Pentingnya Manajemen Stress bagi Karyawan di Tempat Kerja

Keterampilan manajemen stress sangat diperlukan oleh semua orang dalam menjalankan keseharian dan rutinitasnya. Stress adalah suatu hal yang sangat normal dan manusiawi. Sehingga ini merupakan fitrah alami yang tidak terhindarkan.

Begitu juga dalam pekerjaan, mungkin Anda menjumpai karyawan yang mengalami penurunan performa kerja, tidak memiliki motivasi, tidak bersemangat, bahkan kerap terlambat dan tidak memenuhi deadline.

Itu adalah tanda-tanda staff Anda mengalami tekanan. Sebagai manajer, tentunya ada yang harus dilakukan untuk merespon hal tersebut. Sehingga staff Anda kembali bersemangat serta termotivasi dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Manfaat Manajemen Stress untuk Karyawan

Semua orang pasti pernah mengalami stress dalam hidupnya. Stress merupakan respon alami tubuh ketika menjumpai keadaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Kondisi tersebut tidak dapat dihilangkan, namun bisa dikelola dengan baik. 

Dalam pekerjaan, banyak hal dapat menyebabkan karyawan merasakan stress atau tekanan. Misalnya adanya penambahan beban kerja sehingga membuat staff kelelahan, lingkungan kerja tidak kondusif, hingga budaya kerja tidak apresiatif.

Sebagai seorang pemimpin, Anda tentu perlu melihat hal tersebut layaknya persoalan besar yang perlu segera diatasi yakni dengan menerapkan pengelolaan stress. Lantas, apa saja manfaat mengelola kondisi ini bagi karyawan?

Meminimalisir Hari Sakit

Tekanan seringkali menjadi penyebab banyaknya gangguan kesehatan sehingga menyebabkan orang Anda terpaksa tidak masuk kerja. Dengan manajemen stress yang baik, karyawan akan lebih sehat dan memiliki imun tubuh tinggi.

Karyawan yang sehat mampu menyelesaikan pekerjaan dengan performa positif sehingga hasilnya tidak mengecewakan. Artinya, pengelolaan tekanan secara tepat memiliki kaitan erat dengan produktivitas di tempat kerja.

Budaya Perusahaan yang Kuat

Karyawan berperan besar dalam membangun serta mempertahankan budaya perusahaan. Individu yang sehat mampu menjalankan perannya dengan baik. Sehingga dapat mempertahankan budaya perusahaan yang kondusif untuk kreativitas serta produktivitas.

Menunjukkan Keberpihakan Perusahaan

Karyawan adalah anggota yang bernaung di bawah organisasi perusahaan. Dengan demikian, perusahaan memiliki peran dan tanggung jawab, termasuk dalam hal kesehatan para anggotanya.

Kehadiran Anda sebagai manajer merupakan sebuah dukungan dan kepedulian. Melalui program pengelolaan stress, karyawan akan mengerti bahwa Anda peduli dengan kesehatan serta kebahagiaan mereka. 

Membuat Program Manajemen Stress bagi Karyawan

Stress tidak sepenuhnya buruk, ada dampak positif yang bisa diambil dari kondisi tersebut. Kuncinya ialah dengan pengelolaan yang tepat. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips membuat program pengelolaan stress bagi karyawan Anda.

Mengidentifikasi Penyebab Stress

Langkah awal dalam mengelola program ini yaitu dengan mengidentifikasi penyebab stress pada karyawan. Anda dapat melakukan survei secara reguler mengenai hal-hal yang membuat staff tertekan.

Ini mungkin saja disebabkan oleh masalah pribadi dan tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan. Namun tidak menutup kemungkinan tekanan tersebut berkaitan dengan beban kerja. 

Melalui identifikasi penyebab, Anda dapat mencari bagaimana solusi penyelesaiannya. Langkah identifikasi ini bisa dilakukan baik dengan pendekatan personal dari satu individu ke individu lain maupun pendekatan organisasional.

Membangun Budaya Reward and Recognition

Tips membuat manajemen stress lainnya yaitu dengan menumbuhkan budaya employee recognition and reward. Beban kerja yang terus menumpuk seolah tidak memberi kesempatan bagi karyawan untuk mengambil jeda.

Terlebih jika tidak ada dukungan dari lingkungan kerja. Karenanya, dorong para karyawan untuk saling memberi dukungan melalui peer recognition. Di samping itu, berikan juga contoh nyata dengan memberikan apresiasi kepada karyawan berprestasi.

Fokus pada Kesehatan Karyawan

Kesibukan kerja terkadang membuat seseorang tidak memiliki waktu atau kemauan untuk berolahraga. Padahal aktivitas fisik memiliki dampak positif untuk meringankan, meredakan, hingga mencegah datangnya tekanan. 

Oleh karena itu, salah satu program pengelolaan stress yang efektif yaitu dengan membuat jadwal olahraga. Misalnya menyediakan waktu khusus untuk senam, yoga, atau stretching ringan.

Perlu juga memberikan dorongan kepada semua karyawan agar menyempatkan diri berolahraga setiap hari meskipun intensitasnya ringan. Latihan ringan dan pernapasan juga bisa meringankan berbagai tekanan.

Pentingnya menjaga pola makan dan asupan harian juga perlu disampaikan. Jika memungkinkan, komunitas atau klub olahraga di lingkungan perusahaan bisa menjadi alternatif menyenangkan untuk stress release bagi karyawan.

Berbagai beban kerja di perusahaan serta permasalahan pribadi membuat karyawan tidak terhindar dari tekanan. Jika tidak dikelola dengan baik, ini dapat memperburuk kinerja maupun kesehatannya. Untuk itu, diperlukan program, manajemen stress yang efektif. Simak juga ulasan kami mengenai tips dan trick mengatasi stress akibat pekerjaan baru disini.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Mengamati perusahaan besar, pasti ada kebijakan bahwa karyawan harus diberikan pelatihan. Baik kepada karyawan yang baru saja selesai mengikuti sel

Codemi Publication

Bagi seorang pemilik bisnis, tentunya harus memahami bagaimana mengelola karyawan milenial di era teknologi digital ini. Mengingat saat ini generas