Permasalahan Psikologis yang Dialami Karyawan Selama Bekerja

Hampir semua orang pasti pernah mengalami stres, termasuk karyawan. Bekerja secara offline saja sudah membuat kondisi psikologis karyawan terganggu. Apalagi, sekarang pekerjaan dilakukan dari rumah atau WFH. 

Berdasarkan penelitian dari Keio University, sebanyak 41,3% dari 8.475 karyawan menyebut WFH dapat memperburuk kondisi mental. Ingin tahu apa saja penyebab, jenis-jenis, dan cara mengatasi permasalahan psikologis selama bekerja? Simak penjelasannya dibawah ini:

Penyebab Karyawan Mengalami Stres

Pasti ada penyebab dari setiap hal yang dialami, begitu pula dengan stress. Sadar atau tidak, ternyata beberapa hal ini dapat memicu stress selama Anda bekerja di suatu tempat. Berikut daftarnya:

Atasan yang Penuntut

Dalam dunia pekerjaan, banyak sekali jenis atasan yang bisa ditemui. Sebenarnya, para atasan akan bersikap baik jika kinerja Anda sempurna sebagai karyawan. Berkat perspektif ini, maka sangat besar kemungkinan Anda mendapat atasan yang banyak menuntut. 

Cara menuntut dapat dilakukan dengan cara halus maupun kasar, disesuaikan dengan kondisi pekerjaan. Terlalu mendapat banyak tuntutan ternyata dapat menekan mental seorang karyawan. 

Pertengkaran dengan Rekan Kerja

Dalam setiap kelompok atau organisasi, pasti ada saja pertengkaran yang terjadi. Pertengkaran dapat disebabkan karena berbagai hal, mulai dari perbedaan pendapat, sakit hati, hingga masalah yang lebih pribadi.

Apalagi, dalam suatu kantor yang memiliki banyak karyawan dengan latar belakang yang berbeda. Pasti konflik antar rekan kerja sering terjadi. Jika konflik ini berlanjut dan semakin memanas, maka kinerja Anda akan menurun dan menimbulkan stres bagi salah satu pihak.

Sebagai solusi, Anda dan rekan kerja bisa mencoba untuk tidak membawa masalah pribadi dalam hal pekerjaan. Sugesti diri Anda bahwa pekerjaan di kantor menjadi prioritas saat bekerja.

Beban Kerja

Selain atasan yang penuntut dan konflik antar rekan kerja, kondisi psikologis karyawan juga dapat terganggu karena beban kerja yang berat. Setiap karyawan sebaiknya hanya diberikan kerjaan secukupnya saja dan disesuaikan dengan kemampuan individu.

Bila Anda mengalami hal ini, Anda harus memberanikan diri untuk meminta atasan meringankan beban kerja Anda. Jika dibiarkan terus menerus, tidak hanya penyakit mental yang Anda alami. Anda bahkan bisa terkena penyakit fisik akibat kelelahan bekerja.

Overload Tanggung Jawab

Semakin banyak atau tinggi jabatan Anda, maka akan semakin berat pula beban pekerjaan Anda. Jika Anda diminta untuk mengisi banyak jabatan, maka sebaiknya Anda menolak dan memilih salah satu saja yang paling Anda sukai.

Meskipun banyak jabatan menghasilkan banyak uang, tapi cara ini dapat membuat Anda lelah secara fisik maupun mental. Anda masih manusia, bukan robot yang harus dipacu bekerja 24 jam.

Pikiran Negatif

Tahukah Anda ada istilah overthinking atau berpikir berlebihan? Ternyata, stres di tempat kerja juga dapat disebabkan karena hal ini. Kebanyakan karyawan mungkin bekerja terlalu keras lantaran takut posisinya tergantikan atau dipecat dari perusahaan.

Perasaan takut inilah yang nantinya dapat membuat Anda tertekan. Padahal, tidak ada seorang pun yang menekan atau menuntut Anda. Tapi, diri Anda sendiri yang berpikir macam-macam.

Kurangnya Komunikasi

Penyebab stres di tempat kerja selanjutnya adalah kurangnya komunikasi. Dalam hal ini, komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi dua arah antara rekan kerja maupun Anda dan atasan.

Tentu saja masalah komunikasi dapat menimbulka permasalahan psikologis karyawan. Bagaimana tidak? Sebagai makhluk sosial, tentu saja manusia membutuhkan komunikasi dengan orang lain agar tidak jenuh.

Jika di kantor tidak ada seorangpun yang mengajak Anda berdiskusi, bercengkrama, berbincang, atau sejenisnya, tentu saja Anda akan merasa tertekan. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan adaptasi Anda agar lebih mudah bergaul dengan rekan kerja maupun atasan.

