10 Pertanyaan Efektif Saat Wawancara Kerja Kepada Pelamar

Pertanyaan efektif saat wawancara banyak dicari oleh pihak HR perusahaan. Apalagi bagi perusahaan yang menerapkan jenis wawancara terstruktur, mengharuskannya rutin melakukan upgrade atau penyegaran pertanyaan pada kurun waktu tertentu.

Walaupun ada banyak pertanyaan efektif bisa dipilih, hanya sebagian saja yang digunakan. Apalagi bila durasi waktu interviewnya sangat terbatas, tentu pemilihan beberapa pertanyaan efektif menjadi solusi terbaik.

Bukan hanya pertanyaan saat interview saja penting diperhatikan. Tapi, penerapan teknik paling tepat juga tidak kalah penting menjadi perhatian. Mengenai teknik paling tepat beserta 10 pertanyaan bisa dijadikan opsi saat mewawancara pelamar kerja, berikut uraiannya.

Beberapa Tujuan Dilakukannya Wawancara Kerja Kepada Pelamar

10 Pertanyaan Efektif Saat Wawancara Kerja Kepada Pelamar
via: Freepik

Sebelum mengajukan pertanyaan efektif saat wawancara, Anda perlu memahami apa tujuannya diberikan kepada para pelamar kerja. Wawancara adalah salah satu metode penting yang diterapkan dalam proses recruitment serta menyeleksi calon karyawan.

Saat sesi interview, bukan hanya perusahaan yang mempunyai kesempatan untuk mengetahui berbagai hal lebih banyak mengenai kandidat, tapi juga sebaliknya. Beberapa tujuan dilakukannya interview kerja bagi perusahaan antara lain:

  1. Mencari tahu kepribadian para pelamar kerja.
  2. Membantu mendapatkan kandidat yang memenuhi persyaratan atau kualifikasi.
  3. Membantu menemukan serta menentukan kecocokan antara karakteristik kandidat dengan kualifikasi pekerjaan.
  4. Mencari informasi relevan yang diperlukan sesuai persyaratan pekerjaan.

Seberapa Penting Melakukan Wawancara Kerja dalam Memilih Kandidat?

Memilih pertanyaan efektif saat wawancara yang tepat memang penting. Tapi, tahukah Anda seberapa penting melakukan wawancara kerja dalam memilih kandidat? Seperti kita tahu bahwa kegiatan interview bertujuan mengetahui kapasitas kandidat terhadap posisi pekerjaan terkait.

Hal inilah membuat bakat serta minat pelamar harus mampu dipastikan dengan baik lewat sesi wawancara. Biasanya, HR atau pewawancara yang sudah sering melakukan kegiatan recruitment, mudah mengenali pelamar dalam waktu relatif cepat.

Baik itu mengenai pengalaman kandidat, maupun tentang cara atau teknik bertanya kepada pelamar kerja. Memilih kandidat tepat memang sangat penting karena berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan tim serta perusahaan nantinya.

Beragam Teknik Wawancara Kerja Dapat Diterapkan

Sebagai HR atau pewawancara, bukan hanya menyiapkan pertanyaan efektif saat wawancara saja yang penting, tapi juga dalam memilih teknik paling tepat. Ada beragam teknik wawancara kerja dapat diterapkan, meliputi:

1. Menggunakan Contoh Kasus

Teknik pertama yaitu menggunakan contoh kasus untuk mengetahui cara kandidat dalam mengatasi masalah atau situasi tertentu. Melalui metode ini, soft skill dan hard skill pelamar kerja bisa terlihat. Tapi, durasi waktu diperlukan lebih banyak.

2. Kelompok

Teknik berikutnya adalah kelompok, cocok dilakukan oleh perusahaan yang ingin merekrut banyak karyawan sekaligus. Melalui metode kelompok, pengeluaran waktu dan biaya lebih hemat.

3. Berbasis Kompetensi

Melalui teknik interview kerja berbasis kompetensi, Anda bisa mengevaluasi kemampuan serta keterampilan yang sudah dilakukan pelamar di masa lalu sebagai upaya melakukan prediksi kinerja di masa mendatang.

4. Jarak Jauh

Teknik terakhir yaitu interview jarak jauh, melalui video call atau telepon. Walaupun tidak bertemu langsung, ada beberapa kelebihan bisa Anda peroleh melalui interview jarak jauh, salah satunya menghemat waktu dan biaya.

Baca: 10 Tips Praktis Melakukan Wawancara Jarak Jauh yang Produktif

Terapkan Cara Wawancara Kerja Terbaik Agar Proses Perekrutan Cepat

Selain menyiapkan pertanyaan efektif saat wawancara, terapkan cara terbaik agar proses perekrutan cepat. Bukan hanya cepat, tapi Anda juga bisa memperoleh karyawan yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. Beberapa cara bisa dilakukan, antara lain:

1. Informasikan Deskripsi Pekerjaan Secara Jelas

Cara pertama, menginformasikan deskripsi pekerjaan secara jelas kepada para pelamar kerja. Cara ini dilakukan untuk mengetahui tingkat antusiasme kandidat saat proses interview terhadap posisi yang mereka inginkan.

