LMS

Pentingnya Learning Management System untuk Perusahaan

Di era digital saat ini, perusahaan dapat mengelola dan menciptakan modul pembelajaran online atau e-learning dengan lebih mudah. Terlepas dari jenis industri yang dijalankan, sistem manajemen e-learning sangat dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Secara sederhana, manfaat learning management system dapat dilihat dari meningkatnya produktivitas karyawan serta efektivitas dan efisiensi perusahaan.

Melalui sistem pembelajaran berbasis online, seluruh karyawan maupun manajer di perusahaan akan memperoleh kesempatan untuk mendapat pelatihan dan pengetahuan baru. Sistem manajemen e-learning ini nantinya juga akan mencantumkan laporan peningkatan atau progres yang telah dicapai para peserta pembelajaran. Masih ragu menggunakan sistem manajemen e-learning untuk perusahaan Anda? Beberapa manfaat learning management system berikut layak untuk dipertimbangkan.

Distribusi materi pembelajaran lebih efisien

Manfaat learning management system yang bisa dengan mudah terasa yaitu proses distribusi materi pembelajaran yang lebih mudah. Melalui platform e-learning ini, Anda bisa dengan mudah mendistribusikan materi pelatihan, video tutorial, e-book, latihan soal, bahkan menyelenggarakan kuis dan ujian secara online. Peserta pembelajaran pun dapat dengan mudah mendapatkan materi kapan saja dan dari mana saja karena bisa diakses dengan mudah melalui perangkat digital. Distribusi materi yang lebih efisien ini tentu menguntungkan pengelola dan peserta e-learning.

Belajar lebih fleksibel

Learning management system berbasis cloud atau sistem komputasi memungkinkan peserta pelatihan mengakses materi belajar tanpa batas. Baik melalui laptop, PC, tablet, atau bahkan smartphone. Selama terhubung dengan koneksi internet, maka seluruh peserta bisa mengakses materi belajar tanpa batasan kapan saja dibutuhkan. Dengan begitu, proses belajar pun lebih efektif bagi masing-masing peserta e-learning. Tanpa harus mengesampingkan tanggung jawab serta target-target lain yang perlu dicapai.

Mendukung proses belajar peserta

Tentu saja, manfaat learning management system dapat sangat mendukung proses belajar peserta. Selain memungkinkan mereka untuk belajar lebih fleksibel, sistem manajemen e-learning juga memungkinkan peserta belajar secara mandiri dengan mencari, menentukan, dan mengikuti kelas online yang dibutuhkan. Hal ini jelas lebih baik daripada mereka harus merasa ‘terpaksa’ untuk mempelajari hal-hal yang tidak dibutuhkan atau diinginkan. Proses belajar peserta tentu akan berjalan lebih baik dengan menggunakan sistem manajemen e-learning.

Memangkas biaya pelatihan SDM

Jika sebelumnya perusahaan harus menyediakan budget yang besar untuk setiap pelatihan, maka dengan penggunaan learning management system hal ini tidak lagi terjadi. Pelatihan SDM dapat dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka secara langsung. Artinya, Anda tidak perlu menyewa tempat khusus, menyediakan konsumsi, hingga transportasi untuk karyawan maupun manajer yang akan mengikuti pelatihan. Jelas manfaat learning management system berpengaruh pada kondisi keuangan perusahaan yang lebih baik.

Mudah pantau kemajuan belajar peserta

Kemajuan belajar peserta dapat lebih mudah dipantau juga menjadi salah satu manfaat learning management system. Pengelola kelas-kelas online yang telah ditunjuk oleh perusahaan bisa memantau seberapa sering peserta hadir di kelas online yang tersedia. Mereka juga bisa mengetahui frekuensi dan durasi belajar dari masing-masing peserta. Bahkan kemajuan belajar juga bisa diketahui karena pengelola learning management system dapat melihat skor tes yang didapatkan oleh peserta pelatihan.

Memungkinkan pengembangan materi pelatihan

Pada kasus-kasus tertentu, materi pelatihan perlu mendapatkan perubahan. Karena berbasis digital, maka penyelenggara pelatihan dapat menghemat waktu dan tenaga lebih banyak. Melalui learning management system mereka dapat menyusun, mengedit, hingga mendistribusikan materi pelatihan online dengan cepat dan tepat. Pengembangan materi pelatihan pun dapat dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan belajar masing-masing peserta. Tanpa perlu waktu lama, materi pelatihan dapat dikustomisasi.

Menciptakan interaksi sosial antar peserta

Meski masing-masing peserta pelatihan bisa memilih waktu dan durasi belajarnya sendiri, mereka pun tetap berkesempatan untuk berdiskusi dengan peserta lainnya. Artinya, manfaat learning management system juga mampu mendukung terciptanya interaksi sosial antar peserta. Dengan berbagai informasi yang ada, seluruh peserta dapat bertukar pikiran untuk memecahkan soal atau permasalahan yang dihadapi. Ini juga baik untuk menciptakan suasana kerja yang lebih dinamis dan kekeluargaan di dalam perusahaan Anda.

Melihat ada banyak manfaat learning management system yang bisa Anda dapatkan, maka ini adalah saat yang tepat untuk segera menggunakan online platform yang menyediakan program manajemen e-learning. Codemi menjadi salah satu yang terbaik dan dapat dipercaya. Learning management system yang disediakan oleh Codemi berbasis cloud, sehingga keamanan data-data perusahaan dan kemudahan akses pada materi pembelajaran tetap terjamin.

Lebih dari itu, Codemi juga menyediakan fitur-fitur canggih yang akan semakin memudahkan jalannya proses pembelajaran. Misalnya, konsep gamifikasi yang ditawarkan sehingga peserta e-learning semakin termotivasi untuk belajar demi memperoleh poin dan reward. Tersedia pula leaderboard yang mencantumkan ranking peserta pembelajaran. Sebuah konsep yang menyenangkan untuk diterapkan pada seluruh karyawan di perusahaan Anda, bukan?

CEO of Codemi.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Zaki Falimbany

Meningkatkan kemampuan karyawan adalah suatu hal yang mutlak. Di era yang penuh persaingan ini, perusahaan Anda akan lebih mudah bertahan jika memi

Zaki Falimbany

Pada dasarnya, blended learning adalah metode pembelajaran dengan menggabungkan beragam cara penyampaian oleh pengajar kepada peserta didik. Termas