Deadline Kerja yang Ketat

Beberapa karyawan mungkin masih bisa menghadapi beban kerja yang tinggi. Tapi, semua orang pasti akan sulit mengatasi permasalahan deadline kerja yang sangat ketat.

Coba bayangkan saja jika Anda diminta untuk menyelesaikan setumpuk dokumen dalam waktu satu hari. Pasti Anda akan sangat stres dan malah bingung harus mulai mengerjakan dari mana.

Ketidakjelasan Status

Penyebab yang satu ini sering dialami para karyawan baru. Kebanyakan karyawan baru masih berstatus magang atau kontrak. Kedua status ini tidak dapat menjamin Anda menjadi karyawan tetap.

Ketidakjelasan status ini akhirnya dapat mempengaruhi kinerja bahkan merusak kondisi psikologis karyawan. Tak jarang, beberapa karyawan khawatir akan masa depan mereka dan sudah membayangkan bagaimana perjalanan karirnya jika tidak menjadi karyawan tetap di perusahaan ini.

Karir Stagnan

Penyebab stres di tempat kerja selanjutnya adalah perkembangan karir yang stagnan atau mentok. Semua orang pasti ingin terus berkembang dan maju dalam berbagai hal, termasuk masalah jenjang karir. Mengalami perhentian peningkatan karir dapat membuat Anda merasa stres berat.

Pekerjaan tidak Sesuai

Penyebab yang terakhir ini mungkin memang agak sedikit konyol. Pasalnya, jika Anda memang merasa tidak sesuai dengan pekerjaan ini, mengapa Anda mengajukan lamaran? Meskipun agak sedikit membingungkan, nyatanya beberapa karyawan mengalami stres karena hal ini.

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang komputer, maka bekerjalah sebagai teknisi atau ahli IT. Jangan melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat atau bakat Anda. Jika dipaksakan, nantinya Anda akan tertinggal dan mengalami stres.

Macam-macam Permasalahan Psikologis

Masalah mental yang dapat dialami karyawan ada beraneka ragam. Selain stres, ada pula masalah mental lain yang mungkin menyerang psikologis Anda sebagai karyawan. Adapun, beberapa permasalahan psikologis tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Depresi

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang membuat seseorang kehilangan minat terhadap suatu hal, merasa sedih, dan kurang bersemangat. Biasanya, depresi disebabkan karena perubahan hormon atau proses kimia otak.

Dalam lingkungan kerja, gangguan mental ini banyak disebabkan karena stres yang berkepanjangan. Jika Anda sering merasa kosong, tidak punya harapan, sedih, dan menangis tanpa sebab, mungkin Anda mengalami depresi.

  1. Bipolar

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan gangguan mental yang satu ini. Bipolar merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan mood berubah drastis. Kestabilan suasana hati karyawan dapat terganggu akibat beban kerja yang berat dengan deadline yang ketat.

  1. Gangguan Kecemasan 

Masalah mental lain yang dapat dialami karyawan adalah gangguan kecemasan atau panic attack. Gangguan ini biasa disebabkan lantaran stres, trauma, atau bawaan penyakit tertentu. Jika Anda mengalami gangguan ini, Anda akan merasa cemas berlebih dan sulit untuk menjalin hubungan akrab dengan rekan kerja.

  1. PTSD

PTSD merupakan masalah mental yang merupakan efek pasca trauma. Seperti namanya, gangguan ini disebabkan oleh masalah yang traumatis. Misalnya, dahulu Anda mengalami pembulian di tempat kerja Anda. Mungkin sekarang Anda menjadi takut untuk berbaur dengan sesama rekan kerja.

Jika Anda mengalami gangguan ini, Anda akan merasa cemas dan tidak bisa mengendalikan diri. Selain itu, Anda juga akan ketakutan saat ada suatu hal yang mengingatkan Anda terhadap trauma.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi masalah mental yang menyerang kondisi psikologis karyawan. Namun, tentu saja dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh para tenaga ahli, seperti psikolog dan psikiater. Jadi, jangan menebak-nebak atau mendiagnosis diri sendiri, ya!

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Anda pasti sering mendengar pertanyaan apa itu organizational skills, apalagi bagi Anda yang bekerja di suatu perusahaan. Dalam dunia kerja, kita a

Codemi Publication

Peranan binatang peliharaan itu begitu penting sekali di era pandemi corona seperti sekarang ini. Karena hewan bisa menjadi cara terbaik untuk memb