LMS

Perusahaan Wajib Tahu, Kelebihan On The Job Training Bagi Karyawan

Seiring perkembangan zaman, program pelatihan kerja atau  on the job training (OJT) mulai banyak digunakan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Program ini dinilai sangat efektif. Pasalnya, menurut laporan dari Guide 2 Research, sebanyak 68% karyawan ingin berlatih dan mengambil pelajaran secara langsung di tempat kerja. 

Biasanya, pelatihan ini hanya diperuntukkan kepada beberapa posisi saja, tidak semua. Perusahaan dapat menyesuaikan program ini dengan kebutuhan. Dengan mengadakan pelatihan ini, perusahaan dapat mengetahui potensi yang dimiliki karyawan.

Pengertian Pelatihan Kerja

Sebelum mengulik lebih dalam, alangkah baiknya jika Anda mengetahui luarnya terlebih dahulu. Apa sebenarnya program pelatihan ini? On the job training merupakan suatu metode pelatihan yang sengaja diberikan perusahaan bagi para karyawan, khususnya karyawan baru atau pindah divisi.

Pelatihannya sendiri terdiri dari serangkaian aktivitas yang dibuat untuk meningkatkan keahlian, pengetahuan, dan pengalaman karyawan. Layaknya training pada umumnya, karyawan dapat menyerap skill dan meng-improve kemampuannya sendiri melalui program ini.

Bentuk Pelatihan Kerja

Meskipun intinya sama-sama pelatihan karyawan, tapi OJT memiliki bentuk yang beraneka ragam. Beberapa bentuk pelatihan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya perusahaan. Bagi Anda yang penasaran, berikut beberapa bentuk OJT yang biasa digunakan perusahaan:

  1. Coaching: atasan yang berpengalaman akan memberikan pelatihan secara one-to-one melalui instruksi kerja
  2. Mentoring: manajer senior akan memberikan instruksi untuk melakukan tugas sehari-hari, serta membimbing bawahan
  3. Rotasi Pekerjaan: peralihan dari suatu divisi ke divisi lain dengan tujuan untuk memahami latar belakang divisi lain.
  4. Understudy: pelatihan diberikan bagi sedikit karyawan yang diyakini bisa menggantikan posisi atasannya 
  5. Apprenticeship: pelatihan jangka panjang bagi karyawan di perusahaan kerajinan, teknis, dan perdagangan

Tujuan Pelatihan Kerja

Setelah membaca bentuk-bentuknya, Anda perlu mengetahui tujuan on the job training. Bila tidak ada persiapan yang matang, maka tujuan OJT pasti akan gagal tercapai. Untuk itu, Anda perlu menyimak beberapa objek tujuan OJT di bawah ini:

  1. Ilmu Pengetahuan

Tujuan OJT yang pertama meliputi ilmu pengetahuan dan wawasan. Dengan adanya OJT, diharapkan para karyawan baru bisa mendapat ilmu pengetahuan sebagai modal untuk mengerjakan tugasnya kelak. Dua faktor terpenting agar tujuan ini bisa tercapai adalah kemampuan daya serat karyawan dan bentuk pelatihan yang dijalankan perusahaan. 

  1. Kemampuan

Setiap pekerjaan pasti membutuhkan karyawan yang kompeten dan memiliki kemampuan menunjang. Kehadiran OJT diharapkan dapat membantu karyawan baru untuk meningkatkan skill yang dimiliki agar mampu melakukan tugasnya dengan baik di divisi yang ditentukan perusahaan.

  1. Penentuan Sikap

Tidak hanya kemampuan, seorang karyawan juga harus berkelakuan baik. Percuma saja memiliki kemampuan tinggi, tapi tidak ada sopan santun, toleransi, dan sikap menghargai. Agar tidak salah pilih karyawan, perusahaan memutuskan untuk mengadakan program pelatihan. 

Dalam pelatihan ini, diharapkan karyawan baru dapat memiliki kesadaran atas pekerjaannya. Bukan hanya sikap antar rekan kerja atau dengan atasan yang perlu dikembangkan, melainkan juga tanggung jawab terhadap pekerjaan.

