LMS

Perbedaan Pelatihan SDM On the Job Training dan Off the Job Training

Untuk melatih dan mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), ada banyak metode pelatihan yang dapat digunakan. Namun, berdasarkan sifatnya, setidaknya ada dua jenis pelatihan SDM yang umumnya digunakan, yaitu on the job training dan off the job training

Kedua jenis pelatihan SDM ini bisa jadi strategi baik untuk tahap pengembangan SDM. Namun, sebelum menerapkannya, penting untuk Anda memastikan bahwa pemahaman yang Anda miliki tentang kedua jenis pelatihan ini sudah benar. Berikut adalah ulasan selengkapnya agar mudah memahami dan mengidentifikasi perbedaannya.

Apa itu on the job training?

Dimulai dari on the job training, metode pelatihan SDM atau karyawan sembari melakukan pekerjaan mereka langsung di tempat kerja. Tujuan utama dari metode pelatihan jenis ini adalah untuk membiasakan SDM dengan situasi kerja yang lebih realistis. Semua interaksi kerja dengan rekan tim, suasana dan lingkungan kerja, serta perangkat kerja yang digunakan merupakan bagian ekosistem kerja yang akan ia temui setiap harinya di sana. Itu sebabnya metode ini dirasa sangat efektif untuk menciptakan progress adaptasi yang lebih cepat bagi SDM.

Selama pelatihan SDM yang satu ini berlangsung, karyawan yang sedang dalam masa training biasanya akan bekerja di bawah pengawasan yang lebih ketat. Tergantung dari posisi kerjanya, karyawan ini akan diawasi oleh supervisor, manajer, atau bahkan pimpinan langsung. Proses pelatihan SDM serta evaluasi kerja pun bisa dilakukan saat itu juga tahapan pelatihan yang lebih cepat.

Apa itu off the job training?

Off the job training adalah metode pelatihan SDM yang diselenggarakan di luar lokasi kerja atau di luar kantor selama jangka waktu tertentu. Tujuan membuat training di luar kantor adalah demi menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk belajar dan melatih diri.

Gambaran mengenai proses kerja beserta tugas-tugasnya secara umum sudah pasti akan dipaparkan selama proses pelatihan SDM ini. Bahkan, jika memungkinkan, juga akan dilakukan praktik kerja selama masa training tersebut berlangsung. Namun, tentu saja akan ada perbedaan yang cukup besar dengan suasana atau kondisi di tempat kerja dan di lapangan nanti.

Dengan kata lain, tidak hanya menyiapkan lokasi baru atau lokasi selain tempat kerja untuk melatih SDM, tetapi perusahaan juga perlu memastikan ketersediaan peralatan training yang dirasa memadai sesuai dengan posisi pekerjaan yang hendak diberikan pelatihan.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Learning Management System

Kelebihan dan kekurangan keduanya

Keduanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ini juga bisa terlihat dari betapa berbedanya kedua metode pelatihan SDM ini. On the job training dilakukan di lingkungan kerja atau kantor, sementara off the job training dilakukan di luar kantor.

Dari sini, bisa terlihat kalau on the job training jelas memiliki biaya yang relatif lebih murah daripada metode off the job training yang perlu menyewa tempat dan fasilitas pleatihan lainnya. Kelebihan on the job training yang lainnya adalah fleksibilitas pelatihan karena akan lebih mudah untuk mengatur waktu, izin penggunaan alat, dan seterusnya. Ditambah lagi, kalau training dilakukan di kantor, training akan selesai dengan lebih cepat pula.

Tidak hanya on the job training yang memiliki kelebihan, off the job training juga memiliki kelebihannya sendiri. Salah satu yang paling terasa adalah off the job training dapat menyediakan lingkungan pelatihan yang lebih kondusif, memungkinkan SDM yang dilatih jadi lebih fokus, tenang, dan punya kesempatan untuk memberikan gagasan-gagasan inovatif. Berbeda dengan on the job training yang sudah disibukkan dengan lingkungan kerja aktif selama masa training.

Memberi SDM waktu dan ruang training yang mendukung bisa jadi cara perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDM. Upaya ini bisa menumbuhkan motivasi, loyalitas, dan apresiasi lebih pada perusahaan dalam diri karyawan. Kelebihan off the job training ini juga jadi alasan banyak perusahaan mempertimbangkan untuk menerapkan jenis pelatihan SDM ini.

Apapun jenis pelatihan SDM yang hendak Anda pilih, pastikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda juga. Pelatihan SDM ini juga bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan menggunakan platform training seperti Codemi. Codemi menggunakan sistem cloud yang membuat proses training dapat berlangsung dengan aman dan fleksibel karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja.


Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, para pelajar Indonesia diwajibkan untuk mengikuti sistem e-learning jarak jauh di rumah masing–mas

Codemi

Secara umum, banyaknya perusahaan training terbaik di Indonesia telah menunjukkan eksistensinya dalam menghasilkan bibit – bibit calon karyawan y