Pentingnya Social Intelligence Dalam Dunia Kerja

Salah satu penyebab terjadinya masalah di lingkungan kerja adalah ketidakpahaman akan pentingnya social intelligence. Padahal social intelligence atau kecerdasan sosial adalah hal dasar bagi seseorang untuk membangun karir.

Sebab apapun pekerjaan yang ditekuni oleh seseorang, ia pasti akan berhubungan dengan manusia lainnya. Bahkan meski jika pekerjaan tersebut sebenarnya lebih banyak berurusan dengan mesin ataupun teknologi.

Sebut saja jika Anda adalah seorang desainer grafis. Memang kebanyakan waktu akan dihabiskan di depan komputer untuk membuat desain yang menarik. Tetapi tetap akan ada momen Anda harus melakukan sosialisasi.

Mulai dari melakukan pengenalan diri untuk mendapatkan klien, melakukan komunikasi dengan klien hingga menyampaikan hasil kerja kepada klien. Tanpa melakukan itu semua, tentu Anda tidak bisa menjalankan pekerjaan seorang desainer.

Hal ini juga berlaku pada seluruh pekerjaan yang ada di dunia. Oleh karena itu bila Anda ingin mendapatkan kesuksesan dalam dunia kerja, Anda harus memiliki kecerdasan sosial.

Pentingnya Social Intelligence dalam Membangun Kesuksesan Berkarir

Ketika membicarakan dunia kerja, pasti yang diinginkan adalah mencapai kesuksesan. Bahkan beberapa orang berharap dapat mencapai kesuksesan tersebut di usia muda hingga akhirnya dapat pensiun dini.

Namun untuk mendapatkan kesuksesan di dunia kerja bukanlah hal mudah. Selain mengukur dari kemampuan dan kecerdasan diri, kompetisi untuk mencapainya sangatlah ketat. Sehingga Anda harus mampu bersaing agar mendapatkan kesuksesan.

Dengan memiliki kecerdasan sosial, akan membantu Anda dalam berkompetisi untuk mendapatkan kesuksesan karir. Berikut adalah beberapa hal penting yang Anda dapatkan dengan memiliki kecerdasan sosial.

  1. Memperluas Relasi

Tidak bisa diungkiri bahwa relasi atau jaringan memiliki peranan penting dalam membangun kesuksesan karir. Karena dengan adanya relasi, segala urusan dapat berjalan lebih mudah dan lancar.

Anda bisa melihat bagaimana banyak sekali bisnis yang terbangun berawal dari relasi atau jaringan. Oleh karena itu semakin luas relasi Anda, maka akan semakin luas juga kesempatan Anda untuk sukses.

Pentingnya social intelligence adalah membuat Anda mudah berhubungan dengan siapa saja. Dengan begitu, semakin mudah juga bagi Anda untuk menambah relasi baru dan memperluas jaringan pertemanan.

  1. Membuka Banyak Momentum

Memiliki banyak teman atau relasi memang akan memperluas kemungkinan untuk mendapatkan kesuksesan. Namun diperlukan kejelian lebih bagi seseorang untuk bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dan menjadikannya sebuah momentum.

Sebab sering sekali kesempatan emas dalam berkarir terlewat begitu saja dan berakhir sia-sia. Hal ini terjadi karena ketidakmampuan dalam menemukan dan mengubah kesempatan menjadi sebuah momentum.

Dengan memiliki kecerdasan sosial, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi sebuah kesempatan untuk mencapai keberhasilan. Dengan begitu, akan sangat mudah bagi Anda untuk membuka banyak momentum kesuksesan.

Pentingnya Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Seorang Karyawan

Anda mungkin berpikir bahwa kecerdasan sosial hanya dibutuhkan oleh mereka yang memiliki usaha sendiri atau pemilik bisnis. Sehingga untuk seorang karyawan hanya cukup memiliki kemampuan bagus dan menuruti perintah atasan.

Namun anggapan tersebut adalah keliru. Kecerdasan sosial bukan hanya penting untuk mereka yang membangun usahanya sendiri. Bagi Anda yang merupakan seorang karyawan juga harus memiliki kecerdasan sosial.

Karena ada banyak keuntungan yang didapatkan bila Anda memiliki kecerdasan sosial. Berikut telah kami rangkum beberapa keuntungan bagi seorang karyawan yang memiliki kecerdasan sosial tinggi.

  1. Terhindar Dari Kompetisi Tidak Sehat

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa setiap orang harus berkompetisi untuk mendapatkan kesuksesan. Bahkan antar sesama rekan kerja bisa terjadi kompetisi untuk mendapatkan promosi. Masalahnya, banyak kompetisi yang dilakukan secara tidak sehat. 

Contoh yang paling sering ditemui adalah melakukan fitnah atau menjelekkan nama karyawan tertentu agar sulit naik jabatan. Pentingnya social intelligence adalah membuat Anda terhindar dari hal berikut.

Karena dengan kecerdasan sosial yang baik, rekan kerja akan lebih respect terhadap Anda. Sehingga mereka lebih enggan untuk melakukan cara kotor seperti memfitnah atau menjelekkan nama Anda.

  1. Disukai Para Kolega & Atasan

Sebagai seorang karyawan tentu Anda akan banyak berinteraksi dengan para kolega dan atasan. Dengan memiliki kecerdasan sosial, Anda bisa memberikan kesan baik kepada mereka selama berinteraksi.

Dengan begitu para kolega dan atasan akan lebih menyukai Anda. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam melakukan pekerjaan. Selain itu Anda juga bisa terhindar dari konflik yang mengganggu produktivitas.

Mendapatkan kesuksesan di dunia kerja memang bukan perkara mudah. Karena selain harus memiliki kemampuan dan kecerdasan, Anda juga dituntut untuk melakukan kompetisi dengan satu sama lain.

Memiliki kecerdasan sosial dapat membantu Anda dalam menghadapi kompetisi di dunia kerja dan mendapatkan kesuksesan. Namun banyak orang yang belum memahami pentingnya social intelligence ini.

Simak ulasan kami sebelumnya mengenai social intelligence di sini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

1 Comment

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Cara membangun emotional intelligence adalah pengetahuan wajib. Ini sangat penting baik ketika diterapkan di dunia kerja maupun dalam kehidupan seh

    Codemi Publication

    Pelamar baru harus paham apa itu proses screening calon karyawan ketika hendak melamar pekerjaan pada suatu perusahaan. Tindakan ini merupakan sele