  1. Pengalaman

Tujuan dari OJT yang terakhir adalah untuk menambah pengalaman. Melalui pengalaman, Anda dapat belajar dari kesalahan. Dapat dikatakan, pengalaman adalah suatu hal yang membuat Anda menjadi lebih dewasa dan berkembang.

Kelebihan On The Job Training

Tentu saja OJT diadakan karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki program lainnya. Adapun, beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut: 

  1. Karyawan dibekali pengetahuan secara langsung dari para senior yang sudah berpengalaman.
  2. Karyawan melakukan tugas sesungguhnya atau bukan tugas simulasi.
  3. OJT bersifat informal, mudah dijadwalkan, dan tidak memakan banyak biaya.
  4. Pelatihan diadakan dalam lingkungan kerja yang nyata dan dalam kondisi normal.
  5. Hubungan kerja dengan sesama karyawan, atasan, dan pelatih akan berjalan dengan baik
  6. Pelatihan dapat membantu memberi semangat dan motivasi kerja.
  7. Timbal balik antara karyawan dan perusahaan lebih cepat terjadi.

Efektivitas On The Job Training

On the job training banyak diterapkan di berbagai perusahaan Tanah Air lantaran tingkat efektivitasnya yang tinggi. Program ini memiliki banyak manfaat, baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan itu sendiri. Ingin tahu apa saja? Simak daftarnya sebagai berikut:

  1. Menggali Potensi Karyawan

Pada banyak kasus, beberapa pemimpin perusahaan hanya bersembunyi di balik kinerja para karyawan. Padahal, beberapa karyawan mungkin memiliki potensi untuk mendapat jabatan yang lebih tinggi dan menempati peran pemimpin.

Melalui OJT, Anda dapat menambah wawasan dan memperluas  ilmu pengetahuan agar tidak kalah saing dari pemimpin di perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa menambah pengalaman agar lebih matang menjalankan pekerjaan.

  1. Mengubah Gaya Kerja

Program pelatihan kerja juga sangat efektif untuk mengubah gaya kerja seseorang. Dengan adanya program ini, Anda akan mendapat kesempatan untuk mengetahui berbagai perkembangan dan tren terbaru dalam industri pekerjaan yang Anda lakoni.

Seperti yang diketahui, dunia memang terus berkembang dan berinovasi. Program OJT ini akan membuat Anda semakin maju dan tidak ketinggalan zaman. Anda akan belajar menggunakan berbagai alat baru, mencari strategi baru, hingga mengambil pekerjaan yang memiliki peran tinggi dalam bisnis.

  1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Selanjutnya, program on the job training memiliki efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan produktivitas para karyawan. Pasalnya, karyawan akan memahami banyak hal dan belajar hal-hal baru.

Tidak hanya itu, kepercayaan diri karyawan dalam bekerja juga akan meningkat drastis karena kemampuannya sudah dikembangkan. Selain itu, karyawan juga akan menjadi lebih semangat dan bahagia dalam menjalankan pekerjaannya.

  1. Mampu Menunjang Bisnis

Program pelatihan ini sudah terbukti sangat efektif untuk menunjang bisnis perusahaan. Dengan mengadakan program pelatihan, perusahaan akan memiliki karyawan-karyawan yang cerdas, cekatan, dan berkualitas. Kehadiran OJT akan membantu mensukseskan goal perusahaan.

Melalui software Codemi Learning anda dapat memanfaatkan fitur on the job training sebagai bagian dari pelatihan perusahaan anda. Melalui fitur ini anda dapat memberikan pelatihan secara mendetail dan meningkatkan skill karyawan anda secara cepat,

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Pengetahuan baru mengenai sebuah organisasi akan selalu ada dan berkembang. Agar pengetahuan tersebut terpelihara dan memberikan manfaat, maka dipe

Codemi Publication

LMS project plan dari Codemi merupakan sebuah cetak biru yang dimaksudkan untuk menjadi gambaran awal dari rencana pengimplementasian LMS. Melalui