Pentingnya Empati dan Simpati Manajer Bagi Produktivitas Karyawan

Rasa empati dan simpati manajer dapat berdampak pada produktivitas karyawan di kantor. Hubungan yang harmonis antara atasan bawah serta antara karyawan lainnya merupakan kunci sukses dari sebuah perusahaan.

Cara paling tepat untuk mewujudkan hal tersebut adalah menumbuhkan rasa empati serta simpati manajer ke karyawannya, serta sebaliknya. Simpati dan empati dapat menciptakan lingkungan kerja yang sehat juga positif.

Mengutip dari the balance careers, 82 persen pimpinan perusahaan setuju mengenai sikap empati dapat menciptakan suasana positif terhadap kinerja bisnis, dapat memotivasi karyawan sampai meningkatkan produktivitas.

Terdapat tiga faktor utama dapat meningkatkan dukungan organisasi serta membuat pegawai menjadi lebih merasa dihargai. Pertama keadilan, seorang pegawai yang mempercayai perusahaannya bersikap adil akan merasa lebih dihargai.

Kedua dukungan rasa empati dan simpati manajer, seorang manajer atau supervisor selalu bertindak mengatasnamakan perusahaan. Sehingga jika Anda memberikan apresiasi juga dukungan terhadap pegawai, otomatis mereka akan merasa dihargai juga oleh perusahaan secara keseluruhan.

Ketiga penghargaan, setiap manajer harus memberikan reward serta pengakuan atas setiap pekerjaan dilakukan dengan baik oleh mereka. Mengakui kontribusi karyawan dapat membuatnya lebih merasa dihargai.

Rasa empati dan simpati manajer sangat penting dalam dunia kerja, memiliki sikap untuk memahami perasaan orang lain juga turut merasakan apa mereka rasakan adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Tempat kerja yang menanamkan rasa empati dan simpati tinggi dapat membuat pekerjaan lebih cepat selesai juga dapat meningkatkan kepuasan para karyawan. Jika pimpinannya memperlihatkan rasa tersebut terhadap karyawannya.

Maka otomatis setiap karyawan juga memiliki rasa empati dan simpati manajer yang sama terhadap rekan kerjanya. Mereka akan saling memotivasi juga menguatkan sehingga terhindar dari lingkungan kerja yang toxic.

Dampak Positif Memberikan Empati Serta Simpati Manajer Terhadap Karyawannya

Seperti yang telah dijelaskan, memberikan empat dan simpati dapat membuat lingkungan kerja menjadi lebih positif. Lingkungan positif juga membuat karyawan menjadi lebih produktif. Selain itu inilah dampak positif lainnya yang membuat rasa empati dan simpati manajer sangat penting.

Komitmen

Karyawan yang merasa dihargai serta dihormati juga diperhatikan akan cenderung menghargai serta meningkatkan loyalitasnya terhadap perusahaan. Selain itu juga merasakan dukungan juga rasa memiliki terhadap perusahaan sehingga menjadikannya identitas atau bagian dari dirinya.

Hal tersebut dapat meningkatkan komitmen dan loyalitas para pegawai terhadap perusahaannya.

Kepuasan kerja dan suasana hati

Manfaat dari empati dan simpati manajer selanjutnya adalah Kepuasan kerja akan semakin besar jika pegawai Anda merasa dihargai. Membuat suasana kerja menjadi lebih bahagia dapat membuat sikap para pegawai juga menjadi lebih positif. Setiap karyawan pasti menginginkan kerja kerasnya dihargai.

Minat Kerja

Setiap orang pasti cenderung akan mengerjakan tugas sesuai dengan keterampilan serta kemampuannya masing-masing. Dukungan dari tempat kerjanya diperlukan untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri serta kompetensi setiap pegawai.

Kinerja

Tenaga kerja merasa telah dihargai serta didukung akan memiliki kinerja yang baik daripada sebelumnya. Bahkan akan melampaui tugas yang diwajibkan, setiap pegawai juga akan membantu satu sama lain dan dapat memperoleh pengetahuan serta keterampilan bermanfaat di tempat kerjanya.

Inisiatif juga produktivitas tersebut dapat membantu perusahaan dalam melindungi bisnis dari setiap risikonya.

Ketegangan psikologis

Dukungan perusahaannya dapat membantu karyawan mengatasi stres dikarenakan pekerjaannya. Yang dapat membantunya adalah dukungan serta bantuan praktis sehingga membuat emosionalnya lebih baik.

Dukungan perusahaan dapat membantu mengurangi stres setiap perusahaannya, alasan setiap karyawan stres karena pekerjaannya bisa berbeda beda. Contohnya kelelahan, kecemasan serta sakit kepala.

Perusahaan harus peka dengan hal itu untuk membuat lingkungan kerja tetap produktif. Karena produktivitas seseorang dipengaruhi dengan kondisi mental serta lingkungan pekerjaannya.

Keinginan karyawan untuk tepat bekerja

Pegawai yang mendapatkan dukungan dari manajer atau perusahaannya cenderung tidak akan meninggalkan pekerjaannya. Sebaliknya, mereka akan menjadi lebih loyal serta menganggap perusahaan menjadi bagian darinya.

Bahkan mereka juga tidak akan tergiur jika ada tawaran pada perusahaan lain dengan posisi yang sama. Walaupun gaji lebih baik serta status lebih tinggi.

Cara untuk memberikan simpati serta empati terhadap orang lain sangat mudah, mendengarkan orang lain, memperlakukannya dengan baik dan menghargai keberagaman yang ada. Rasa empati dan simpati manajer merupakan representatif perusahaan.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

2 Comments

    Leave Comment

    Your email address will not be published, Required fields are marked





    Related Article
    Codemi Publication

    Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

    Codemi Publication

    Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

    Unduh Codemi Learning Report 2021

    X