar kantor. Ungkapan yang disampaikan secara personal dapat menyentuh emosi karyawan.

Manfaatkan Media Sosial

Memberikan penghargaan kepada karyawan yang bekerja secara remote juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Keberhasilan tim maupun individu dalam mencapai sebuah target pekerjaan perlu dirayakan.

Membuat pengumuman atas selebrasi kesuksesan karyawan melalui media sosial adalah cara sederhana namun memiliki kesan kuat. Banyaknya pengguna media sosial membuat karyawan Anda berpikir bahwa eksistensi dan kontribusi mereka benar-benar dihargai.

Merayakan Work Anniversary dan Ulang Tahun Virtual

Program employee recognition virtual tidak melulu berkaitan dengan pekerjaan. Memperhatikan hari istimewa para karyawan serta memberikan ucapan selamat adalah bentuk kepedulian Anda kepada mereka.

Memberikan ucapan selamat ketika individu berulang tahun maupun merayakan work anniversary adalah bukti bahwa perusahaan hadir bukan hanya dalam perspektif bisnis saja. Akan tetapi juga menyentuh sisi personal.

Cara memberikan employee recognition pada pekerja remote yang berulang tahun bisa melalui kiriman gift card, mengadakan perayaan virtual dan melibatkan karyawan lain, hingga mengirimkan kue ulang tahun ke alamat rumahnya.

Pengalaman Virtual

Selama pandemi, semua kegiatan yang melibatkan perkumpulan orang tidak bisa diselenggarakan. Namun ini membuat semua stakeholder beradaptasi dan menciptakan pengalaman baru secara virtual.

Untuk mensukseskan program employee recognition secara online ini, ada baiknya Anda berinovasi memberikan pengalaman virtual yang berbeda kepada para pekerja remote. Misalnya memberikan kesempatan karyawan untuk mengikuti konser musik favorit mereka.

Atau bisa juga dengan mengajak untuk bergabung dalam aktivitas kesukaan mereka. Tentunya semua dilakukan secara virtual sehingga menciptakan pengalaman baru. Ini akan membuat pekerja jarak jauh merasa bernilai dan diapresiasi.

Keinginan mendapat apresiasi merupakan insting dasar semua manusia. Ini juga berlaku bagi karyawan jarak jauh. Oleh sebab itu, mengatur program employee recognition virtual dapat mewakili kepedulian perusahaan terhadap karyawan jarak jauh. Baca juga informasi mengenai manfaat employee recognition disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Mengamati perusahaan besar, pasti ada kebijakan bahwa karyawan harus diberikan pelatihan. Baik kepada karyawan yang baru saja selesai mengikuti sel

Codemi Publication

Bagi seorang pemilik bisnis, tentunya harus memahami bagaimana mengelola karyawan milenial di era teknologi digital ini. Mengingat saat ini generas