5 Hal yang Harus Disiapkan Saat Training untuk Karyawan Baru

Penting bagi sebuah perusahaan untuk menyiapkan training untuk karyawan baru. Dengan adanya training ini, bukan hanya pengetahuan seputar company profile yang akan dipaparkan di sana, tetapi juga memastikan karyawan baru lebih paham dengan tanggung jawabnya dalam pekerjaan yang akan dilakukan.

Dengan kata lain, ada segudang manfaat dari training untuk karyawan ini. Itu sebabnya, perusahaan perlu mempersiapkan beberapa hal di bawah ini untuk memastikan training berjalan dengan optimal.

Daftar lengkap pembelajaran karyawan baru

Persiapan training untuk karyawan baru bisa dimulai dengan membuat daftar lengkap pembelajaran untuk sang karyawan. Daftar lengkap pembelajaran ini berisi daftar training yang nantinya akan berguna atau dibutuhkan selama menjalankan pekerjaan. Tentunya perlu disesuaikan juga dengan posisi atau tugas dan tanggung jawab di pekerjaan tersebut.

Dengan adanya daftar lengkap pembelajaran ini, para karyawan baru juga bisa dengan lebih mudah untuk mengikuti dan memahami alur pekerjaannya nanti. Termasuk pula memudahkan para karyawan yang sedang mengikuti training untuk bisa lebih fokus.

Metode praktik untuk karyawan baru

Training untuk karyawan baru juga memerlukan metode praktik yang sesuai. Jangan sampai selama sesi training berlangsung para karyawan baru ini hanya dibekali dengan hal-hal yang bersifat teori saja. Pastikan teori-teori yang dipelajari dan diberikan juga diiringi dengan sesi training yang praktikal, bisa dilakukan langsung oleh peserta training.

Untuk itu, Anda juga bisa menggunakan daftar pembelajaran lengkap tadi sebagai panduan untuk menyiapkan sesi praktik ini. Cari tahu mana yang sangat perlu untuk dilatih secara praktik. Lalu, siapkan juga fasilitas yang dibutuhkan untuk sesi training tersebut. Pastikan sesi praktik juga didampingi oleh instruktur yang sudah ahli atau karyawan senior yang sudah berpengalaman di posisi tersebut.

Baca juga: Pengoptimalan Learning and Development untuk Karyawan Perusahaan pada 2021

Jadikan karyawan senior sebagai mentor

Seperti yang sudah disebutkan di atas, perusahaan juga bisa menjadikan karyawan yang lebih senior sebagai mentor atau instruktur dalam sesi training untuk karyawan baru ini, mengingat karyawan yang lebih senior sudah pasti memiliki jam terbang tinggi. Tidak hanya soal pengalaman kerja saja, namun juga wawasan mengenai kehidupan dan lingkungan pekerjaan itu sendiri. Ini memungkinkan karyawan senior memberikan gambaran situasi kerja yang lebih realistis.

Langkah perusahaan untuk melibatkan karyawan senior dalam sesi training untuk karyawan baru bisa jadi sebentuk apresiasi karena ini berarti perusahaan sendiri sudah percaya dengan kinerja, kemampuan, serta segudang pengalaman karyawan senior tersebut. Oleh karenanya, kepercayaan dari perusahaan kepada karyawan inilah yang akan membuat karyawan merasa lebih dihargai.

Bangun kerja sama tim

Persiapan lainnya yang juga sangat penting untuk diterapkan dalam sesi training untuk karyawan baru adalah mengarahkan mereka pada misi membangun kerja sama tim. Perlu ditekankan juga di sana bahwa kerja sama tim bukan semata-mata tanggung jawab dari pemimpin tim itu saja. Setiap anggota, yakni karyawan yang terlibat dalam tim itu, juga perlu ikut mengambil peran aktif.

Beberapa sikap yang layak dicontoh yakni dengan bertindak kooperatif, memiliki inisiatif yang tinggi, tidak merasa kecil saat dikritik, dan tetap rendah hati saat dipuji. Karakter karyawan seperti ini yang perlu disiapkan agar bisa membentuk tim yang lebih menyatu dan solid nantinya.

Tentukan jenis training yang tepat 

Setelah empat poin persiapan training untuk karyawan baru tadi sudah disiapkan dengan baik, maka persiapan yang terakhir yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis training yang tepat. Ingat, tidak semua jenis training bisa diterapkan untuk semua jenis perusahaan, jenis pekerjaan, dan karakter SDM. Itu sebabnya, perlu dilakukan analisa kondisi dan kebutuhan terlebih dulu.

Setelah sudah tahu kebutuhan training semacam apa yang paling tepat untuk melatih karyawan baru, barulah Anda dan tim mulai mencari kira-kira metode atau jenis training untuk karyawan seperti apa yang sekiranya paling cocok dan bisa mencapai tujuan akhir dari training tersebut.

Untuk membantu Anda menyiapkan jenis training yang tepat, ada Codemi yang siap membantu Anda. Platform manajemen pembelajaran berbasis cloud yang aman dan efisien ini bisa dipakai sebagai alat training untuk karyawan baru. Di platform ini sudah tersedia berbagai jenis dan metode pelatihan yang bisa disesuaikan kemudian dengan kebutuhan perusahaan.

Tidak hanya itu, fasilitas yang disediakan oleh Codemi demi kelancaran training untuk karyawan juga lengkap. Mulai dari akses data materi, forum pembelajaran online, sajian materi yang interaktif, semuanya dikemas dengan praktis. Lakukan training untuk karyawan baru di mana dan kapan saja bersama Codemi!


Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article

Apa itu pembelajaran kolaboratif? Secara singkat, pembelajaran kolaboratif adalah metode pembelajaran yang mendorong peserta untuk membentuk tim da

Apa yang menjadikan sebuah perusahaan dinilai hebat? Ada yang menjawab modal usaha yang besar, ada pula yang mengatakan laba usaha yang meningkat s