LMS

Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Karyawan

Meningkatkan kemampuan karyawan adalah suatu hal yang mutlak. Di era yang penuh persaingan ini, perusahaan Anda akan lebih mudah bertahan jika memiliki karyawan dengan kemampuan yang andal. Namun sebaliknya, jika karyawan Anda hanya bertahan di satu titik dan tidak mampu berkembang, risiko perusahaan tumbang pun semakin besar. Anda akan kesulitan menjawab berbagai tantangan perusahaan yang memang terus berubah seiring dengan berjalannya waktu.Untuk itu, Anda perlu menyediakan waktu khusus untuk meningkatkan karyawan. Bagaimana caranya? Di masa teknologi serba canggih seperti sekarang ini sebenarnya Anda tidak perlu merasa kebingungan lagi. Ya, sekarang ini Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuan karyawan perusahaan. Seperti apa? Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan teknologi yang bisa Anda terapkan di perusahaan.

Teknologi berbagi untuk meringkas waktu

Sekarang ini Anda bisa dengan mudah membagikan file atau bahkan folder yang terkait dengan pekerjaan. Bahkan kini Anda tidak perlu menghabiskan kapasitas memori komputer atau gadget lainnya jika ingin berbagi file. Caranya adalah dengan memanfaatkan peranti penyimpanan dan berbagi yang berbasis cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Alat tersebut akan memangkas beberapa keluhan karyawan Anda sekaligus. Misalnya, keluhan dalam mencari berkas atau file lama hingga keluhan kehabisan waktu karena harus menyusun file-file baru. Dengan menyimpan seluruh data perusahaan pada sistem penyimpanan berbasis cloud, maka file yang dibutuhkan oleh karyawan pun dapat diakses dengan mudah.

Di samping itu, Anda juga bisa mengetahui dengan mudah siapa saja yang sedang terlibat dalam proyek tertentu. Biasanya sistem cloud akan menampilkan nama-nama yang terlibat dalam pembuatan sebuah file atau folder pekerjaan. Dengan begitu, saat harus melakukan tinjauan atau evaluasi pun Anda bisa lebih mudah mengetahui perkembangannya.

Membantu memberikan feedback

Pada umumnya, perusahaan memberikan feedback terhadap kinerja karyawan pada waktu tertentu. Padahal, cara tersebut kurang efektif karena pemberian feedback terhadap kinerja karyawan baiknya dilakukan secara real time atau dalam waktu sebenarnya. Tujuannya tak lain adalah karyawan bisa segera mengetahui bagian manakah dari performa mereka yang perlu diperbaiki dan yang harus ditingkatkan.

Nah, sekarang Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk keperluan tersebut. Saat ini sudah ada banyak software khusus HR (human resources) dengan fitur review performa kerja karyawan. Dengan memanfaatkan software seperti ini, Anda bisa lebih leluasa memberikan feedback kepada karyawan secara real time. Jadi, karyawan pun bisa segera mengetahui penilaian terhadap performa kerja mereka.

Mendorong terjadinya kolaborasi

Meningkatkan kemampuan karyawan bisa dilakukan jika terjadi kolaborasi di dalam perusahaan. Kolaborasi di sini bisa terjadi antar karyawan dalam satu divisi, antar karyawan yang berbeda divisi, hingga karyawan dengan perusahaan lain yang menjadi mitra bisnis Anda. Namun, bagaimana cara paling efisien untuk menciptakan kolaborasi?

Teknologi akan membantu Anda untuk itu. Dengan adanya media sosial khusus bisnis seperti LinkedIn, kolaborasi bisa lebih mudah tercipta. Karyawan Anda bisa langsung terhubung dengan para pakar yang telah berpengalaman. Mereka dapat mengikuti webinar atau bahkan menciptakan komunitas khusus yang memperluas koneksi bisnis Anda.

Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan teknologi yang tepat bukan hanya bisa mendorong terjadinya kolaborasi, tetapi juga mengasah skill komunikasi karyawan Anda. Mereka akan terlatih untuk berkomunikasi dengan sesama karyawan, atasan, hingga pihak lain yang masih ada kaitannya dengan perusahaan.

Pembelajaran skill baru

Teknologi juga bisa membantu Anda untuk memberikan skill baru bagi karyawan. Saat ini, pembelajaran skill baru dapat dilakukan secara online, tanpa harus datang ke lokasi pelatihan tertentu. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem manajemen pembelajaran online berbasis cloud dari Codemi Learning.

Dengan sistem pembelajaran online seperti Codemi Learning, Anda tidak perlu repot-repot mengirim karyawan untuk mengikuti training atau mencetak modul khusus. Seluruh pembelajaran di Codemi Learning dilakukan secara online dan berbasis cloud. Karyawan Anda tinggal mengunduh modul atau menyaksikan video pembelajaran saja

Bagi perusahaan, metode ini akan bisa melengkapi sistem training konvensional menjadi jauh lebih efisien. Anda tidak perlu menyewa tempat khusus untuk training atau menyediakan bujet besar untuk mengundang tenaga ahli sebagai pemateri. Kelas online seperti Codemi Learning juga lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas secara berlebih. Teknologi pada dasarnya memang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Dengan memanfaatkan teknologi secara tepat, diharapkan kehidupan Anda pun menjadi lebih mudah. Prinsip tersebut ternyata juga dapat diterapkan pada perusahaan. Dengan pemanfaatan teknologi secara tepat, Anda dapat meningkatkan kemampuan karyawan. Poin-poin di atas adalah beberapa contoh praktisnya. Anda juga bisa mengembangkannya sesuai dengan iklim serta kultur kerja perusahaan Anda. Selamat mencoba!

CEO of Codemi.

0 Comment

Leave Comment

Your email address will not be published, Required fields are marked





Related Article
Zaki Falimbany

Di era digital saat ini, perusahaan dapat mengelola dan menciptakan modul pembelajaran online atau e-learning dengan lebih mudah. Terlepas dari jen

Zaki Falimbany

Pada dasarnya, blended learning adalah metode pembelajaran dengan menggabungkan beragam cara penyampaian oleh pengajar kepada peserta didik. Termas