2. Melakukan Wawancara Awal Melalui Telepon

Cara berikutnya, melakukan wawancara melalui telepon sebelum bertatap muka. Melalui cara ini, Anda bisa mengenal latar belakang pelamar kerja secara umum terlebih dahulu. Jadi, merupakan sortir langkah awal sebelum tanya jawab secara tatap muka.

3. Biarkan Pelamar Menjadi Dirinya Sendiri

Saat mengajukan pertanyaan efektif saat wawancara, biarkan pelamar menjadi dirinya sendiri. Sebab, tidak sedikit kasus yang terjadi adalah kandidat memiliki performa tidak sesuai saat sudah bergabung resmi dengan perusahaan, bahkan sangat buruk.

4. Cermati Pertanyaan yang Diajukan Pelamar

Alangkah baiknya bila Anda memberikan kesempatan kepada pelamar untuk mengajukan pertanyaan terkait perusahaan. Melalui cara ini, Anda bisa menganalisa kandidat terhadap sebuah hal, apakah mereka kritis atau sulit untuk diberikan instruksi.

Daftar 10 Pertanyaan Efektif Saat Wawancara Kerja Kepada Pelamar

Baca: 15 Pertanyaan Ini Penting Diajukan Demi Kesehatan Mental Pegawai dalam Perusahaanmu!

Sebenarnya ada banyak pertanyaan saat wawancara kerja bisa diajukan kepada pelamar. Dari sekian banyaknya pertanyaan, tidak mungkin semuanya akan diajukan. Selain menghabiskan banyak waktu, juga tenaga.

Terkait pemilihan pertanyaan efektif saat wawancara, itu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan setiap perusahaan. Tidak heran bila antara interview perusahaan satu dengan lainnya, memiliki konsep atau pengajuan pertanyaan berbeda.

Mengenai skala penilaian juga bervariasi, bisa menggunakan kode angka maupun huruf. Bila metode interview yang Anda gunakan adalah terstruktur, menentukan pertanyaan ini secara tertulis sangat perlu. Berikut ada 10 daftar pertanyaan bisa Anda jadikan referensi.

10 Pertanyaan Efektif Saat Wawancara Kerja Kepada Pelamar
via: Freepik

1. Apa sajakah tiga hal paling penting yang perlu kami ketahui mengenai Anda?

Pertanyaan efektif saat wawancara satu ini bagus sebagai awalan bila dibandingkan dengan “Ceritakan mengenai diri Anda”. Dua alasan utamanya, pertama menunjukkan bahwa Anda sudah mempelajari resume pelamar kerja.

Alasan kedua, memungkinkan Anda mencermati cara kandidat berpikir. Jadi, Anda bisa mengetahui bagian resume mereka mana yang disoroti. Ataukah mereka akan menginformasikan kepada Anda hal baru yang tidak ada di resume.

2. Apa yang paling menarik perhatian Anda mengenai posisi ini?

Pertanyaan ini merupakan versi lain lebih tepat bila dibandingkan “Mengapa Anda merasa tertarik dengan pekerjaan ini?”. Melalui pertanyaan ini, Anda bisa memahami motivasi serta semangat pelamar kerja terhadap posisi pekerjaan diinginkan.

Antusiasme terhadap pekerjaan inilah salah satu hal yang dibutuhkan. Pertanyaan efektif saat wawancara satu ini, akan memudahkan proses memancing antusiasme pelamar kerja. Peluang untuk bekerja bagi kandidat antusias tentu lebih besar.

3. Sebutkan tiga hal apa saja yang paling Anda suka dari perusahaan kami!

Fungsi dari pertanyaan satu ini yaitu untuk membedakan tujuan setiap pelamar kerja, apakah hanya sekadar mencari pekerjaan atau memang memiliki ketertarikan dengan perusahaan.

Melalui pertanyaan ini, Anda bisa melihat tingkat motivasi pelamar untuk bekerja di perusahaan secara khusus, bukan di tempat lain. Tujuannya supaya memperoleh kandidat yang memiliki retensi serta keterlibatan tinggi terhadap perusahaan.

4. Apa yang bisa Anda lakukan lebih baik untuk kami dibandingkan pelamar lainnya?

Pertanyaan efektif saat wawancara ini bisa diajukan sebagai upaya memastikan pelamar kerja mempunyai visi jelas mengenai kontribusi apa yang bisa mereka berikan kepada perusahaan. Cari pelamar kerja yang percaya diri serta mampu memberikan keyakinan.

Mengetahui hal ini sangat penting bila sedang mencari kandidat dengan sifat pro aktif serta fokus terhadap proses bisnis Anda sekarang. Jadi, mereka nantinya bisa membantu memberikan ide baru terhadap upaya pengembangan bisnis.

