Pentingnya Peranan On Boarding dalam Menjaga Produktivitas Karyawan

Tidak dapat dipungkiri bila peranan on boarding itu penting sekali untuk menjaga produktivitas pekerja saat ini. Sehingga mereka bisa lebih mudah melakukan adaptasi terhadap lingkungan kerjanya dengan cepat dan efisien.

Seperti yang terlihat bahwa umumnya setiap perusahaan akan melakukan perekrutan kepada karyawan barunya setiap 2 sampai 5 tahun sekali. Tujuannya untuk memenuhi tuntutan pekerjaan di kantor yang meningkat sepanjang waktu.

Sayangnya para pekerja yang baru saja direkrut seringkali membuat perusahaan menjadi kecewa. Karena mereka tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Bahkan beberapa diantaranya tidak kuat bertahan pada 1 tahun pertamanya.

Tentunya hal ini menjadi masalah besar sehingga solusinya adalah dengan memanfaatkan peranan on boarding program dengan baik kepada para karyawan baru. Sehingga perusahaan bisa mengetahui sikap, ketrampilan, dan pengetahuan karyawannya.

Pengertian Onboarding Karyawan di Sebuah Perusahaan

Sebelum membahas seputar bagaimana peranan dari program onboarding tersebut, maka sebaiknya kenali dulu definisinya lebih jauh. Sehingga Anda bisa membuat kesimpulan soal pentingnya program yang dijalankan tersebut untuk sebuah perusahaan.

Onboarding sendiri adalah proses saat karyawan bisa menyesuaikan dirinya dengan perusahaannya. Yaitu meliputi tempatnya bekerja, jenis pekerjaan, budaya kantor, cara berkomunikasi dengan orang yang terlibat ke dalam lingkungan pekerjaannya tersebut.

Simpelnya, onboarding itu adalah proses untuk membuat karyawan bisa menyesuaikan diri terhadap tempat kerjanya lewat serangkaian tes dulu. Namun tentunya cara tersebut tidak lepas dari peranan tempat kerja karyawan sendiri.

Selain kantornya, departemen HR juga mempunyai peranan besar terhadap kesuksesan dari program tersebut. Biasanya untuk mendapatkan keuntungan dari peranan on boarding di sebuah perusahaan dibutuhkan waktu selama beberapa bulan lamanya.

Jadi melihat dari definisinya tersebut, maka beberapa orang terkadang mengira bila proses melakukan adaptasi itu mudah. Jadi tidak butuh waktu lama untuk melakukannya tersebut dengan baik seperti yang diharapkan mereka.

Padahal fakta membuktikan bahwa proses onboarding tersebut terkadang tidak berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan. Karena cara untuk mengetahui kesuksesan program tersebut dilihat dari karyawan sebagai peserta yang mengikuti programnya.

Bila karyawan tersebut bisa bertahan setidaknya selama 1 tahun di tempatnya bekerja, artinya program itu sudah berhasil dilakukan oleh perusahaan. Karena karyawannya itu bisa bertahan dan menyelesaikan jobdesknya dengan baik.

Karena umumnya ada banyak karyawan yang baru saja bekerja namun tidak kuat bertahan dalam waktu lama. Hal tersebut bisa terjadi karena proses orientasi di awal mereka menjadi karyawan baru gagal.

Peranan On Boarding dalam Menjaga Produktivitas Karyawan 

Melakukan program onboarding akan membuat karyawan bisa beradaptasi terhadap lingkungan kerjanya dengan baik sehingga produktivitasnya meningkat. Berikut ini adalah peranan dari program onboarding demi membuat produktivitas karyawan menjadi semakin meningkat:

  1. Program onboarding akan membuat karyawan baru lebih mudah melakukan adaptasi terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Sehingga mereka bisa semakin nyaman bekerja dan percaya diri dengan cara mengajak karyawan touring mengelilingi perusahaannya.
  2. Metode onboarding yang interaktif menjadikan para pekerja baru semakin mudah dalam melakukan komunikasi terhadap karyawan lain. Sehingga hal tersebut membuat para pekerja baru tersebut bisa berinteraksi dengan mudah dan cepat.
  3. Dengan program onboarding akan membuat visi misi perusahaan bisa tercapai. Karena program tersebut bertujuan untuk memperkenalkan visi misi perusahaan sehingga para karyawan bisa mengetahui bagaimana cara terbaik mencapai target perusahaan. Setiap pekerja yang mengenal visi misi perusahaan dengan baik akan membuat perkembangan kantor semakin baik dalam mencapai tujuannya. Karena kinerja pada pekerja tersebut semakin bagus dan sesuai target perusahaan tersebut.
  4. Onboarding yang dilakukan dengan benar bisa dijadikan sebagai ice breaking perusahaan supaya tidak canggung dan merasa takut saat bertemu dengan karyawan lainnya. Sehingga suasana di kantor bisa mencair dan nyaman.
  5. Program onboarding tersebut bisa membantu para pekerja mengetahui job description dan divisi perusahaannya dengan baik berdasarkan jabatannya. Sehingga mereka bisa lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan posisi yang dimilikinya tersebut.

Jadi itu tadi penjelasan tentang pengertian sekaligus peranan dari program onboarding kepada karyawan baru. Dengan memahami beberapa peranan on boarding tersebut bisa mengajarkan perusahaan tentang pentingnya program tersebut sebaik mungkin. Anda juga dapat menyimak ulasan kami tentang bagaimana cara mengadakan program on boarding di masa pandemi disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Cara perusahaan membangun organizational skills pada tiap karyawan akan membantu performa kerja dan produktivitas mereka. Untuk menciptakan karyawa

Codemi Publication

Pada dasarnya ada beberapa keterampilan yang harus diajarkan pada manager demi perkembangan sebuah perusahaan. Karena manajer sendiri adalah orang