Peran Mentor dalam Membangun Karier

Dalam perkembangan diri peran mentor memiliki fungsi penting dalam mencapai tujuan yang diinginkan oleh setiap orang, baik dalam pengembangan bisnis maupun pekerjaan.

Mentor sering kali menjadi pihak yang dapat diandalkan dan tempat untuk berkonsultasi oleh para mentee, sering kali mentor juga menjadi rekan terdekat dari para karyawan dan pengusaha dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan karyawan mentor bisa berasal dari berbagai pihak, mulai dari supervisor hingga rekan kerja.

Beriku adalah beberapa peran mentor dalam membangun karier.

Peran Mentor Sebagai tempat untuk berdiskusi

Ketika dihadapkan kesulitan dalam karier dalam pekerjaan ataupun bisnis, Anda tidak perlu pusing karena dapat bertanya langsung kepada mentor. Diskusi ini diperlukan dalam memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi dan mencari solusi yang paling tepat.

Ini bisa didapatkan ketika Anda menemukan seseorang yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Mentor ini adalah orang yang tepat bagi Anda yang ingin berdiskusi mengenai permasalahan Anda.

Mendapatkan pembelajaran hasil dari pengalaman

Bukan sembarang teori dan praktik yang diajarkan oleh mentor. Dengan pengalaman yang dimiliki, peran mentor biasanya dapat dengan mudah menemukan solusi yang tepat bagi permasalahan Anda.

Pengalaman ini tidak bisa didapatkan dari buku dan tulisan melulu, namun mentor akan memberikan arahan berdasarkan pengalaman mereka. Ini dapat menghindarkan dari risiko kegagalan dan kesalahan, karena sebelum disampaikan telah diterapkan oleh mentor tersebut.

Meningkatkan peluang untuk mengembangkan jejaring

Peran mentor dalam membangun karier selanjutnya adalah dapat meningkatkan peluang untuk mengembangkan jejaring.

Jejaring menjadi hal penting yang harus terus dikembangkan oleh manusia, apalagi dalam dunia karier. Jejaring dapat berasal dari mana saja, keuntungan terbesarnya adalah dapat membantu Anda dalam mengatasi problem dan mengembangkan bisnis ataupun menyelesaikan pekerjaan.

Seorang mentor yang telah berpengalaman tentu akan memiliki jaringan. Anda yang masih merasa pemula akan sangat terbantu dengan kehadiran mentor ini. Bukannya tidak mungkin Anda akan dapat terhubung dengan orang-orang baru dengan lebih mudah dibantu oleh mentor.

Memudahkan dalam mencapai kesuksesan

Dalam mengembangkan jejaring baru, peran mentor dalam memberikan arahan akan membantu meningkatkan peluang untuk mendapatkan kesuksesan semakin besar. Anda akan bertindak sesuai arahan, lebih teratur, namun juga mempertimbangkan segala risiko dan kondisi. Ibaratnya, melangkah dengan perhitungan yang matang.

Tindakan-tindakan tersebut tentunya bertujuan untuk mengantarkan Anda mengarah kepada kesuksesan, dengan bantuan dari mentor.

Melalui platform Codemi Learning, anda juga dapat melaksanakan program mentoring melalui produk kami social learning dimana dengan menggunakan fitur expert directories anda dapat melakukan sesi mentoring baik dengan sesama karyawan maupun dengan atasan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article

    Membangun motivasi intrinsik dan ekstrinsik kepada para pekerja adalah apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam jangka panjang. Adanya dua jenis m

    Perusahaan yang mengetahui manfaat agile leadership terbilang telah dalam jalur baik. Terutama disebabkan telah menjadi teknik dan strategi kepemim