5. Apa alasan Anda ingin bekerja di tempat kami?

Pertanyaan ini bisa digunakan untuk memperoleh wawasan atau informasi lebih mendalam terkait alasan pelamar kerja tertarik bekerja di tempat Anda, dan bukan perusahaan lain.

Pertanyaan efektif saat wawancara ini dapat membantu Anda menemukan pelamar kerja yang tertarik bekerja karena keinginan tulusnya terhadap perusahaan. Sebaiknya cari kandidat dengan visi jelas mengenai bagaimana kinerja mereka nantinya.

6. Seperti apakah hari kerja yang ideal bagi Anda?

Setiap perusahaan mempunyai budaya berbeda-beda. Hal ini berkaitan erat dengan hari kerja yang diterapkan. Pertanyaan satu ini bisa dijadikan pilihan bila Anda sedang memperkirakan seberapa cocok mereka dengan budaya perusahaan.

Apa yang pelamar kerja tersebut bayangkan, bisa Anda bandingkan dengan hari-hari biasa yang diterapkan perusahaan. Semakin mirip, maka akan semakin besar peluang kandidat tersebut produktif serta termotivasi dalam melakukan pekerjaan nantinya.

7. Jenis lingkungan kerja bagaimana yang mampu membuat Anda memberikan usaha atau performa terbaik serta paling produktif? Tolong jelaskan!

Pertanyaan efektif saat wawancara ini membantu Anda mengetahui jenis budaya perusahaan seperti apa yang membuat pelamar kerja tertarik. Jadi, Anda bisa memastikan bahwa kandidat tersebut kira-kira cocok dengan perusahaan Anda atau tidak.

Hal ini menjadi penting karena sudah banyak waktu dan biaya yang dihabiskan demi menemukan kandidat berkualitas. Jangan sampai berujung kecewa karena ternyata kandidat memiliki kinerja buruk setelah bergabung dengan perusahaan.

8. Bagaimana Anda akan mengatasi kondisi… (diisikan permasalahan yang berhubungan dengan pekerjaan dikehidupan nyata)?

Lewat pertanyaan ini, Anda bisa memperhatikan atau melakukan evaluasi tingkat pengetahuan, keterampilan serta pengalaman kandidat. Dalam resume pelamar mungkin sudah disebutkan, tapi mengajukan pertanyaan untuk memastikan tidak ada salahnya.

Sebab, hanya dengan mengajukan pertanyaan efektif saat wawancara ini secara langsung Anda bisa melihat bagaimana cara kandidat berpikir. Sebaiknya pilih permasalahan atau situasi kehidupan nyata yang relevan dengan pekerjaan tersebut.

9. Apakah ada sesuatu hal yang ingin Anda tambahkan dan belum kami tanyakan?

Fungsi dari pertanyaan satu ini, sebagai undangan kepada para pelamar kerja untuk menyebutkan sesuatu hal relevan dan ingin ditambahkan dari apa saja yang belum ditanyakan. Jadi, kandidat bisa merasa lebih puas sebelum mengakhiri sesi wawancara.

Setidaknya, walaupun nantinya ternyata mereka tidak lolos dalam tahap interview, melalui kesempatan ini semuanya sudah berusaha diberikan. Bila Anda menolak pada posisi sedang dibuka, mungkin mereka cocok untuk posisi lain.

Mempertimbangkan di posisi lain tidak harus saat ini, tapi bisa juga masa mendatang. Jadi, Anda bisa menyimpan lamaran kerja kandidat tersebut supaya saat membutuhkan posisi yang cocok bisa menghubunginya.

 10. Apakah Anda mempunyai pertanyaan untuk kami?

Pertanyaan efektif saat wawancara satu ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada kandidat mengajukan pertanyaan secara terbuka. Lewat pertanyaan ini, Anda bisa mengetahui apa yang dicari dan dianggap penting oleh para pelamar kerja.

Berbagai Kesalahan yang Dilakukan Rekruter dalam Wawancara Kerja

Supaya proses perekrutan karyawan berjalan baik dan optimal, berbagai kesalahan perlu diminimalisir. Kesalahan ini kerap diabaikan padahal memberikan pengaruh signifikan terhadap proses perekrutan kandidat.

Beberapa kesalahan dimaksud yaitu terlalu mengandalkan wawancara sebagai bahan evaluasi pelamar kerja potensial, bersikap bias dan diskriminatif, menolak pelamar overqualified, menunggu kandidat dengan kualifikasi sempurna, terburu-buru mempekerjakan karyawan.

Walaupun posisi pekerjaan tersebut sifatnya sangat urgen, sebaiknya tetap cermat saat memilih kandidat melalui tahap interview. Jangan terburu-buru yang mengakibatkan timbul penyesalan nantinya.

Jangan sampai karena kesalahan dianggap sepele tersebut, Anda menyia-nyiakan karyawan potensial dan mendapatkan kandidat mengecewakan. Bagaimanapun juga, pertanyaan efektif saat wawancara hanya sebagai salah satu upaya mengetahui informasi umum pelamar saja.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X