Fokus Pada 10 Hal Berikut agar Pembelajaran Daring Lebih Efektif

Banyak pengajar pada zaman sekarang ini menggunakan yang sistem online masih bingung bagaimana membuat pembelajaran daring lebih efektif. Tentu ada trik tersendiri agar proses itu berjalan lancar.

Penggunaan sistem ini memang berguna pada saat terjadi masalah-masalah yang mengharus proses belajar mengajar dilakukan di luar sekolah. Misalnya saja, pada saat terjadi pandemi atau bencana-bencana tertentu.

Solusi menggunakan cara ini memang sangat besar pengaruhnya. Akan tetapi karena ketidaksiapan seorang pengejar butuh tips agar pembelajaran daring lebih efektif dan siswa dapat mengikutinya tanpa adanya masalah sama sekali.

Efektif atau tidaknya pembelajaran tersebut tetap tergantung para pengajarnya sendiri, di mana mereka perlu melakukan beberapa strategi khusus. Strategi tersebut perlu dipersiapkan sebelum proses belajar itu dilakukan nantinya.

Apalagi sistem ini seorang guru tidak bisa mengawasinya secara langsung, sehingga perlu beberapa cara agar guru dapat melihat perkembangan pelajarnya. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini.

10 Hal yang Membuat Pembelajaran Daring Menjadi Lebih Efektif

Sebagai seorang pengajar pastinya butuh referensi agar pembelajaran daring lebih efektif dilakukan. Apalagi pembelajaran jenis ini mulai dilakukan beberapa tahun terakhir. Tenang saja, beberapa hal ini akan membantu Anda saat belajari via daring.

Power Point Dibuat Semenarik Mungkin

Biasanya pembelajaran selalu berhubungan dengan Microsoft Power Point untuk melakukan presentasi, sehingga materi yang dimasukan harus dikemas sebaik mungkin. Dengan tampilan menarik siswa merasa tertarik memperhatikannya.

Menguasai Mata Pelajaran di Luar Buku

Sebagai seorang pengajar sudah menjadi kewajiban untuk menguasai materi di luar buku bacaan. Dengan menguasai materi tersebut, maka bahasa yang disampaikan kepada siswa juga lebih jelas dan dapat disesuaikan secara fleksibel.

Memberikan Pertanyaan Kepada Siswa

Memberikan kesempatan bertanya kepada siswa merupakan satu langkah penting untuk membuat pembelajaran daring lebih efektif. Dari sana, pengajar dapat mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. 

Memberikan Nilai Tambahan Bagi di Penanya

Terkadang siswa malas bertanya karena bagi mereka hal tersebut tidak menguntung dirinya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengatakan kepada siswa bahwa si penanya akan mendapatkan nilai. Tentu, siswa akan lebih aktif dalam belajar.

Tidak Terburu-buru Memberikan Semua Materi

Kebanyakan pengajar terkadang terlalu terburu-buru memberikan seluruh materi, sedangkan masih banyak murid belum memahaminya. Sebaiknya dalam memberikan pelajaran, jangan terburu-buru demi membuat pembelajaran daring lebih efektif.

Usahakan Video Perangkat Selalu Dihidupkan

Usahakan setiap kali pembelajar daring dilakukan, setiap siswa harus menghidupkan video perangkatnya. Anda jangan pernah mengijinkan kepada mereka untuk mematikannya karena bisa jadi mereka melakukan hal lain di luar belajar.

Memberikan Joke Cerdas Di Jeda Waktu Belajar

Sesekali seorang guru perlu memberikan joke kepada siswanya agar proses belajar mengajar tidak kaku atau tegang. Akan tetapi, tetap pastikan bahwa joke-joke tersebut harus cerdas, jangan sampai merendahkan siapapun.

Mengevaluasi Kembali Pelajaran Minggu Sebelumnya

Mengevaluasi kembali pelajari di minggu sebelumnya perlu dilakukan untuk membuat murid mengingat kembali materi yang sudah diberikan. Hal ini juga bisa memperlihatkan hubungannya dari pelajaran sebelumnya ke pelajaran selanjutnya.

Berikan Ujian Harian Lisan Kepada Beberapa Siswa

Memberikan ujian lisan kepada beberapa siswa setiap minggunya adalah langkah cukup efektif untuk dilakukan. Akan tetapi, penunjukkan harus dilakukan secara merata dan apabila belum paham bisa menunjuk murid lainnya.

Upgrade Bahasa untuk Mudah Dipahami Siswa

Biasanya siswa kurang paham dengan materi karena adanya batasan bahasa yang digunakan. Sudah menjadi tugas guru untuk mengupdate bahasa sesuai kebutuhan murid agar setiap materinya dapat dipahami secara penuh.

Apabila Pembelajaran Daring Lebih Efektif, Belajar Bisa Lebih Berkualitas

Tentu saja ketika pengajar berhasil membuat pembelajaran daring menjadi lebih efektif, maka proses belajar pasti jauh lebih berkualitas ketika sebelumnya. Lalu seperti apa saja sih kualitas atas hasil cara daring tersebut?

Kualitas dari pembelajaran daring lebih efektif tersebut dilihat dari bagaimana materi-materi yang disampaikan dapat disimpan di dalam perangkat masing-masing pelajar. Mereka tidak perlu mencatat sendiri karena catatannya sudah tersedia.

Selain itu, pelajar dapat merekam otomatis tentang pelajaran atau materi dari guru, di mana hanya perlu mendengarkan kembali mata pelajaran pentingnya. Jadi, bisa mudah mengingat setiap pembahasan sebelumnya.

Pastinya dalam kondisi apapun apapun proses belajar tetap berjalan lancar, jadi bagi pelajar yang sedang sakit tetap bisa belajar meskipun di luar kelas. Jadi, siswa tidak tertinggal satu pelajaran sekalipun nantinya.

Penggunakan cara ini memang membutuhkan kebiasan, di mana para pengajar perlu mempelajari banyak tentang teknologi pada zaman sekarang. Dengan begitu, pembelajaran daring lebih efektif dan juga berkualitas.

Berlangganan Newsletter

Jika anda tertarik mendapatkan update terkait learning management system, silahkan isi form berikut ini.

Workaholic yang Malas. Content Writer & Seo Specialist.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Codemi Publication

Sebagai industri yang berhubungan manusia HR pastinya menjadi industri yang sangat dinamis dan terus menghadirkan tren HR terbaru setiap harinya. M

Codemi Publication

Perkembangan karyawan pada dasarnya merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha untuk mendukung tumbuh kembang bisnis. Hal ini di

Unduh Codemi Learning Report 2021

X